Skip to main content

√ Latihan Soal dan Kunci Jawaban SKB Formasi Bidan CPNS 2019


Soal SKB (Seleksi Kompetensi Bidang) Bidan/Kebidanan CPNS - Bidan merupakan salah satu profesi yang dijadikan 1 formasi dengan tenaga medis lain, pada lowongan CPNS mendatang. Dengan formasi tenaga medis yang menempati posisi tertinggi kedua dengan hampir mencapai 50% dari keseluruhan.

Tugas seorang bisa tentunya sudah pada tahu donk. Kehamilan, persalinan, dsb yang tentunya sobat lebih paham daripada saya.

Admin harap soal SKB formasi bidan ini bisa bermanfaat untuk sobat yang sedang mengikuti tes SKB di formasi bidan tahun mendatang. Dan menjadi CPNS seperti yang didambakan sebelumnya.

√ Latihan Soal dan Kunci Jawaban SKB Formasi Bidan CPNS 2019

Soal SKB (Seleksi Kompetensi Bidang) Bidan/Kebidanan CPNS

Blog ini selalu membagikan soal dalam bentuk online dan PDF. Emmm, tentunya bisa sobat download secara gratis kok. Dengan total keseluruhan soal SKB bidan CPNS sebanyak 50 butir dan kunci jawabannya sudah tersedia di bawahnya langsung.

√ Latihan Soal dan Kunci Jawaban SKB Formasi Bidan CPNS 2019 pdf, DOWNLOAD

Baiklah, langsung saja berikut ini adalah √ Latihan Soal dan Kunci Jawaban SKB Formasi Bidan CPNS 2019. Selamat mengerjakan...

1. Ny. n, 31 tahun, PI A0, postpartum hari ke 2, dengan persalinan spontan, namun bayi meninggal karena gagal nafas. Saat ini payudara terlihat membesar, dan teraba tegang, kemerahan dan nyeri berdenyut, Ny. n menangis bila teringat bayinya, namun mampu berkomunikasi dengan baik dan kooperatif.
Di bawah ini di agnosa yang tepat untuk Ny. n adalah..
a. Mastitis
b. Postpartum blues
c. Infeksi puerperalis
d. Bendungan payudara
e. Gatal-gatal
Jawaban : D

2. Ny. m, 23 tahun, PIII A0, postpartum 4 jam yang lalu, bersalin spontan normal dengan rupture perineum dan di jahit II/III. Saat ini kolustrum lancar, bayi menyusu kuat, kontraksi uterus kuat, TFU 1 jari di bawah pusat. Kandung kemih teraba penuh, tapi belum merasakan keinginan untuk miksi.
Kelanjutan masalah yang bisa muncul karena keluhan Ny. m saat ini adalah..
a. Hemoroid
b. Gagal ginjal
c. Thrombophlebitis
d. Subinvolusio uteri
e. Atonia uteri 
Jawaban : D

3. Seorang bayi berusia 2 bulan di bawa ibunya ke puskesmas untuk di imunisasi, hasil pemeriksaan berat badan 4500 garm. Di lihat pada kartu KMS, bayi baru mendapat imunisasi HB 0 dan polio 1.
apa jenis imunisasi yang harus di berikan pada bayi dalam kasus di atas?
a. DPT 1
b. BCG
c. Campak
d. DPT 2
e. HB 2 
Jawaban : B

4. Seorang bayi berusia 9 bulan di bawa ibuna ke puskesmas untuk di imunisasi campak, hasil pemeriksaan berat badan 7500 gram, kondisi bayi sehat dan belum pernah menderita campak sebelumnya.
Bagaimanakah cara penyuntikan imunisasi tersebut?
a. Sub cutan
b. Intra vena
c. Intra muscular
d. Intra cutan
e. Peroral
Jawaban : A

5. Seorang perempuan usia 26 tahun datang ke RB. Klien mengatakan melahirkan anak pertamanya 40 hari yang lalu, belum pernah menggunakan kontrasepsi, hasil pemeriksaan terdapat varises dan hipertensi.
Apakah alat kontrasepsi yang cocok untuk perempuan dalam kasus dia atas..
a. Pil
b. IUD
c. Suntik
d. Implant
e. MOW
Jawaban : B

6. Seorang perempuan usia 28 tahun P1 A0 postpartum 12 hari datang ke RS megeluh payudaranya nyeri dan bengkak. Hasil pemeriksaan terdapat inflamasi dan kemerahan pada payudara di sebelah kiri.
Apakah diagnose pada kasus di atas?
a. Bendungan payudara
b. Tumor payudara
c. Mastitis
d. Abses payudara
e. Ca. payudara
Jawaban : A

7. Seorang perempuan usia 35 tahun melahirkan di BPM. Pada saat 2 jam postpartum bidan melakukan pemeriksaan di dapatkan uterus tidak berkontraksi dan terdapat perdarahan dari jalan lahir, vital sign : TD 90/70 mmHg, S 36,5 c 18 x/m, nadi 80 x/m.
apakah diagnosis pada kasus di atas..
a. Atonia uteri
b. Retensio plasenta
c. Solusio plasenta
d. Inversion uteri
e. Prolaps uteri
Jawaban : A

8. Seorang perempuan usia 35 tahun melahirkan di BPM. Pada saat 2 jam postpartum baidan melakukan pemeriksaan di dapatkan uterus tidak berkontraksi dan terdapat perdarahan darai jalan lahir, TD 90/70 mmHg, S : 36 c R :18 x/m, dan N 80 x/m.
apakah tindakkan segera berdasarkan kasus di atas?
a. Manual plasenta
b. Eksplosiasi rahim
c. Kompresi bimanual interna
d. Memberikan tampon pada vagina
e. Merujuk
Jawaban : C

9. Bidan melakukan kunjungan rumah pada seorang perempuan berusia 35 tahun P3 A0 postpartum 6 hari. Hasil pemeriksaan TTV dalam batas normal, TFU 2 jari di atas sympsis.
Apakah asuhan yang di berikan bidan pada klien dalam kasus di atas?
a. Memastikan involusi uterus berjalan dengan normal
b. Mencegah perdarahan masa nifas karena atonnia uteri
c. Mendeteksi dan merawat penyebab lain perdarahan
d. Pemberian ASI awal kepada ibu
e. Menjaga bayi tetap sehat dengan cara mencegah hipoternia
Jawaban : A

10. Seorang perempuan berusia 40 tahun P4 A1 postpartum 3 minggu, datang ke BPM dengan keluhan demam tinggi menggigil, nyeri bagian perut bawah, kembung, ahsil pemeriksaan TD 110/80 mmHg, nadi 100 x/m, R 25 x/m, S 39 c,PD cavum douglas menojol dan fungsi kavum douglas berisi pus.
Apakah diagnose pada kasus di atas?
a. Metritis
b. Peritonitis
c. Abses pelvic
d. Mastitis
e. Selulitis
Jawaban : A
11. Seorang ibu hamil berusia 28 th G2 P1 A0 hamul 36 minggu datang ke BPS diantar oleh keluarganya, dengan tidak sadar, saat di rumah Ny. teti mengalami kejang-kejang hasil pemeriksaan di lakukan oleh bidan di dapatkan TD 160/110 mmHg, nadi 100 x/m, pernafasan 16 x/m, DJJ irregular, TFU 3 jari di bawah PX, presentasi kepala, punggung kanan, dan oedema pada wajah, tangan dan kaki.
Apakah diagnose yang tepat untuk kasus di atas?
a. Eklampsia
b. Pre eklampsia
c. Pre eklamsia ringan
d. Pre eklamsia sedang
e. Hypermesis gravidarum
Jawaban : A

12. Seorang ibu hamil 32 th G1 P0 A0 hamil 29 minggu, datang ke BPS dengan keluhan mengeluarkan darah banyak dari jalan lahir, merah segar, tidak di sertai nyeri perut. Hasil pemeriksaan TD 90/60 mmHg, nadi 80 x/m, pernafasan 16 x/m, KU lemah pucat.
Apakah diagnose yang tepat untuk kasus di atas?
a. Solusio plasenta
b. Plasenta previa
c. Rupture uteri
d. Abortus imminens
e. Abortus in complete 
Jawaban : B
13. Seorang ibu hamil G1 P0 A0 umur 20 th datang ke klinik bersama suaminya untuk memeriksakan kehamilannya. Dengan keluhan pusing dan nyeri kepala kadang-kadang di sertai muntah, dan penglihatan kabur. Setelah di periksa bidan tekanan darah 140/90 mmHg, nadi 80 x/m dan pernafasan 100 x/m,
apakah diagnose yangdapat di tegakkan pada kasus di atas?
a. Hipertensi
b. Pre eklamsi
c. Hyperemesis gravidarum
d. Pre eklamsia berat
e. Pre eklamsi ringan
Jawaban : A

14. Seorang ibu nifas berusia 26 th, postpartum 4 hri yang lalu di tolong oleh dukun. Anaknya meninggal dunia setelah lahir lama persalianan 2 hari di mena sebelumnya ketuban telah pecah. Datang ke klinik dengan keluhan sejak 3 hari yang lalu mengalami panas , menggigil, luka perineum tampak kemerahan, bengkak dan mengeluarkan pus dari hasil pemeriksaan TFU 2 jari di bawah pusat, TD 100/60 mmHg, nadi 90 x/m, RR 20 x/m, T 39 C.
apakah faktor prediposisi dari kasus di atas?
a. Kondisi ibu kemah
b. Anak lahir mati
c. Distosa bahu
d. Partus lama
e. Robekkan jalan lahir
Jawaban : D

15. Seorang ibu hamil berusia 26 tn, G3 P2 A0 usia kehamilan 12 minggu datang ke rumah sakit bersama suaminya, dengan keluhan perdarhan sedikit, mengeluh mual, muntah, 4-5 kali sehari. Hasil pemeriksaan TD 140/90 mmHG, TFU 3 jari di bawah pusat, ballotemen (-), DJJ (-).
Manakah tindakkan yang tepat di lakukan untuk penanganan kasus diatas?
a. Curretase
b. Kemoterapi
c. Histerektomi
d. histerotomi
e. Evakuasivakum
Jawaban : A

16. Seorang ibu hamil G4 P3 A0 berusia 27 th hamil atern datang ke polindes dengan keluhan kejang-kejang pada pemeriksaan tanda vital di peroleh tekanan darah 190/40 mmHg, muka tangan, kaki oedem, pada pemeriksaan VT pembukaan serviks 5 cm.
apakah yang di harus di lakukan pada ibu sebelum di rujuk ke RS?
a. Berikan O2
b. Tiduekan miring kiri
c. Berikan infuse RL
d. Berikan lukosakalsium
e. Berikan MgSO4.
Jawaban : E

17. Seorang ibu hamil G1 P0 A0 berusia 36 th datang ke klinik dengan keluhan waktu bangun tidur mengeluarkan darah segar lewat jalan lahir keluhan tidak di sertai nyeri perut keadaan umum lemah, pucat, pada pemeriksan tanda vital di peroleh tekanan darah 90/60 mmHg, 80 x/m pada pemeriksaan lab Hb 8,4 gr %.
manakah penangan yang tepat untuk kasus di atas?
a. Transfuse darah
b. Konseling dan rujuk
c. Infuse NaCl 0,9 % dan rujuk
d. Infuse NaCl 0.9%, informed consent dan rujuk
e. Informed consent da rujuk
Jawaban : D

18. Seorang ibu hamil berusia 29 th G2 P0 A1 hamil 40 minggu janin tunggal hidup intra uterin dengan letak kepala. TFU 39 cm, dari pemeriksaan yang di lakukan di dapatkan hasil bahwa pembukaan sudah lengkap dengan kepala di HIV. Setelah di pimpin meneran 45 menit akhirnya kepala lahir, tetapi bahu anterior macet simpisis pubis. Selama hamil ibu tersebit mengeluh banyak makan, banyak minum dan ngemil,
apakah diagnose yang tepat untuk kasus di atas?
a. Partus lama
b. Distosa bahu
c. Partus tidak maju
d. Kepala bayi macet
e. Bayi besar
Jawaban : B

19. Seorang bayi hamil beruisa 35 th, P5 A0, datang ke klinik dan telah melahirkan bayi laki-laki. Placenta lahir lengkap 25 menit setelah di berikan injeksi oksitosin ke 2. Perdarahan 500 cc, kontraksi uterus lembek, TFU setinggi pusat, TD 100/70 mmHg, keadaan umum lemah, nadi 100 x/m.
apakah tindakkan selanjutnya yang harus di lakukan oleh bidan untuk mengatasi perdarahan tersebut?
a. Berikan ergometrin 0,2 IM
b. Lakukan kompersi bimanual interna
c. Lakukan kompersi bimanual eksterna
d. Pasang infuse RL 500 ml + iksitosin 20 unut
e. Mengecek kelengkapan plasenta
Jawaban : B

20. Seorang perempuan berusia 26 th ke klinik mengeluh sudah 2 bulan tidak menstruasi, perut bawah nyeri dan mengeluarkan bercak darah berwarna coklat, hasil pemeriksaan dalam belum ada pembukaan portio, nyeri goyang, PP test(+).
Apakah diagnose yang tepat untuk kasus di atas?
a. Molla hidatidosa
b. abortus incipens
c. Abortus imminens
d. Abortus incomplete
e. Kehamilan ektopik terganggu
Jawaban : E
21. ibu dian umur 25 th datang ke klinik bidan untuk memeriksa keadaanya di mana keluhan mual muntah terus-menerus, tidak ada nafsu makan, tidak menstruasi selama 2 bulan, hasil pemeriksaan di temukan TD: 90/60 mmHg, N:96 x/m, S:38 C, R: 18 x/m dan hasil planotes (+) hamil. Berdasarkan kasus di atas,
diagnosa yang di tegakkan untuk ibu dian adalah…
a. hipermesis gravidarum I
b. hipermesis tingkat I
c. hipermesis tingkat II
d. hipermesis tingkat III
e. hipermesis tingkatIV
Jawaban : C

22. ibu Sera umur 28 th, G1 P0 A0 usia kehamilan 36 minggu, datang kle klinik bidan TD:120/80 mmHg, RR :20 x/m, N: 89 x/m,TFU 36 cm, DJJ 132 x/m, dan kepala sudah memasuki PAP. Pada kasus di atas TBJ ibu sara adalah… 
a. 3750 kg 
b. 3875 kg 
c. 4030 kg 
d. 4185 kg 
e. 4340 kg 
Jawaban : B

23. Dari kasus di atas no 2, diagnosa yang tepat untuk ibu sera adalah…
a. Polyhydramnion
b. Diabetes mellitus
c. Gangguan ginjal
d. Diabetes insipideus
e. Diabetes mellitus gestasional 
Jawaban : E

24. Ibu ani 35 th, hamil ke 3 datang ke klinik bidan bersalin dengan amenorhoe 3 bulan, ibu merasa sering mual, kadang-kadang muntah dan hasil pemeriksaan TD :120 /70 mmHg, R:19 x/m, N 90 x/m, TFU 3 jari di bawah pusat, tidak teraba balotemen dan hasil pemeriksaan PPV :darah kecoklatan. Berdasarkan kasus di atas,
diagnose yang tepat pada ibu ani adalah…
a. Kehamilan dengan hipermesis gravidarum
b. Kehamilan dengan abortus imminens
c. Kehamilan dengan molahidatidosa
d. Kehamilan dengan ektopik terganggu
e. Kehamilan dengan dengan anemia 
Jawaban : C

25. Ibu retno umur 36 th G1 P0 A0 hamil 30 minggu datang ke klinik bidan bersalin dengan keluhan waktu bangun tidur mengeluarajan darah segar lewat jalan lahir dan tidak di serta dengan nyeri. Hasil pemeriksaan KU lemah, pucat , TD :90/60 mmHg, HB:8,4 gr %.
Diagnose yang tepat pada ibu retno adalah…
a. Rupture uteri
b. Abortus immeniens
c. Plasenta previa
d. Solusio plasenta
e. Abortus incomplete 
Jawaban : C

26. Ibu ari umur 23 th, G1 P0 A0 datang ke klinik bidan dengan keluhan keluarnya flek item dari alat kelamin sejak 2 hari yang lalu. Hasil pemeriksaan TFU 3 jari di atas simpisis, inspekulo keluar darah dari OUE dan tidak ada pembukaan.
Berdasarkan kasus di atas diagnose yang di tegakkan pada ibu ari adalah…
a. Blighted ovum
b. Abortus insipens
c. Abortus imminens
d. Abortus incomplete
e. Inplantation bleeding 
Jawaban : C

27. 2 minggu kemudaian ibu ari datang ke klinik bidan, belum mengeluarkan jaringan, pertu mules dan hasil pemeriksaan, TD: 110/50 mmHg, N: 90 x/m, pemeriksaan dalam teraba jaringan.
Diagnose ibu ari sekarang..
a. Abortus insipiens
b. Abortus imminens
c. Abortus complete
d. Abortus habitualis
e. Abortus incomplete 
Jawaban : E

28. Ibu Ria G6 P3 A2 umur 34 th, hamil 29 minggu, datang ke rumah sakit dengan keluhan perdarahan pervaginaan merah kehitaman, nyeri perut menetap, gerakkan janin tidak keras, TD :120/80 mmHg, N:80 x/m, dan S: 37 C.
diagnose yang tepat dapat di tegakkan pada kasus ibu ria diatas adalah…
a. Vasa pravia
b. Plasenta previa
c. Solusio plasenta
d. Plasenta letak rendah
e. Hipertensi pada kehamilan 
Jawaban : C
29. Komplikasi yang terjadi pada kasus di atas adalah..
a. Bayi baru lahir normal
b. Kecil masa kehamilan
c. Besar masa kehamilan
d. Intra uterine foetal death
e. Partus premature 
Jawaban : D

30. Ibu rita umur 35 th G2 P1 A0, umur kehamilan 29 minggu datang ke rumah sakit dengan keluhan cepat lelah, sesak nafas, dan keluhan tersebut hilang saat istirahat. Pada pemeriksaan fisik di dapatkan palpasi dan oedema ditangan dan tunkai. TD :110/80 mmHg, N: 90 x/m,
berdasarkan kasus di atas diagnose yang di tegakkan untuk ibu rita adalah…
a. Penyakit jantung kelas I
b. Penyakit jantung kelas II
c. Penyakit jantung kelas III
d. Penyakit jantung koroner
e. Penyakit jantung akut 
Jawaban : B

31. Seorang perempuan berusia 27 th G1 P0 A0 usia kehamulan 10 minggu datang bersama suami ke klinik dengan keulhan mual muntah setiap makan, hasil pemeriksaan fisik di peroleh KU ibu baik, pada pemeriksaan tanda vital sign di peroleh tekanan darah 110/80 mmHg, denyut nadi 88 x/m, frek nafas 20 x/m, suhu 36,5 C.
bagaimanakah cara mengatasi keuhan pada kasus di atas?
a. Makan makanan asam
b. Makan makanan yang pedas
c. Makan coklat sedikit demi sedikit
d. Makan sedikit-sedikit tapi sering
e. Sering makanan yang bersantan
Jawaban : D

32. Seorang wanita berusia 25 th usia kehamilan 38 minggu,datang bersana suami kebidan praktek mandiri, dengan keluhan perutnya mulas-mulas yang semakin sering, hasil pemeriksaan hasil pemeriksaan fisik di peroleh keadaan umum baik, TD :110/70 mmHg, nadi 80 x/m, fekuensi nafas 24 x/m, TFU 30 cm, kepala sudah masuk 2/5, hasil VT: porito tipis lunak, pembukaan serviks, pembukaan serviks 8 cm, selaput keruban masih utuh, presentasi kepala, penurunan di hodge II.
Apakah diagnosis untuk kasus di atas?
a. Inpartus kala I fase laten
b. Inpartus kala I fase aktif
c. Inpartus kala I fase aktif akselarasi
d. Inpartus kala I fase aktif deselarasi
e. Inpartus kala I fase laten memanjang 
Jawaban : D

33. Seorang wanita berusia 26 th datang ke klinik bersalin, klien mengatakan melahirkan anak pertama 40 hari yang lalu, belum perbah menggunajan kontrasepsi, pada pemeriksaan fisik di perolej keadaan umum baik, pada pemeriksaan tanda vital di peroelh keadaan umum baik, pada pemeriksaan tanda vital di peroleh tekanan darah 120/70 mmHg, nadi 80 x/m, frekuensi nafas 24 x/m, hasil pemeriksaan terdapat varises dan hipertensi.
apakah alat kontrasepsi yang cocok untuk perempuan dalam kasus di atas?
a. Oil
b. IUD
c. Suntik
d. Implant
e. MOW 
Jawaban : E

34. Seorang wanita usia 30 th 2 minggu post partum, saat kunjung ke rumahnya ibu mengeluh demam delama 2 hari ini,payudara teraba panas, tegang dan nyeri. Ibu tidak berani untuk menyusui. Hasil pemeriksaan di dapatkan keadaan umum ibu lemah dan tamoal kesakitan, suhu 38,5 C, payudara merah, tegang dan bengkak. Fundus uteri tidak teraba, pengeluaran lochea alba.
Apakah diagnose pada kasus di atas?
a. Bendungan ASI
b. Peradangan
c. Fisiologis
d. Mastitis
e. Infeksi 
Jawaban : A

35. Seorang wanita berusia 22 th 3 hari postpartum, saat ini kunjungan ke rumahnya ibu mengeluh ada pengeluaran cairan berwarna merah kekuningan berisi darah dan lendir pada daerah kewanitaanya bidan melakukan pemeriksaan pada pemeriksaan vital sign :TD 90/70 mmHg, S 36,5 C R 18 x/m, dan N 80 x/m.
apakah diagnosis pada kasus diatas?
a. Lochea rubra
b. Lochea sanguinolenta
c. Lochea serosa
d. Lochea alba
e. Lochiostatis 
Jawaban : B

36. Seorang wanita berusia 38 th mengaku telah melahirkan anak ketiganya 2 hari yang lalu di RSUD cianjur. Saat ini ibu mengeluh pusing dam pengelihatan kurang jelas. Menurut pengakuannya, saat hamil 8 bulan tekanan darahnya meningkat. Hasil pemeriksaan TD:150/110 mmHg, protein urine +2 dan pada ekstremitas bawah terlhat oedema.
Apakah diagnose medis yang paling tepat pada kasus di atas?
a. Eklamsi
b. Hipertensi
c. Pre eklamsi berat
d. Pre eklamsi ringan
e. Pre eklamsi sedang 
Jawaban : D

37. Seorang wanita usia 35 th usia kehamilan 4 minggum datang ke BPM dengan keluhan kram pada perut,, perdarahan di sertai bercak dan sedang dari kemaluannya, hasil pemeriksaan vital sign di peroleh TD :110/60 mmHg, N :97 x/m, R :24 x/m, S: 37,5 C pada pemeriksaan dalam serviks tertutup.
Apakah diagnose pada kasus diatas?
a. Abortus komplit
b. Abortus ainsipens
c. Abortus immnens
d. Abortus inkomplit
e. Abortus mola 
Jawaban : C

38. Seorang wanita usia 24 th P1 A0, telah melahirkan bayi secara spontan. 30 menit yang lalu di BPM, bidan telah melakukan penyutikan oksitosin 1 dan 2, massae uterus, pemeriksaan vital sign diperoleh TD:110/70 mmHg N: 82 x/m, R :24 x/m, S : 37 C dari hasil pemeriksaan di dapatkan ibu mengalami perdarahan, plsenta lahir lengkap , kandung kemih kosong.
Apakah diagnose pada ibu tersebut?
a. Solutio plasenta
b. Robekkan serviks
c. Sisa plasenta
d. Atonia uteri
e. Inversion uteri 
Jawaban : C

39. Seorang wanita berusia 21 th G1 P0 A0 hamil 20 minggu datang ke BPM untuk pertama kali ANC.hasil pemeriksaan dalam keadaan normal, pada pmeriksaan vital sign di peroleh tekanan darah 110/70 mmHg, nadi 80 x/m, pernafasan 24 x/m, suhu 36 C, asuhan kebidanan yang di berikan oleh bidan adalah memberiksan imunisasi tetanus toksoid.
Apakah tujuan tindakkan yang di lakukan ?
a. Mencegah tetanus pada ibu
b. Mencegah tetanus pada bayi
c. Mencegah tetanus pada petugas
d. Mencegah tetanus pada ibu dan bayi
e. Mencegah tetanus pada petugas dan ibu 
Jawaban : B

40. Seorang wanita usia 28 th telah melahirkan bayi sehat dan normal di BPm, keadaan umum ibu normal, pada pemriksaan tanda vital sign di peroleh tekanan darah 120/80 mmHg, nadi 82 x/m, pernafasan 25 x/m, S :37 C saat ini tangan di sertai tekanan pada atas simfisis, tali pusat di tegakan maka bila tali pusat masuk (belum lepas), jika diam atau maju( sudah lepas).
Apakah nama metode pengeluaran plasenta yang dilakuakn oleh bidan ?
a. Kustner
b. Kein
c. Strassman
d. Ducan
e. Schultze 
Jawaban : A

41. Seorang perempuan, usia 35 th sudah memiliki 2 orang 2 anak, 3 th dan 1 th, datang ke puskesmas untuk ber KB. Hasil pengkajian pasien belum pernah ber KB. Pada dokumtentasi bidan menggaris bawahi usia pasien.
Apakah alasan bidan menganggap usia peting di perhatikan pada kasus tersebut?
a. Usia 35 tahunan batas resiko
b. Pasien terlambat ber KB
c. Pasien belum pernah ber KB
d. Karena pasien sudah memiliki 2 anak
e. Untuk penentuan alternative KB yang di pilih
Jawaban : E
42. Seorang perempuan berusia 26 th datang ke BPM. Ingin menggunakan kontrasepsi jangka panjang AKDR untuk tidak memiliki anak lagi. Hasil pemeriksaan planotes (-) dan sedang haid hari ke 3.
Apakah tindakkan awal di lakukan bidan tersebut?
a. Melakukan pemasangan AKDR
b. Memberikan inform KB AKDR
c. Memberi konseling peralatan AKDR
d. Mempersiapkan peralatan AKDR
e. Memeberikan inform choice kontrasepsi.
Jawaban : B

43. Bidan datang kerumah seseorang perempuan berusia 35 th. Keluhan 1 bulan postpartum anak ke 4 dan ingin menghentikan kehamilannya dengan menggunakan alat kentrasepsi. Dari hasil pemeriksaa TD 110/80 mmHg, N 70 x/m, RR 6 x/m, perdarahan post partum (-).
Apakah alat kontrasepsi yang sebaiknya di sarankan untuk perempuan tersebut?
a. Metode kontrasepsi sederhana tanpa alat
b. Kontrasepsi sederhan dengan alat
c. Kontrasepsi hormonal
d. Kontrasepsi non hormonal
e. Kontrasepsi mantap
Jawaban : E

44. Seorang perempuan umur 29 th datang eke BPM. Keluhan melahirkan 40 hri yang lalu, anak pertama, sedang menyusui dan belum mau melakukan hubungan intim karena takut hamil. Dari pemeriksaan TD 110/70 mmHg, N 89 x/m, RR 24 x/m, S 36,50 C.
apa pil keemasan isi 28 ysng di berikan bidan untuk kasus tersebut?
a. 75 norgestrel
b. 00 norgestrel
c. 200 norgestrel
d. 300 norgestrel
e. 350 norgestrel
Jawaban : A

45. Seorang perempuan berusia 28 th datang ke klinik bersalin. Keluhan telah memakai pil kombinasi selama 1 th, sekarang mengalami bercak-bercak perdarahan di luar haid. Dari hasil pemeriksaan TTV normal,muka berjerawat dan BB meningkat 15 kg.
apakah masalah ganguan haid pada kasus di atas?
a. Menoragia
b. Metroagia
c. Polimenorhea
d. Oligomenorhea
e. Hipermenorhea
Jawaban : D

46. seorang perempuan usia 26 th datang keklinik telah melahirkan 6 bulan lalu, belum Kb, ingin memakai alat kontrasepsi dan sedang menyusui. Hasil pemeriksaaan TD 120/70mmHg, planotest (-) dan masa pemberian ASI ekslusif.
Apakah tindakkan yang paling utama dailakukan bidan pada perempuan tersebut?
a. Pemeriksaan fisik pada klien
b. Pemberian alat kontrasepsi KB pada klien
c. Lakukan konseling KB pada klien
d. Memberikan informed choice pada klien
e. Memberikan inform consent pada klien
Jawaban : C

47. Bidan datang ke rumah seoarng perempuan berusia 27 th, telah melahirkan anak ke 5 2 bulan yang lalu. Dengan keluhan ingin menghentikan kehamilannya, sedang menyusui dan ingin memakai KB. Hasil pemeriksaan terdapat varices berat pada tungkai, TD 50/100 mmHg dan pernah terkena penyakit storek.
Apa yang di gunakan untuk klien tersebut dengan metode kontrasepsi maksimal?
a. 8 tahun
b. 5 tahun
c. 3 tahun
d. 7 tahun
e. 2 tahun
Jawaban : B

48. Seorang perempuan usia 23 th, menikah 1 bulan yang lalu datang ke klinik bersalin. Dengan keluhan belum ingin memiliki anak, suami bekerja di luar kota dan akan menggunakan KB kondom. Dari hasil anamnesa suami mempunyai riwayat ejakulasi dini .
apakah efek samping utam pada penggunaan KB tersebut?
a. Ekspulsi
b. Keputihan
c. Reaksi alergi
d. Infeksi saluran uretera
e. Timbul cairan vagina yang berbau
Jawaban : C

49. Ny. V usia 42 th, mengalami menstruasi tidak teratur kurang lebih 6 bulan, saat ini setiap menstruasi perdarahan banyak keluar stosel. Datang ke bidan, hasil pemeriksaan fisik TD 120/70 mmHg, N 120 x/m dan cepat. R 29 x/m, pemeriksaan abdomen teraba masa berbenjol-benjol.
Tindakkan sementara dalam mengatasi perdarahan Ny. V yang dapat di berikan adalah..
a. Roboransia
b. Uterotonika
c. Hormone estrogen
d. Suntikan antikoagulan
e. Hormone progesterone
Jawaban : B

50. Seorang ibu usia 27 th mekahirkan anak ke 2 berusia 2 bulan, masih menyusui dan belum mendapatkan haid. Datang ke bidan dengan maksud ingin ber KB yang tidak mengganggu kelancaran ASI, hasil pemeriksaan TTV normal.
apakah konseling kontrasepsi yang tepat di berikan bidan pada kasus tersebut?
a. Kontap
b. Implant
c. Suntikan
d. Pil kombinasi
e. Mal sampai bayi berusia 6 bulan
Jawaban : E

Demikian artikel tentang √ Latihan Soal dan Kunci Jawaban SKB Formasi Bidan CPNS 2019. Semoga bermanfaat...
Advertisement

Baca juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar