Skip to main content

Latihan Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 11 Semester 1 K13 2020 dan Kunci Jawaban

Latihan Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 11 Semester 1 K13 2020 dan Kunci Jawaban
Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 11 Semester 1 - UAS (Ulangan Akhir Semester) pada kurikulum 2013 berubah menjadi PAS (Penilaian Akhir Semester). Yang mana ujian ini termasuk wajib diikuti oleh seluruh siswa kelas 11 di semua sekolah, terkhusus jenjang SMA.

Maka dari itu demi menunjang kebutuhan soal UAS, di artikel kali ini admin akan membagikan Latihan Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 11 Semester 1 K13 2020 dan Kunci Jawaban yang bisa di pelajari secara online dan offline (file PDF)

Materinya min?

Materi UAS Bahasa Indonesia kelas 11 semester 1 yang bakal diujikan tentang cerita pendek, biografi, penulisan ejaan, dll. Yang pernah sobat pelajari selama 6 bulan semester 1 ini.

Walau pun sebenarnya sobat bisa belajar langsung dari buku paket terkait. Akan tetapi, bukan opsi yang buruk juga jika harus belajar melalui media internet. Yang penting bisa lebih menambah wawasan, serta referensi agar mendapatkan nilai yang memuaskan. 
.

Latihan Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 11 Semester 1 K13 2020 dan Kunci Jawaban

Latihan Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 11 Semester 1 K13 2020 dan Kunci Jawaban

Mata pelajaran Bahasa Indonesia dimasukkan ke dalam jajaran mapel umum yang diikuti oleh semua siswa SMA kelas 11. Jumlah soalnya terdiri dari 50 soal pilihan ganda dan kunci jawaban di masing - masing soal terkait.

Admin harap soal ini bisa bermanfaat bagi sobat yang ingin menghadapi UAS/PAS PKN/PPK mendatang. Meskipun tidak menentukan kelulusan, namun nilai UAS bakal dijadikan bahan pertimbangan saat sobat mendaftar SNMPTN, saat penerimaan mahasiswa.


Latihan Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 11 Semester 1 K13 2020 dan Kunci Jawaban PDF, DOWNLOAD

Yapps, itu saja sekilas infonya. Berikut ini adalah Latihan Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 11 Semester 1 K13 2020 dan Kunci Jawaban. Selamat mengerjakan...


1. Tahapan-tahapan struktur teks cerpen adalah ....
A. abstrak, orientasi, resolusi, komplikasi,evaluasi, koda
B. abstrak, komplikasi orientasi, evaluasi, resolusi, koda
C. abstrak, orientasi, komplikasi, resolusi, koda, evaluasi
D. abstrak, orientasi, komplikasi, evaluasi, resolusi, koda
E. abstrak, reorientasi, resolusi, komplikasi, evaluasi, koda
Jawaban : D

2. Cermati kutipan cerpen berikut ini!
Ketika saya membaca SMS dari sahabat saya William John dari California bahwa ia akan datang ke Solo untuk mencari Putri Solo yang gaya berjalannya seperti Macan Lapar, saya terbahak. Ketika ia melanjutkan SMS-nya bahwa jika ia tidak menemukan seorang Putri Solo yang Macan Lapar itu, dalam bahasa Jawa: Macan Luwe, berarti saya menyembunyikannya. Lagi-lagi saya terbahak.

(Cerpen "Macan Lapar" karya Danarto)

Berdasarkan tahapan struktur teks cerpen "Macan Lapar" di atas termasuk tahapan ....
A. abstrak
B. orientasi
C. komplikasi
D. evaluasi
E. resolusi
Jawaban : A


3. Cermati kutipan cerpen berikut ini
Menurut John, masa bahagia adalah ketika kuliah di Solo, ia menginap di rumah saya di bilangan Notosuman, bertetangga dengan kedai Srabi Notosuman yang termasyhur itu. Bagaimana ia tidak berbahagia, segalanya tersedia dengan gampang. Tidak seperti di Amerika yang segalanya harus ia lakukan sendiri, di Solo jika lapar bisa langsung makan, bila pengin ngopi tinggal pesan, bila pakaian kotor tinggal dilemparkan. Jika nonton pertunjukan, pergi kuliah, maupun piknik, cukup dengan naik sepeda. (Cerpen "Macan Lapar" Karya Danarto)

Latar suasana yang melingkupi peristiwa dalam cerpen "Macan Lapar" karya Danarto ....
A. bahagia
B. tidak bahagia
C. sangat mudah
D. mengenakkan
E. serba gampang
Jawaban : A

4. Bacalah kutipan teks pcerpen berikut dengan saksama!
Ada seorang tukang tempe, di lingkungan pemukiman kami mau berhenti menjual tempe. Pasalnya, dia sudah merasa dirinya tua. “Saya sudah bosan puluhan tahun jual tempe,” kilahnya. ” Saya ingin melakukan yang lain. Misalnya jalan-jalan mengelilingi Indonesia, syukur-syukur bisa sampai ke manca negara. Lagi pula, inilah satu-satunya cara untuk kasih kesempatan orang lain untuk jual tempe. Sebab selama saya sendiri masih jual tempe, calon-calon penjual tempe tidak akan dapat kesempatan. Atau tempe-tempe yang lain tidak akan laku karena orang sudah terlalu kecanduan dengan tempe saya. (Dikutip dari cerpen “Tempe”, karya Putu Wijaya).

Fakta kehidupan masyarakat yang diangkat oleh pengarang dalam teks cerpen di atas adalah....
A. Tukang tempe bosan menjual tempe.
B. Warga masyarakat kecanduan tempe.
C. Penjual tempe di lingkungan pemukiman.
D. Penjual tempe ingin jalan-jalan keliling Indonesia.
E. Tukang tempe yang mau berhenti membuat tempe.
Jawaban : C

5. Cermati penggalan teks cerpen berikut ini!
“Kenapa sih ente ini,” kata seorang ibu. “Saya ini dulu tidak suka makan tempe, karena itu barang ‘irlander’. Tempe itu menunjukkan gengsi yang rendah, karena harganya terlalu murah, jadi dia sebetulnya merupakan makanan orang-orang miskin. Keluarga saya tidak ada yang doyan tempe. Mendengar namanya saja kami sudah jijik. Apalagi kalau mengingat tempe dikaitkan dengan soal-soal kecerdasan dan mental dengan adanya istilah ‘mental tempe’. Jadi boleh dibilang saya satu keluarga benci kepada tempe. Tetapi ketika kami mendapat kunjungan seorang profesor dari Universitas Cornell di Amerika yang tinggal sebulan di rumah yang doyan pada tempe, kami terkejut. Juga ketika ada seorang profesor dari Kyoto University meminta kami untuk mengajarkan membuat tempe, sebab konon dia setiap tahun rindu ke Indonesia untuk makan tempe, kami mulai mengubah pikiran.

(Dikutip dari cerpen “Tempe”, karya Putu Wijaya)

Kehidupan sosial yang diangkat pengarang dalam teks cerpen di atas adalah... .
A. Orang asing suka makan tempe
B. Orang Indonesia yang tidak menyukai tempe.
C. Orang Indonesia sangat gemar makan tempe
D. Kebiasaan orang Indonesia yang memiliki sifat mental tempe
E. Kebiasaan sebagian besar orang Indonesia yang mengandalkan gengsi.
Jawaban : E

6. Cermati penggalan teks cerpen berikut ini!
“Gila!” teriaknya sambil meludah ke lantai. “Orang cuma cari nafkah sudah dinobatkan jadi pahlawan. Itu yang namanya keblinger. Ya salah kamu sendiri! Gua tidak kepingin jadi pahlawan kok dipahlawan-pahlawankan. Gua tidak pingin jadi panutan kok disubyo-subyo. Gua manusia biasa seperti kalian juga yang pingin lari ke sana ke mari, bisa malas-malasan, bisa menuntut, menyalahkan orang lain, bahkan berkhianat dan bikin kesalahan seperti orang lain. Seperti kalian semua! Persis seperti kalian, gua juga ingin memaki-maki tukang tempe lain yang tidak setia menjaga gawangnya sebagai tukang tempe! Tidak! kalian urus perasaan kalian sendiri. Gua sih sekarang mau melewatkan sisa usia tua dengan melihat-lihat dunia! Siapa tahu bisa bikin novel atau sinetron! Terserah bagaimana yang muda-muda!” (Dikutip dari cerpen “Tempe”, karya Putu Wijaya).

Berdasarkan bahasa yang digunakan pada cerpen di atas dapat dilihat kehidupan sosial yang diangkat dalam cerpen tersebut adalah masyarakat ....
A. jawa
B. betawi
C. perumahan
D. perkampungan
E. pemukiman elit
Jawaban : B

7. Cermati penggalan teks cerpen berikut ini!
Niat pengunduran diri itu, kontan mengundang reaksi kontra dari ibu-ibu rumah tangga. Pemukiman kami sampai geger, karena para ibu berbondong-bondong datang ke rumah Gagap, tukang tempe itu, untuk melakukan protes. Mereka marah. (Dikutip dari cerpen “Tempe”, karya Putu Wijaya)

Fakta kehidupan masyarakat yang diangkat oleh pengarang dalam teks cerpen di atas adalah....
A. Marah yang tidak beralasan
B. Menerima segala perubahan
C. Bereaksi terhadap sebuah perubahan
D. Ibu-ibu rumah tangga yang suka protes
E. Sikap pro dan kontra terhadap suatu masalah
Jawaban : C

8. Cermati penggalan teks cerpen berikut ini!
Tetapi para ibu-ibu yang marah karena tidak bisa lagi membeli tempe kesukaan mereka, makin garang. Mereka menganggap perbuatan dan kilah tukang tempe itu merupakan perilaku yang amat berbahaya. Kalau itu sampai dicontoh oleh banyak orang, mereka tidak akan punya pegangan apa-apa lagi. (Dikutip dari cerpen “Tempe”, karya Putu Wijaya)

Karakteristik ibu-ibu yang dimunculkan pada penggalan teks cerpen di atas adalah... .
A. Mau menerima alasan orang lain.
B. Bisa menerima keadaan di sekitarnya.
C. Sabar menanggapi sebuah permasalahan.
D. Marah jika kebiasaan yang dilakukan terhenti.
E. Pembahasan Kebiasaan yang dilakukan tidak boleh berubah
Jawaban : D

9. Cermati penggalan teks cerpen berikut ini!
Pengacara muda sekarang menarik napas panjang."Ya aku menerimanya, sebab aku seorang profesional. Sebagai seorang pengacara aku tidak bisa menolak siapa pun orangnya yang meminta agar aku melaksanakan kewajibanku sebagai pembela. Sebagai pembela, aku mengabdi kepada mereka yang membutuhkan keahlianku untuk membantu pengadilan menjalankan proses peradilan sehingga tercapai keputusan yang seadil-adilnya."Pengacara tua mengangguk-anggukkan kepala tanda mengerti. (Dikutip dari cerpen “Peradilan Rakyat”, karya Putu Wijaya)

Persoalan yang diangkat pada penggalan teks cerpen di atas adalah... .
A. hukum
B. sosial
C. politik
D. budaya
E. ekonomi
Jawaban : B

10. Cermati penggalan teks cerpen berikut ini!
Peradilan terhadap penjahat itu dimulai. Gambaran dari pengacara tua itu benar-benar terjadi sidang perkara yang dilakukan oleh pengacara dan penjahat itu dimenangkan keduanya. Penjahat itu bebas dengan tertawa lepas. Penjahat itu menerima kebebasannya dengan cepat keluar negeri dan sulit untuk menjamahnya kembali. (Dikutip dari cerpen “Peradilan Rakyat”, karya Putu Wijaya)

Penggalan teks di atas termasuk dalam tahapan alur... .
A. pemecahan masalah
B. melukiskan keadaan
C. peristiwa mulai bergerak
D. keadaan mulai memuncak
E. mencapai titik puncak (klimaks)
Jawaban : E

11. Cermati penggalan teks cerpen berikut ini!
Mengetahui hal tersebut rakyat menjadi beramarah. Mereka turun kejalan dengan melakukan demonstrasi besar-besaran dimana-mana, gedung-gedung di pengadilan dibakar, dan pengacara muda itu diculik dan dibunuh. (Dikutip dari cerpen “Peradilan Rakyat”, karya Putu Wijaya)

Penggalan teks cerpen di atas termasuk dalam tahapan alur...
A. pemecahan masalah
B. melukiskan keadaan
C. peristiwa mulai bergerak
D. keadaan mulai memuncak
E. mencapai titik puncak (klimaks)
Jawaban : A

12. Cermati penggalan teks cerpen berikut ini
Pengacara tua itu terpagut di kursi rodanya. Sementara sekretaris jelitanya membacakan berita-berita keganasan yang merebak di seluruh wilayah negara dengan suaranya yang empuk, air mata menetes di pipi pengacara besar itu. (Dikutip dari cerpen “Peradilan Rakyat”, karya Putu Wijaya)

Suasana yang tergambar pada penggalan teks cerpen di atas adalah... .
A. penyesalan
B. kesedihan
C. kengerian
D. kesakitan
E. ketakutan
Jawaban : B

13. Cermati penggalan teks cerpen berikut ini!
Apa yang dibisikkan pengacara muda itu kemudian menjadi kenyataan. Dengan gemilang dan mudah ia mempecundangi negara di pengadilan dan memerdekaan kembali raja penjahat itu. Bangsat itu tertawa terkekeh-kekeh. Ia merayakan kemenangannya dengan pesta kembang api semalam suntuk, lalu meloncat ke mancanegara, tak mungkin dijamah lagi.

(Dikutip dari cerpen “Peradilan Rakyat”, karya Putu Wijaya)

Pesan yang hendak disampaikan pengarang melalui teks cerpen di atas adalah... .
A. Risiko atas pekerjaan yang kita terima dapat merugikan diri sendiri atau orang lain.
B. Apabila menerima sebuah pekerjaan seharusnya kita menanggung semua risiko yang ada.
C. Kita tidak perlu memikirkan risiko yang dihadapi orang lain atas pekerjaan yang kita lakukan.
D. Apabila orang lain menerima dampak dari pekerjaan kita itu merupakan hal yang wajar tidak perlu dibesar-besarkan.
E. Hendaknya kita mempunyai akhlak dalam melakukan sebuah pekerjan sesuai dengan norma-norma yang berlaku sehingga tidak merugikan dan menyengsarakan orang lain.
Jawaban : E

14. Perhatikan pantun empat baris di bawah ini!
Mata pena mata penulis
Bukan sembarang mata pedang
Hamba bertanya perkara kuis
Apakah hadiah berupa gadang?
Kalimat dari pantun tersebut yang merupakan sampiran adalah…
A. Baris pertama dan kedua
B. Baris kedua dan ketiga
C. Baris ketiga dan keempat
D. Baris keempat dan pertama
E. Baris kedua dan keempat
Jawaban : A

15. Perhatikan pantun empat baris di bawah ini!
Menanam padi tumbuh ilalang
Hendaklah menanam jarang-jarang
Sedih hati melihat abang
Susah shalat bukan kepalang
Kalimat dari pantun tersebut yang merupakan isi adalah….
A. Baris pertama dan kedua
B. Baris kedua dan ketiga
C. Baris ketiga dan keempat
D. Baris keempat dan pertama
E. Baris kedua dan keempat
Jawaban : C


16. Perhatikan pantun rumpang berikut ini!
Rumah gadang tidak bertuan
Jalan setapak di pinggir kali
….........................................
Janganlah puan menampik lagi
Baris yang tepat untuk mengisi pantun rumpang tersebut adalah…
A. Apa abang suka pada puan
B. Katak dalam tempurung
C. Nyonya beriring jalan dengan tuan
D. Mengapa hamba kurang beruntung
E. Bunda mengandung sembilan bulan
Jawaban : A

17. Perhatikan pantun berikut ini!
Katak lompat di pinggir kali
Sambil bernyanyi merdu sekali
Hati riang tidak terperi
Ibunda datang membawa kari
Pantun tersebut berpola...
A. a-b-a-b
B. b-a-b-a
C. a-a-a-a
D. b-b-b-b
E. a-a-b-b
Jawaban : C

18. Perhatikan pantun rumpang berikut ini!
....
...
Muda belajar hingga perguruan tinggi
Payah lelah tidak terasa lagi
Sampiran yang tepat untuk mengisi pantun rumpang tersebut adalah....
A. Ilmu dunia dicari-cari/ Ilmu akhirat jugalah mesti
B. Hendak belajar ke tanah tinggi/ Ayah mengantar pergi pagi-pagi
C. Alam gunung subur menghijau/ Tinggi didaki gunung tak sampai
D. Walau susah berpeluh kesah/ Di masa depan ilmu bertambah
E. Pergi belajar tak kenal lelah/ Membawa buku banyak-banyak
Jawaban : B

19. Cermati paragraf berikut dengan saksama!
Gelombang Tsunami telah mematikan semangat hidup gadis berusia 21 tahun itu. Namun, kepercayaan bahwa Tuhan akan menolong setiap jiwa manusia membuat dia kuat. Dia terus bertahan di tengah dinginnya malam dan hanya mengandalkan air laut untuk bertahan hidup. Hingga hari ke-21 doanya dikabulkan ketika ada sebuah kapal melintas dan melihat lambaian tangannya.

Isi teks cerita ulang di atas merupakan bagian orientasi yang berisi ....
A. apa, siapa, dan bagaimana
B. apa, siapa, dan kapan
C. siapa, kenapa, dan bagaimana
D. apa, siapa, kenapa, dan bagaimana
E. apa, kenapa, dan bagaimana
Jawaban : D

20. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Selain acara pertunjukan wayang, ada pasar malam bagi masyarakat Desa Ngempak Sambikerep, Surabaya. Ada pula sejumlah atraksi kesenian di sepanjang balai desa. Diantaranya, pertunjukan okol (adu ketangkasan tangan), gulat, serta pertunjukan tari remo sebagai tari khas kota Surabaya yang dibawakan oleh karang taruna Desa Ngemplak.

Tahapan peristiwa yang nampak pada teks cerita ulang di atas yaitu …
A. persiapan
B. penutup
C. kegiatan inti yang menceritakan tempat
D. kegiatan inti yang menceritakan aktivitas
E. kegiatan inti yang menceritakan suasana
Jawaban : D

21. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Bila ingin berlibur mengajak orang tua yang sudah lanjut usia, harus santai. Tidak perlu mendatangi semua lokasi. Cari tempat yang mudah dikunjungi, tidak antre dan berdesak-desakan, tidak terlalu jauh dari parkiran atau menanjak, Sekali-kali harus kita ajak istirahat. Jangan berjalan terus tanpa henti. Lain halnya bila pergi bersama dengan teman-teman, wah… semua tempat dan wahana harus aku kunjungi kalau perlu sampai diusir pak satpam.

Tokoh pada cerita di atas menutup cerita dengan memberi pesan ...
A. liburan dengan orang tua menyusahkan
B. lebih baik berlibur mengajak teman daripada orang tua
C. tips berlibur dengan orang tua yang menyenangkan
D. liburan dengan orang tua jangan berjalan kaki
E. perbandingan tips berlibur dengan orang tua dan teman
Jawaban : E

22. Bacalah catatan biografi berikut dengan saksama!
Misbahul Huda (MH) adalah anak pertama dari empat bersaudara pasangan KH.Drs. Muslich dan Siti Fathonah. Keluarga ini adalah keluarga pesantren yang disegani dan sangat sederhana. Ayah MH merupakan pensiunan guru di lingkungan Pondok Pesantren Takeran-Magetan. Ketegasan beliau dalam mendidik agama yang disiplin dan ajeg membuat MH menjadi sosok yang pintar dan benar.

Teks cerita ulang biografi di atas merupakan bagian orientasi berupa .....
A. latar belakang kehidupan MH
B. kekayaan MH
C. cita-cita MH
D. kehidupan MH
E. orang tua MH
Jawaban : A

23. Setahun yang lalu suami saya menyampaikan berita gembira bahwa ia mendapat hadiah dari perusahaan sebagai pegawai berprestasi untuk pegi ke Disneyland Jepang. Senangnya mendengar apalagi suami mengatakan bahwa ia ingin pergi dengan saya dan anak-anak untuk menerima hadiah itu. Secara emosional saya punya kenangan mendalam pada kota Disneyland tempat pertama kali saya mengantarkan anak didik saya studi banding ke luar negeri.

Pertanyaan di bawah ini jawabannya dapat kita temukan pada paragraf orientasi di atas, kecuali .…
A. a bulan apa saya diajak suami ke Disneyland Jepang?
B. Keperluan apa yang membuat saya berangkat ke Disneyland Jepang?
C. Kapankah anak-anak saya ajak ke Disneyland pertama kali?
D. Intitusi apa yang memberikan penghargaan kepada suami saya?
E. Mengapa saya merasa amat senang diajak ke Disneyland Jepang?
Jawaban : C

24. Suasana pesta pernikahan temanku yang megah tidak sepenuhnya bisa aku nikmati. Hal ini karena hidangan yang disediakan untuk para tamu sudah habis sebelum waktu yang ditentukan dalam undangan. Untungnya, aku sedikit terhibur ketika ibu temanku mempersilakan aku untuk menikmati hidangan yang diperuntukkan untuk saudara mempelai. Aku senang menjadi tamu kehormatan, sementara undangan yang lain harus pulang dengan perut kosong. Ada untungnya juga kalau kita bisa akrab tidak hanya dengan teman kita, tetapi juga dengan orang tuanya.

Tahapan peristiwa yang nampak pada kegiatan inti teks cerita ulang di atas ialah ....
A. penutup
B. persiapan
C. kegiatan inti yang menceritakan tempat
D. kegiatan inti yang menceritakan suasana
E. kegiatan inti yang menceritakan aktivitas
Jawaban : D

25. Sesampainya di Juanda aku langsung mengucap syukur ke hadirat Tuhan karena kuasanya saya dapat kembali menginjakkan kaki di bumi Indonesia dengan selamat. Setelah sampai di rumah saya langsung memeluk anak-anak saya. Perjalananku ke Cina telah membawa hikmah yang besar dalam hidupku bahwa manusia hanya bisa berencana dan Tuhanlah yang menentukan. Mudah-mudahan pengalaman ini semakin menambah keimananku pada Sang pencipta.

Isi penutup pada teks cerita ulang di atas menandakan bahwa penulis mengalami ….
A. kesuksesan dalam hidupnya
B. peristiwa yang menakjubkan
C. peristiwa yang menyenangkan
D. peristiwa yang tidak bisa dilupakan
E. peristiwa traumatik yang tak bisa dilupakan
Jawaban : E

26. Sebelum menentukan peserta yang akan ikut serta dalam IMC 2013 Singapura ini Klinik Pendidikan MIPA (KPM) melakukan seleksi terlebih dahulu baik dari segi akademik, fisik, dan finansial serta faktor lainnya untuk memutuskan siswa yang akan berangkat ke sana. Siswa kelas khusus dibina selama mminimal 1 tahun, sedangkan yang bukan siswa kelas khusus harus melewati masa seleksi yang sudah ditentukan. Mereka juga harus menyiapkan bekal obat-obatan, makanan tambahan, souvenir, dan keperluan pribadi lainnya.

Kutipan paragraf di atas merupakan teks cerita ulang pada tahapan .…
A. penutup
B. persiapan
C. kegiatan inti yang menceritakan tempat
D. kegiatan inti yang menceritakan suasana
E. kegiatan inti yang menceritakan aktivitas
Jawaban : B

27. Masuknya internet pada dekade awal 2000-an membuat menurunnya tingkat literasi generasi muda Indonesia. Hidup yang serba instan dan mendapatkan segalanya dengan mudah, membuat perubahan baru dalam pola hidup bersosialisasi dan pola pikir mereka. Diharapkan melalui perubahan kurikulum di Indonesia generasi muda lebih berkarakter dan berkepribadian agamis.

Masalah mendasar pada paragraf di atas adalah....
A. Masukknya internet pada dekade awal 2000-an
B. Menurunnya tingkat literasi generasi muda Indonesia
C. Menurunnya nilai karakter dan agamis generasi muda
D. Perubahan dalam pola hidup bersosialisasi dan pola pikir
E. Hidup yang serba instan dan mendapatkan segalanya dengan mudah
Jawaban : B

28. Kalimat berikut yang tidak menggunakan pronomina adalah…..
A. Apa yang telah Saudara lakukan?
B. Itu dulu, sekarang segala hal telah berubah
C. Siapa yang melakukan ini? tanyaku pada mereka.
D. Kami berdua bersepeda menyusuri jalur pipa gas
E. Uang yang ia miliki telah dihabiskan untuk membeli telepon genggam.
Jawaban : A

29. Rasanya senang sekali menghabiskan waktu liburan akhir pekan dengan bersepeda bersama keluarga di pagi hari. Pukul 05.00 kami sudah keluar rumah dengan membawa sepeda masing-masing, termasuk anak saya yang masih duduk di bangku kelas 1 SD. Kami mengayuh sepeda beriringan menuju kawasan Citraraya. Biasanya di patung Merlion tiruan Singapura kami istirahat sebentar, melepas dahaga, dan berfoto ria. Setelah hilang penat, kami akan melanjutkan perjalanan mencari sarapan di kawasan G.Walk. Tepat pukul 10.00 kami pulang untuk beristirahat di rumah.

Judul yang tepat untuk teks cerita ulang di atas ….
A. Manfaat Naik Sepeda
B. Liburan Akhir Pekan
C. Liburan Bersama Keluarga
D. Bersepeda Bersama Keluarga
E. Berkeliling Kota dengan Sepeda
Jawaban : D

30. Nenek saya, walaupun seorang ibu rumah tangga, beliau juga seorang pendidik yang hebat. Perbaikan untuk kalimat tersebut adalah....
A. Nenek saya seorang ibu rumah tangga walaupun beliau juga seorang pendidik yang baik.
B. Walaupun nenek saya seorang ibu rumah tangga, beliau seorang pendidik yang hebat.
C. Beliau juga seorang pendidik yang hebat, meskipun nenek saya seorang ibu rumah tangga.
D. Meskipun beliau juga seorang pendidik yang hebat, nenek saya seorang ibu rumah tangga
E. Walaupun beliau- nenek saya- seorang ibu rumah tangga, juga seorang pendidik yang hebat
Jawaban : B

31. Karena kesuksesan memang tidak tiba dengan sendirinya. Maka, harus ada keberanian untuk melakukan gebrakan seperti yang dilakukan Yudi, kakakku.
Kata yang menyebabkan kalimat tersebut tidak efektif adalah….
A. tiba, gebrakan
B. karena, kakakku
C. tidak tiba, ada
D. karena, maka
E. karena, untuk
Jawaban : D

32. Informasi mengenai pengenalan cerita dan tokoh dalam teks ulang disebut....
A. koda
B. klimaks
C. orientasi
D. kejadian
E. reorientasi
Jawaban : C

33. Pernyataan yang tepat terkait dengan perbedaan antara teks biografi dan autobiografi adalah….
A. Biografi muncul sebelum tokoh meninggal, sedangkan autobiografi setelah tokoh meninggal
B. Biografi ditulis oleh diri sendiri, sedangkan autobiografi ditulis orang lain
C. Biografi berisi informasi umum seorang tokoh, sedangkan autobiografi berisi tujuan-tujuan politis dan praktis tokoh tersebut
D. Biografi ditulis oleh orang lain, sedangkan autobiografi oleh orang yang bersangkutan sehingga dapat berisi informasi yang lebih mendetail.
E. Biografi hanya berisi tokoh-tokoh penting, seperti negarawan, politikus, atau penemu, sedangkan autobiografi lebih luas dan bisa berisi riwayat artis
Jawaban : D
34. Perhatikan teks berikut!
1. Laki-laki itu mengejarnya, berhasil menangkap kerah bajunya, dan menariknya. Timbullah perkelahian yang membuat orang-orang di pasar berkerumun menonton. Beberapa berteriak, yang lain bersorak.
2. Luka ini saya peroleh pada usia tujuh tahun karena terperosok ke selokan depan rumah saat bermain sepeda.
3. Literatur yang terdapat dalam setiap kitab suci agama menyebutkan bahwa malaikat terbuat dari cahaya, sedangkan iblis dari api.
4. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan memahami layout yang tampak pada Adobe After Effect.
5. Bersepeda itu sehat dan dapat mencerminkan sifat manusia yang berbudaya.
Teks yang tepat untuk dimasukkan ke dalam bentuk teks cerita ulang adalah.…
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
Jawaban : B

35. Di antara pilihan kalimat ini, yang termasuk bagian urutan peristiwa kejadian adalah….
A. Willibrordus Surendra Broto atau dikenal dengan WS Rendra lahir di Solo pada 7 November 1935.
B. Keluarga Rendra yang kental akan seni membuat darah seni mengalir dalam tubuhnya.
C. Ayahnya dikenal sebagai seorang dramawan dan juga guru bahasa Jawa dan bahasa Indonesia.
D. Sejak lulus SMA, Rendra pergi ke Jakarta untuk melanjutkan studi di Akademi Luar Negeri.
E. Ayahnya bernama R. Cyprianus Sugeng Brotoatmojo dan ibunya bernama Raden Ayu Catharina Ismadillah.
Jawaban : D

36. Di antara teks di bawah ini, yang termasuk ke dalam bagian orientasi adalah….
A. Pada masa inilah saat pertama kalinya ia menemukan masalah rasial.
B. Gandhi mengawali kariernya sebagai seorang pengacara di Afrika Selatan.
C. Sepulangnya ke India, Gandhi berjuang memerdekakan India dari jajahan Inggris.
D. Semasa di Afrika Selatan, Gandhi mengembangkan idenya yang disebut ahimsa atau hidup tanpa kekerasan.
E. Tokoh yang berpengaruh ini lahir pada tanggal 2 Oktober 1869 dan bernama lengkap Mohandas Karamchand gandhi.
Jawaban : E

37. Reorientasi dalam teks ulang adalah….
A. Pengenalan cerita dan tokoh.
B. Titik balik peristiwa hidup seorang tokoh.
C. Penyelesaian masalah yang dihadapi tokoh.
D. Amanat atau pesan yang disampaikan pengarang.
E. Pengulangan topik pada bagian akhir teks atau pandangan pribadi penulis.
Jawaban : E

38. Maaf, Pak, pada malam hari kendaraan umum sangat jarang ada. Kalau Bapak mengizinkan, saya ingin meminjam kendaraan untuk membawanya ke rumah sakit.” “Boleh, Pak Asmar. Bawalah anak itu cepat-cepat ke dokter! Ini kunci mobil dan sedikit uang untuk berobat.”

Latar yang terdapat dalam penggalan cerita di atas adalah... .
A. Rumah - malam
B. Jalan raya - malam
C. Rumah sakit - pagi
D. Garasi mobil - siang
E. Lapangan parkir - sore
Jawaban : A

39. “Mohammad-San inilah rumahku.” Toshihiko berkata ketika kami sampai di depan sebuah rumah kayu yang sederhana. Lalu berteriak, “Ibu! Inilah tamu yang kita tunggu. Lihatlah, Seorang Indonesia yang tersesat di kebun anggur Katsunuma. Bukankah ini suatu kehormatan bagi kita.”

Watak Toshihiko dalam kutipan cerpen tersebut adalah... .
A. Ramah, baik, ceria, dan menyenangkan
B. Periang, pemalu,pemalas, dan cerewet
C. Teguh, tabah, ramah, cerewet, dan peduli
D. Bahagia, senang, ceria, peduli, dan teguhi
E. Teguh, kuat, baik, peduli, dan menyenangkan
Jawaban : A

40. “Mohammad-San inilah rumahku.” Toshihiko berkata ketika kami sampai di depan sebuah rumah kayu yang sederhana. Lalu berteriak, “Ibu! Inilah tamu yang kita tunggu. Lihatlah, Seorang Indonesia yang tersesat di kebun anggur Katsunuma. Bukankah ini suatu kehormatan bagi kita.”

Konflik yang dialami tokoh Lasmi dalam kutipan cerpen tersebut adalah ... .
A. Menggendong Puput
B. Berurusan dengan polisi yang pasti berbelit
C. Memeriksa anak semata wayang ke dokter
D. Sakit kepala membuat semakin tidak berdaya
E. Keengganan tokoh berurusan dengan rumah sakit
Jawaban : E

41. “Mohammad-San inilah rumahku.” Toshihiko berkata ketika kami sampai di depan sebuah rumah kayu yang sederhana. Lalu berteriak, “Ibu! Inilah tamu yang kita tunggu. Lihatlah, Seorang Indonesia yang tersesat di kebun anggur Katsunuma. Bukankah ini suatu kehormatan bagi kita.”

Amanat kutipan cerpen tersebut adalah ... .
A. kita harus tabah dan tegar dalam menghadapi cobaan hidup
B. Kita berobat sebaiknya ke rumah sakit, bukan hanya ke dokter
C. Kita berobat sebaiknya ke rumah sakit yang mahal supaya sembuh
D. Kita berobat sebaiknya ke rumah sakit, bukan hanya ke dokter
E. Manusia harus selalu mengedepankan pertolongan kepada orang lain
Jawaban : A

42. Pilihlah kata-kata yang baku berikut ini!
A. formil dan eksport
B. sistim dan psikologi
C. pebruari dan jadwal
D. frekwensi dan salat
E. jumat dan persentase
Jawaban : E
43. Penulisan kata yang benar dan baku adalah ... .
A. Bertolak belakang dan menganaksungai
B. Bertolakbelakang dan menganak sungai
C. Bertolak belakang dan mencampur adukkan
D. Bertolak belakang dan mencampuradukkan
E. Bertolakbelakang dan mencampuradukkan
Jawaban : D

44. Penulisan kata yang sesuai dengan kaidah ejaan yang benar adalah ....
A. Karir dan hirarki
B. Tunakarya dan suka cita
C. Subbagian dan kerjasama
D. Prasejarah dan tanggungjawab
E. Pascasarjana dan tanda tangan
Jawaban : E

45. Kalimat yang sesuai dengan kaidah ejaan yang disempurnakan adalah ... .
A. Sebelum menjadi Gubernur, dia adalah seorang Bupati.
B. Sebelum menjadi Gubernur, dia adalah seorang bupati.
C. Sebelum menjadi gubernur, dia adalah seorang bupati.
D. Sebelum menjadi gubernur, dia adalah seorang Bupati.
E. Sebelum menjadi Gubernur dia adalah seorang bupati.
Jawaban : C

46. Butir ketiga dari teks Sumpah Pemuda adalah ... .
A. Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbahasa yang satu, bahasa Indonesia.
B. Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.
C. Kami putra dan putri Indonesia menjunjung berbahasa yang satu, bahasa Indonesia.
D. Kami putra dan putri Indonesia menjunjung tinggi bahasa yang satu, bahasa Indonesia.
E. Kami putra dan putri Indonesia mengaku menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.
Jawaban : B

47. Di penjara, dia menerapkan sistem mendidik diri sendiri sehingga penjara ini dijuluki Universitas Pulau.
Konjungsi “sehingga” menyatakan makna...
A. Sebab
B. Akibat
C. Alasan
D. Tujuan
E. Pernyataan
Jawaban : B

48. Ketika ayahnya meninggal, Dia diurus oleh seorang sanak keluarganya yang menjadi bupati.
Kata “dia” merupakan pronomina personal, yaitu ...
A. Kata ganti orang pertama tunggal
B. Kata ganti orang kedua tunggal
C. Kata ganti orang kedua jamak
D. Kata ganti orang ketiga tunggal
E. Kata ganti orang ketiga jamak
Jawaban : D

49. Ketika ayahnya meninggal, Dia diurus oleh seorang sanak keluarganya yang menjadi bupati.
Yang termasuk anak kalimat adalah...
A. Ayahnya meninggal.
B. Dia anak seorang bupati
C. Sanak saudaranya bupati
D. Dia diurus oleh sanak keluarganya yang menjadi bupati.
E. Dia diurus oleh seorang sanak keluarganya yang menjadi bupati.
Jawaban : A

50. Di bawah ini yang termasuk kalimat simpleks yang baku adalah...
A. Mandela magang pada sebuah biro hukum.
B. Masa kecil Mandela yang sangat cukup damai.
C. Sosok Nelson Mandela yang telah memberi contoh.
D. Dari kepala suku Rolihlahla Mandela lahir di Afrika Selatan
E. Rolihlahla Mandela pada tanggal 18 Juli 1988 di Umtata telah lahir.
Jawaban : A

Advertisement

Baca juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar