Skip to main content

√ Latihan Soal UKK Bahasa Indonesia SMP Kelas 8 2019/2020 K13


Contoh Soal UKK Bahasa Indonesia SMP Kelas 8 Kurikulum 2013 revisi Tahun Ajaran 2019/2020 ini bisa digunakan adik - adik sebagai bahan belajar untuk menghadapi soal Ujian Kenaikan Kelas mendatang

Bapak dan ibu guru pun boleh menjadikannya sebagai bahan evaluasi butir soal sebagai dasar / contoh dalam pembuatan soal asli bahasa indonesia yang bakal diujikan mendatang. 

Tapi mohon maaf, karena soal ini tidak ada kunci jawaban.

√ Latihan Soal UKK Bahasa Indonesia SMP Kelas 8 2020 K13

Soal UKK Bahasa Indonesia SMP Kelas 8

Jumlah keseluruhan soal Bahasa Indonesia ini adalah 30 butir soal, berbentuk soal pilihan ganda, dengan pilihan ABCD. Semua soal sudah admin buat dengan acuan yang berasal dari materi serta kisi - kisi bahasa indonesia kelas 8 SMP/MTs.

Lebih spesifik, soal ini ditujukan untuk sekolah yang sudah menggunakan kurikulum 2013 maupun revisi. Tidak diperuntukan untuk KTSP. 

Agar lebih mudah dalam proses pembelajaran, selain memberikan soal Bahasa Indonesia Kelas 8 ini dalam bentuk online, disini admin sudah memberikan Soal PDF yang bisa di akses dan download secara gratis.

√ Latihan Soal UKK Bahasa Indonesia SMP Kelas 8 Tahun 2020 K13 PDF, DOWNLOAD

Baiklah, langsung saja berikut ini adalah √ Latihan Soal UKK Bahasa Indonesia SMP Kelas 8 Tahun 2019/2020. Selamat mengerjakan...

1 Bacalah kalimat berikut!
Lama kelamaan Hasan cemburu karena hubungan Kartini dengan Anwar semakin dekat.
Kalimat tersebut termasuk kaidah kebahasaan teks ulasan….
A. Konjungsi penerang 
B. Konjungsi temporal 
C. Konjungsi penyebab
D. Konjungsi pernyataan berupa saran atau rekomendasi

2 Bacalah kalimat berikut!
Kita harus senatiasa berpegang teguh pada agama dan selalu meyakini dengan keberadaan Tuhan Semesta Alam.

Kalimat tersebut termasuk kaidah kebahasaan teks ulasan….
A. Konjungsi penerang 
B. Konjungsi temporal 
C. Konjungsi penyebab
D. Konjungsi pernyataan berupa saran atau rekomendasi

3 Bacalah teks ulasan berikut!
Film Sang Pemimpi Menggapai Mimpi mempunyai kelebihan, yaitu menceritakan persahabatan dan setia kawan yang erat dan juga mencakup pentingnya pendidikan yang begitu mendalam, serta kisahnya yang mengharukan. Hidup mandiri dan terpisah dari orang tua dengan latar belakang kondisi ekonomi yang sangat terbatas namun mempunyai cita- cita yang besar.

Struktur ulasan tersebut merupakan bagian….
A. orientasi 
B. sinopsis 
C. analisis 
D. evaluasi

Bacaah teks ulasan berikut!
Dahlan dan Sepatunya
Judul : Sepatu Dahlan Penulis :Khisna Pabichara Penerbit :Noura Books Tahun terbit : Mei 2012
Tebal halaman : 369 halaman

4 Struktur ulasan tersebut merupakan bagian….
A. identitas 
B. orientasi 
C. sinopsis 
D. evaluasi

5 Bacalah teks ulasan berikut!
Buku ini merupakan novel yang terinspirasi dari kehidupan Dahlan Iskan, mantan Menteri BUMN Republik Indonesia. Dahlan terlahir sebagai anak ketiga dari empat bersaudara. Keluarga Dahlan miskin. Namun, sekolah merupakan hal yang diutamakan dalam keluarga Dahlan. Dahlan rela berjalan kaki puluhan kilometer ke sekolah hingga kakinya melepuh dan lecet karena tidak menggunakan alas kaki.

Struktur ulasan tersebut merupakan bagian….
A. identitas 
B. Orientasi 
C. sinopsis 
D. evaluasi

6 Bacalah teks ulasan berikut!
Di sekolah, Dahlan pernah mendapat nilai merah. Bahkan, Dahlan pernah gagal melanjutkan sekolah yang diinginkan setelah lulus SR. akan tetapi, ia berusaha memperbaiki nilainya dengan tekun belajar hingga akhirnya ia masuk Mts Takeran dan menjadi ketuaTim bola voli. Dari dulu, keinginannya untuk memiliki sepatu dan sepeda belum terwujud. Kini, keinginannya semakin bulat. Dahlan tetap semangat bersekolah dan meraih impiannya meskipun ibu yang sangat disayanginya meninggal dunia karena sakit.

Struktur ulasan tersebut merupakan bagian….
A. identitas 
B. orientasi 
C. sinopsis 
D. evaluasi

7 Bacalah teks ulasan berikut !
Usaha dan perjuangan Dahlan tetap berlanjut hingga ia mampu menciptakan lapangan pekerjaan untuk orang lain. Ini merupakan bukti dan petuah Ayah Dahlan, yaitu kemiskinan yang dijalani dengan tepat akan mematangkan jiwa. Selain berisi kisah dengan pesan yang bermanfaat bagi pembaca, novel ini juga menggunakan bahasa yang mudah dipahami. Hanya saja, alur yang disajikan tampak tidak runtut. Meskipun demikian, hal tersebut tidak mengurangi muatan moral yang hendak disampaikan oleh penulis.

Struktur ulasan tersebut merupakan bagian….
A. identitas 
B. orientasi 
C. sinopsis 
D. evaluasi

8 Bacalah teks persuasi berikut!
Teman- teman sekalian, jujur saja, kita memang belum bisa terbuka membicarakan soal seks dan kesehatan reproduksi. Padahal, itu penting sekali buat kita ketahui supaya tidak terjerumus ke jalan yang salah.Nah, lewat situs- situs tertentu di internet, beragam informasi yang kita butuhkan bisa kita dapatkan.

Struktur persuasi tersebut merupakan bagian….
A. Pengenalan isu
B. Rangkaian argumen 
C. Pernyataan ajakan 
D. Penegasan kembali

Bacalah teks persuasi berikut!
Dari sepuluh itu, salah satunya adalah mendapat informasi yang tepat mengenai reproduksi remaja. Supaya kita bisa tahu dan bisa menentukan pilihan atas diri dan kesehatan reproduksi kita. Nah, yang paling penting nih, kita bisa bertanggung jawab atas pilihan tadi sehingga tidak akan menyesal di kemudian hari.

9 Struktur persuasi tersebut merupkan bagian….
A. Pengenalan isu
B. Rangkaian argumen 
C. Pernyataan ajakan 
D. Penegasan kembali

10 Bacalah tekspersuasi berikut!
Nah, untungnya kita sudah akrab dengan teknologi internet. Media ini memungkinkan untuk mencari informsi semua kebutuhan kita. Banyak situs di internet yang menyediakan berbagaiinformasi tentang seksualitas dan reproduksi bagi remaja. Hanya saja kemajuan teknologi (termasuk internet) biasanya pisau bermata dua: dia bisa bersifat sebagai teman alias penyedia informasi yang tepat, tapi bisa juga devil advocate, teman yang malah justru menjerumuskan kita ke perbuatan yang tidak baik. Nah! Sekali lagi kita harus hati- hati dan waspada dengan situs- situs yang akan kita kunjungi.

Struktur persuasi tersebut merupakan bagian….
A. Pengenalan isu
B. Rangkaian argumen 
C. Pernyataan ajakan 
D. Penegasan kembali

11 Bacalah teks persuasi berikut!
Selamat berakrab- akraban dengan internet, jadikanlah wahana yang satu ini sebagai penambahan wawasan. Internet dapat dijadikan teman setia dalam menjamin hidup ini. Kita tidak tertipu apalagi terjerumus pada hal- hal yang merugikan diri sendiri dan juga dilarang oleh agama.

Struktur persuasi tersebut merupakan bagian….
A. Pengenalan isu
B. Rangkaian argumen 
C. Pernyataan ajakan 
D. Penegasan kembali

12 Bacalah teks persuasi berikut!
Rokok merupakan teman akrab yang memberikan dampak negatif dan merugikan bagi pengisap atau pecandunya. Akibat merokok, tubuh kita dirongrong sehingga tanpa kita sadari menjadi rentan terhadap penyakit dan terasa semakin cepat menua. Di samping itu, kondisi perekonomian juga menjadi tidak seimbang. Besar pasak dari pada tiang. Jumlah pengeluaran bertambah untuk membeli rokok yang seharusnya dapat ditabung untuk hari esok.oleh karena itu, kurangi atau berhentilah merokok agar hidup menjadi lebih baik.

Struktur persuasi tersebut merupakan bagian….
A. Pengenalan isu
B. Rangkaian argumen 
C. Pernyataan ajakan 
D. Penegasan kembali

13 Bacalah teks persuasi berikut!
Sopan santun sudah menjadi bagian dari hidup kita, bahkan (1)….tuntutan dalam kehidupan bermasyarakat sopan santun diwujudkan dengan bentuk penampilan, tindakan, dan bertutur.

Sejak zaman dahulu, nenek moyang kita sangat memperhatikan sopan santun, serta mengajarkan kepada anak dan cucu mereka agar selalu (2)….sopan santun terhadap sesama.

Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah….
A. (1)menjadi dan (2) berlaku
B. (1)menjadi dan (2)lakukan
C. (1)jadikan dan (2) melakukan
D. (1)menjadikan dan (2) melakukan

Bacalah teks persuasi berikut!
Jadi, saudara- saudara sekalian, beribadalah secara benar. Jauhilah perbuatan yang dilarang Tuhan. Berusahalah untuk tidak melakukan perbuatan dosa kepada Tuhan dan orang lain karena jika dilakukan, kita sendiri yang akan merugi dan akan mendapat balasan dari Tuhan….Bukanlah melakukan ibadah itu sebenarnya untuk mencegah seseorang melakukan perbuatan keji dan mungkar?

14 Kalimat persuasif yang tepat untuk melengkapi paragraf yang rumpang tersebut adalah….
A. Marilah kita merenungkan perbuatan baik yang telah kita lakukan
B. Marilah kita menjauhi perbuatan yang dilarang dan tidak terpuji
C. Marilah kita saling membantu, menyayangi,dan menghormati
D. Marilah kita rajin beribadah agar masa depan cerah

15 Bacalah teks persuasi berikut !
Salah satu dampak iptek …. Pola konsumtif kehidupan manusia. Manusia cenderung memanjakan dirinya dengan berbagai produk. Kemasan dari produk- produk tersebut dapat menghasilkan sampah yang sangat banyak. Sampah terus bertambah setiap hari. Sampah tersebut akan terus menggunung jika manusia masih bersifat konsumtif dan kurang memelihara lingkungan, sampah tersebut akan terus menggunung. Akibatnya, sampah tersebut mengganggu pemandangan dan menimbulkan bau tidak sedap. Dari situlah, sampah dapat menjadi sumber penyakit bagi manusia.

Kata yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang tersebut adalah….
A. akibat 
B. karena 
C. adalah
D. merupakan

16 Bacalah teks persuasi berikut!
Sebuah kamar yang baik dan sehat harus ditunjang sistem sirkulasi udara yang baik pula. Jangan sampai kamar tidak mempunyai akses dengan udara luar, misalnya dari halaman atau taman. Adanya akses secara langsung dengan kondisi di luar rumah akan terjadi pertukaran udara dan masuknya cahaya. Dengan demikian, kita dapat merasakan datangnya sinar mentari pagi dan udara pagi yang segar,….

Kalimat persuasi yang tepat untuk mengakhiri paragraf tersebut adalah….
A. Tatalah tempat tidur dan tamanmu dengan memperhatikan sirkulasi dan pencahayaan yang cukup
B. Ciptakanlah kamar dengan sirkulasi udara dan pencahayaan yang cukup agar kesehatan kita lebih terjamin.
C. Memang,sebuah kamar yang sehat dengan sirkulasi udara dan pencahayaan yang baik sangat bermanfaat bagi kita.
D. Buatlah penghuni rumah betah bermain, belajar, dan beristirahat nyaman dengan menciptakan suasana yang harmonis.

17 Bacalah teks persuasi berikut!
Pasien yang berobat dan dirawat inap di Rumah Sakit Kasih tidak dilayani dengan ramah. Dokter yang seharusnya rutin memeriksa kondisi pasien sering tidak datang tepat waktu. Para perawat yang merawat pasien juga kurang ramah. Fasilitas dan peralatan yang dimiliki rumah sakit tersebut tidak lengkap sehingga banyak pasien yang pindah ke rumah sakit lain untuk mendapatkan perawatan yang lebih baik….

Kalimat ajakan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah….
A. Para dokter dan suster di Rumah Sakit perlu segera diganti.
B. Pasien yang akan masuk ke Rumah Sakit Kasih hendaknya berpikir dulu. 
C. Rumah Sakit Kasih harus segera menambah fasilitas dan peralatan medis.
D. Rumsh Sakit Kasih sebaiknya menambah fasilitas dan meningkatkan pelayanan.

18 Bacalah kalimat berikut!
Mari, belajar dengan baik.

Kalimat tersebut merupakan kalimat….
A. ajakan
B. Fakta
C. pendapat
D. Kata teknis

19 bacalah kalimat berikut!
Fasilitas dan peralatan yang dimiliki tidak lengkap sehingga banyak pasien yang berpindah ke Rumah Sakit lain.
Kalimat tersebut merupakan kalimat….
A. ajakan
B. Fakta 
C. pendapat
D. Kata teknis

20 Bacalah kalimat berikut!
Para perawat yang merawat pasien tidak berwajah ramah.
Kalimat tersebut merupakan kalimat….
A. ajakan
B. Fakta
C. pendapat
D. Kata teknis

21 Bacalah teks drama berikut! Untuk Nomor 21 - 23
Amir : jangan takut! Ayahku baru ngasih jajan!
Pesen apa saja sampai kalian semua
Kenyang! (tersenyum bangga)
Yuan : Asyik! ini baru namanya sahabat! (langsung duduk merapat di samping Amir)
Amir : Yoi, siapa dulu? Kan gue kaya broo! (senyum tambah lebar)
Anton : (ikut duduk di samping Amir) wow, Mantep nih, bro. kita makan- makan nih Jadinya?
Amir : Yoi,bro. pesen saja yang kamu mau. Aku Yang traktir semuanya! (merogoh kantong untuk mengambil dompet, tapi mendadak pucat)
Yuan :Kenapa, bro? Kok pucat? (menatap Amir heran)
Amir : Dompetku ketinggalan, Celakaa. (mencari- cari saku yang lain, tetapi tidak ketemu)
Anton : Ya, gagal deh makan- makan.(langsung Pergi)
Yuan : Huh, enggak jadi sahabatan, deh.(ikut pergi) 
Amir : Hey,tunggu, teman- teman! (memelas) 
Anton :Siapa yang temanmu? (terus pergi)
( Naskah drama”Sahabat Gadungan”karya Haqi K.) 

Tema penggalan drama tersebut adalah…
A. Persahabat yang tulus
B. Persahabatan yang cukup lama
C. Persahabatan karena kekayaan
D. Persahabatan yang tak ada manfaatnya

22 Karakter Amir dalam drama tersebut adalah….
A. Tak peduli teman
B. Peduli terhadap teman
C. .ceroboh
D. Masa bodoh

23. Latar tempat dalam kutipan drama tersebut adalah…
A. rumah
B. kantin
C. Ruang kelas
D. Halaman sekolah

24 Perhatikan kutipan teks drama berikut!
Amran : (Tersenyum tapi agak kesal) ”Kamu anak nakal. Ayo ke belakang sana. Membuat orang bingung.”

Kalimat yang digaris bawah tersebut disebut ….
A. tokoh
B. wawancang 
C. kramagung 
D. dialog

25 Perhatikan kutipan teks drama berikut!
Bu Indati : “Arga, kamu nggak boleh seperti itu sama temannya.” (Agak kesal) Kekurangan orang lain itu bukan untuk ditertawakan. Coba kamu buat pantun yang lain”

Kata yang bergaris bawah tersebut disebut ….
A. tokoh
B. wawancang 
C. kramagung 
D. dialog

26 Perhatikan kutipan drama berikut!
Fenita : “Kamu harus menentukan sikap. Pilih aku atau dia sekarang juga!” 
Verri : “Beri aku kesempatan sekali lagi”
Fenita : “Tidak perlu basa-basi, kalau tidak aku yang memutuskan, titik!”

Penggalan dialog tersebut menunjukkan drama sampai pada bagian ….
A. Pengenalan cerita
B. Konflik awal
C. Klimaks
D. Resolusi

27 Perhatikan kutipan drama berikut!
Gunadi: “Bahaya apa kak”
Amran : (Berdiri di jendela) “Tempat itu ada penunggunya”

Kalimat yang bergaris bawah tersebut disebut ….
A. tokoh
B. wawancang 
C. kramagung 
D. dialog

28 Bacalah kutipan drama berikut dengan seksama!
Masut : “Guru, terima kasih atas ilmu yang anda berikan kepadaku. Apalah artinya diriku andai tidak ada guru.”
Guru : “Masut, Masut! Kamu harus tahu, meskipun kita mempunyai ilmu yang hanya sedikit, namun tetap harus diberikan kepada orang lain” (Istri masut masuk ke ruangan membawa teh hangat).
Istri Masut : “Lebih baik kalau ngobrolnya sambil minum teh hangat” (menyodorkan cangkir)
Guru : “Bisa saja istri kamu Ut.”

Suasana yang tergambar pada drama tersebut adalah….
A. santai 
B. tegang 
C. haru
D. seram

29 Perhatikan kutipan naskah drama berikut!
Rina : “Apa-apaan sih? Kok posterku disobek?” (menahan marah)
Aji : “….”
Rina : “Maaf..maaf enak saja!”
Aji : (dengan amat menyesal) “iya deh, aku ganti postermu. Tapi kamu mau memaafkanku kan?” 
Rina : “Ya. Lain kali kamu jangan ceroboh.”
Aji : (Dengan tersenyum) “Oke bos.”

Dialog yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang kutipan drama tersebut adalah ….
A. “Maafkan aku Rina. Aku tidak sengaja.”
B. “Maafkan aku Aji. Aku tidak sengaja.” 
C. “Begitu saja, kok kamu marah Rin?” 
D. “Baiklah aku akan ganti yang baru.”

30 Perhatikan ilustrasi berikut!
Andi adalah anak saleh dan ramah. Dia anak yatim yang sangat berbakti dan setia kepada ibunya. Pada saat liburan, diajak Ali dan Arsad kemah ke hutan lindung. Ketika mereka akan berangkat, tiba-tiba ibu Andi mendadak sakit keras. Karena rencana sudah matang, kedua temannya tetap mengajak berangkat tanpa mempedulikan keadaan Andi. Andi menjadi bingung.

Naskah drama yang paling tepat sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah….

A. Ali: (Bersemangat) “Gimana An, sudah siap? Ayo berangkat!” 
Andi : “Maaf Al. ibuku sakit mendadak” (menunduk)
Arsad : “Ala… mengapa kamu pikirin. Nanti juga sembuh sendiri. 
Ali : “Iya An, rencana kita sudah matang.ingat, demi kita!”
Andi: (Bingung) “Gimana, ya!”
B. Arsad : (Semangat) Gimana An, sudah siap? Ayo berangkat!” 
Andi : “Maaf Ar, aku ragu”(menunduk)
Ali: “Mengapa An, tiba-tiba berubah pikiran? Kita berangkat sajalah” 
Andi : “Ibuku sakit mendadak. Aku harus menungguinya.”
Arsad :”Jangan, kita tunda keberangkatan ini!
Andi : “Aduh, gimana dong? Kita memang sudah sepakat! Tapi….(bingung)
C. Andi : “Al, ibu tiba-tiba sakit. Gimana rencana kita?”
Ali : “Rencana kita sudah matang. Kita harus tetap berangkat” 
Arsad : “Betul An, kita harus kompak”
Andi : “Baik, ibuku akan kubujuk agar merelakanku.” 
Andi : “Nah, gitu dong sepakat.”
D. Arsad : (Antusias) Al, gimana persiapanmu?” 
Ali : “Oke aku tinggal cabut saja”
Arsad : “Kamu gimana An?”
Andi : “Sebenarnya ibuku sakit, tapi aku siapjuga. Kita harus berangkat.” 
Ali : “Demikita, hidup trio singa!” (mereka menyatukan tangan)

31 Perhatikan Kutipan naskah berikut! Untuk Nomor 31 - 32
Babak 6
Dewi Kilisuci bertapa di atas batu. Galuh Candra Kirana dan dayangnya masuk. 
Kirana : Bibinda
Kilisuci : (Menyadari kedatangan sebuah rombongan) Anakku Galuh Candra Kirana.
Kirana : Bibinda, hamba datang untuk menemui Bibinda. Hamba sedang bersedih Bibinda. Beban dalam diri hamba terlalu banyak. Cobaan demi cobaan hidup datang silih berlalu. Sudah terlalu sering hamba mengrbankan perasaan hamba sendiri. Hamba sedih Bibinda. Hamba ingin menangis.
Kilisuci : menangislah anakku. Jika itu bisa membuatmu lega. Yang penting aku sudah tahu apa yang terjadi padamu anakku. Janganlah kau berkecil hati dan janganlah kau memuramkan mukamu. Derita dalam hidup selalu ada jalan untuk menyelesaikannya. Janganlah kau bersedih, apalagi berputus asa., anakku. Buang jauh-jauh rasa dendammu itu. Karena sesungguhnya para pendeki dan orang-orang yang selalu berbuat jahat akan selalu mendapatkan balasan dari Dewi Mulia. Anakku, aku tahu jika kau hendak pergi berkelana hingga kau mendapatkan kebahagiaanmu. Maka dari pada itu anakku, sebaiknya engkau mengunjungi Kerajaan Gagelang sebagai rombongan pemain gambuh. Ajaklah para pengikutmu dan berpakaianlah layaknya laki- laki. Mungkin hanya nasihat itu yang bisa Bibi berikan kepadamu anakku. Semoga anakku menyetujuinya.
Kirana : “Baiklah bibinda, hamba menurut saja apa kehendak bibinda. Terimkasih banyak bibinda. 
Kilisuci : “Pergilah anakku, Dewa akan selalu melindungimu.”


Berikut ini informasi yang tidak sesuai dengan teks drama tersebut adalah ….
A. Galuh Candra Kirana dan dayangnya diminta untuk menyamar menjadi laki-laki.
B. Dewi Kilisuci mendengarkan curahan hati Galuh Candra Kirana dan menasihatinya.
C. Galuh Candra Kirana diminta berkunjung ke Kerajaan Gagelang sebagai emain gambuh. D. Galuh Candra Kirana hendak membalas dendam kepada orang yang telah menyakitinya.

32. Pesan yang disampaikan dalam drama tersebut adalah ….
A. Seberat apapun masalah yang dihadapi, jangan sampai membuat putus asa. 
B. Jika ada orang yang menyakiti, balaslah dengan kebaikan.
C. Berbuatlah baik kepada seiap orang yang disayangi. 
D. Selalu ada jalan untuk mencapai kebahagiaan.

33 Bacalah kutipan drama berikut!
(1) Putri: “Reno….! Kau jangan bersikap tidak sopan kepada orang tua! 
(2) Reno : “Biarin aja, toh mereka tidak peduli”
(3) Putri : “Bukannya tidak peduli, tapi mereka sibuk mencari uang buat kita anak-anaknya” 
(4) Reno : “itu hanya alasan saja!”(mondar mandir ibarat orang kebingungan)
(5) Putri : “Reno kalau dinasihati itu, cobalah dituruti jangan menuruti kemauanmu saja”

Perbaikan kesalahan petunjuk laku nomor 4 pada naskah drama tersebut adalah ….
A. (Reno tertawa geli, lalu ngeloyor pergi dari rumah)
B. (sambil menggerutu, driteras Reno masuk ke dalam rumah)
C. (sambil melotot matanya, dari teras Putri masuk ke dalam rumah) 
D. (Putri terkekeh, lalu ia ngeloyor pergi dari rumah)

34 Berikut yang termasuk contoh judul drama tradisional adalah ….
A. Sahabat Sejati
B. Gara-Gara Utang
C. Legenda Jaka Tarub
D. Sahabat Gadungan

35 Perhatikan kalimat perintah berikut!
Mau tidak kamu mengambil benih itu di rumah Pak Lurah?
Dari segi tujuannya, kalimat tersebut termasuk dalam kalimat perintah ....
A. Permintaan/suruhan
B. ajakan
C. rayuan
D. sanggahan

36 Bacalah teks eksplanasi berikut!
Awal pemerintahan Kabupaten Bandung, dimulai sejak Piagam Sultan Agung Mataram pada tanggal 20 April 1641. Tanggal tersebut ditetapkan sebagai hari jadi Kabupaten Bandung.

Struktur teks eksplanasi tersebut merupakan bagian…
A. ulasan
B. kronologis
C. Rangkaian kejadian
D. Identifikasi fenomena

37 Bacalah teks eksplanasi berikut!
Semua produsen dapat menghasilkan makanannya sendiri sehingga disebut organisme autotrof. Sebagai produsen, tumbuhan hijau menghasilkan makanan melalui proses fotosintesis. Makanan dimanfaatkan oleh tumbuhan itu sendiri maupun makhluk hidup lainnya. Dengan demikian, produsen merupakan sumber energi utama bagi organisme lain, yaitu konsumen.

Struktur teks eksplanasi tersebut merupakan bagian…
A. ulasan
B. kronologis
C. Rangkaian kejadian
D. Identifikasi fenomena

38 Bacalah teks eksplanasi berikut!
Dengan demikian tropisme sesungguhnya merupakan gerak dari bagian tumbuhan yang disebabkan adanya rangsangan.
Hal itu ternyata berbeda dengan gerak pasti, arah gerak tropisme bergantung pada arah datangnya rangsangan.

Struktur teks eksplanasi tersebut merupakan bagian…
A. ulasan
B. kronologis
C. Rangkaian kejadian
D. Identifikasi fenomena

Bacalah teks eksplanasi berikut !
Sentot terpaksa menyerahkan kepada Belanda dengan pasukannya (16 Oktober 1828) karena kesulitan biaya dan termakan oleh bujukan Belanda. Kecuali itu, banyak bangsawan pengikut Pangeran Diponegoro kembali ke keraton, karena tidak tahan menderita akibat kekejaman Belanda terhadap keluarga mereka. Istri Pangeran Diponegoro (R.A Ratnaningsih) beserta putranya tertangkap oleh Belanda (14 Oktober 1829).

39 Paragraf tersebut termasuk kaidah kebahasaan….
A. kata teknis
B. konjungsi kronologis
C. konjungsi kausalitas
D. kata benda jenis fenomena

40 Bacalah teks eksplanasi berikut!
Sejak akhir tahun 1828 kedudukan Pangeran Diponegoro menjadi makin sulit karena beberapa sebab. Kyai Maja ditangkap oleh Belanda ( 12 Oktber 1828) yang kemudian dibuang ke Manado

Paragraf tersebut termasuk kaidah kebahasaan….
A. kata teknis
B. konjungsi kronologis
C. konjungsi kausalitas
D. kata benda jenis fenomena

41 bacalah teks eksplanasi berikut!
Gunung merupakan salah satu bentuk kenampakan alam yang banyak ditemui hampir seluruh wilayah Indonesia. Sebagai bagian dari alam, gunung dibentuk dari proses alam atau fenomena alam tertentu. Gunung terjadi karena tenaga yang berasal dari dalam bumi.

Paragraf tersebut termasuk kaidah kebahasaan….
A. kata teknis
B. konjungsi kronologis
C. konjungsi kausalitas
D. kata benda jenis fenomena

42 Bacalah teks eksplanasi berikut!
Gunung meletus terjadi disebabkan oleh adanya endapan magma yang berada di perut bumi menyemburkan api dengan kekuatan yang besar.Letusan gunung berapi adalah salah satu bencana alam yang sangat besar dan luar biasa. Gunung berapi tercipta dengan letusan- letusan yang hebat. Ada banyak sekali gunung aktif di Indonesia. Daftar Gunung berapi aktif di Indonesia diantaranya adalah Gunung Krakatau, Gunung merapi ,Gunung Tambora, Gunung Toba, Gunung Kerinci, dan masih terdapat banyak lagi yang lain.

Hal yang dijelaskan dalam teks eksplanasi tersebut berkaitan dengan fenomena….
A. kebudayaan
B. perekonomian 
C. Fenomena alam 
D. Fenomena sosial

43 Bacalah teks eksplanasi berikut !
Kemiskinan merupakan tingkat pendapatan masyarakat yang rendah sehingga tidak bisa memenuhi kebutuhan pokok sehari- hari (makan, tempat tinggal, pendidikan dan lainnya).

Umumnya masyarakat miskin bisa tinggal di gubuk, kolong jembatan, bantaran kali.

Tak jarang masyarakat miskin, membangun sendiri rumah di atas tanah milik negara. Kemiskinan terjadi di seluruh dunia dan banyak negara berkembang yang mempunyai masalah ini.

Hal yang dijelaskan dalam teks eksplanasi tersebut berkaitan dengan fenomena….
A. kebudayaan
B. perekonomian 
C. Fenomena alam 
D. Fenomena sosial

44 Bacalah teks eksplanasi berikut!
Wayang merupakan seni pertunjukkan asli Indonesia yang berkembang secara pesat di Pulau Jawa dan Bali. Selain dua daerah tersebut wayang juga populer di Sumetera dan Semenanjung Malaya. Budaya wayang di daerah ini dipengarui oleh kebudayaan Jawa dan Hindu.

Hal yang dijelaskan dalam teks eksplanasi tersebut berkaitan dengan fenomena….
A. kebudayaan
B. perekonomian 
C. Fenomena alam 
D. Fenomena sosial

45 Bacalah teks ulasan berikut !
Judul :”Beeth”
Bintang : Inne Febriyanti, El Manik, Lola Amaria, RenyDjajusman, Saut Situmpol.
Sutradara :Aria Kusumadewa
Produser : Aria Kusumadewa, Nurul Arifin,Inne Febriyanti,dan RioKondo 
Skenario :Nana J.Mulyana Fotografi:Enggong Supardi
Produksi:PT Sinemata
Durasi : 85 menit

Struktur ulasan tersebut merupakan….
A. identitas 
B. orientasi 
C. sinopsis 
D. analisis

46 Bacalah teks ulasan berikut!
“Adakah kata- kata sehat yang Keluar dari mulut orang gila?”Ini pertanyaan sederhana. Namun, layaknya pertanyaan sederhana, yang ini pun membutuhkan jawaban yang rumit. Celakanya, jawaban dari pertanyaan inilah yang akan menentukan persepsi penonton terhadap Beth, film terbaru garapan sutradara muda Aria Kusumadewa.

Struktur ulasan tersebut merupakan…
A. identitas 
B. orientasi 
C. sinopsis 
D. analisis

47 Bacalah teks berikut !
Inti cerita film” Beth”berkisah cinta yang tragis antara Beth atau Elizabeth (Inne Febriyanti ) dan Pesta (Bucek), sebagai dua anak manusia yang hidup dalam lingkungan sosial berbeda. Tak direstui oleh orang tua Beth yang jendral. Kehidupan asmara Beth- Pesta pun berakhir mengenaskan. Pesta masuk penjara karena tertangkap ketika mengkonsumsi narkoba. Beth jadi gila lantaran tak kuat menaggung deritanya. Lebih tragis lagi, keduanya dipertemukan kembali di Rumah Sakit Jiwa Manusia.

Struktur ulasan tersebut merupakan….
A. orientasi 
B. sinopsis 
C. analisis 
D. evaluasi

48 Bacalah teks ulasan berikut!
Meskipun demikian, semua itu bersifat multitafsir. Film” Beth” tampak istimewa karena pendekatan Aria yang unik dibanding sineas lain. Nurul Arifin melihat film karya Aria ini tak ubahnya suatu realitas yang didekati dengan cara yang berkebalikan dari pendekatan yang dilakukan Garin Nugroho dalam karya- karyanya.”Beda dengan karya- karya Garin yang mengambarkan realita sosial yang selalu dari sisi kehidupan yang manis- manis, Aria lebih suka mendekatinya dari sisi- sisi yang lebih pahit,”kata Nurul,”Itu sebabnya semangat Ari ini perlu didukung penuh. “(Republika).

Srtuktur ulasan tersebut merupakan….
A. orientasi 
B. sinopsis 
C. analisis 
D. evaluasi

49 Bacalah kalimat berikut!
Novel ini banyak memberikan pelajaran pada pembacanya, antara lain, bahwa kita harus pandai bergaul dengan orang lain.

Kalimat tersebut termasuk kaidah kebahasaan teks ulasan…
A. Konjungsi penerang 
B. Konjungsi temporal 
C. Konjungsi penyebab
D. Konjungsi pernyataan berupa saran atau rekomendasi

50 Bacalah kalimat berikut!
Kemudian, ia mencari Anwar.
Kalimat tersebut termasuk kaidah kebahasaan teks
Ulasan….
A. Konjungsi penerang 
B. Konjungsi temporal 
C. Konjungsi penyebab
D. Konjungsi pernyataan berupa saran atau rekomendasi

Demikian artikel tentang √ Latihan Soal UKK Bahasa Indonesia SMP Kelas 8 Tahun 2019/2020. Semoga bermanfaat..
Advertisement

Baca juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar