Skip to main content

√ 70 Latihan Soal USBN Sejarah Indonesia SMA 2019 dan Kunci Jawaban

√ 70 Latihan Soal USBN Sejarah Indonesia SMA 2019 dan Kunci Jawaban
Halo sobat, kembali lagi dengan soalprediksi.com. Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan latihan soal USBN sejarah Indonesia SMA dan kunci jawaban terbaru 2019. Yang bisa sobat kerjakan lewat online maupun menggunakan opsi satunya, yaitu mendownload dokumen PDF yang tersedia di bawah keseluruhan latihan soal usbn online di artikel ini.

Seperti pada judul, terdapat 70 contoh latihan soal sejarah Indonesia SMA. Seluruh soal tergabung dalam soal pilihan ganda dan soal uraian. Soal pilihan ganda usbn sejarah indonesia ini sudah tersedia kunci jawaban. Sedangkan untuk soal uraian, tidak ada kunci jawaban. Oleh karena itu sobat bisa mencarinya lewat internet/buku terkait.

Walau pun keseluruhan soal hanya bersifat sebagai contoh soal usbn sejarah indonesia saja. Akan tetapi jangan salah, soal yang dibagikan ini bisa sobat jadikan sebagai Prediksi Soal USBN Sejarah Indonesia SMA 2019

Alasannya karena semua butir soal sudah disesuaikan dengan materi pada kisi - kisi USBN sejarah Indonesia terbaru tahun ajaran 2018/2019 yang telah dibagikan pihak BSNP pada waktu lalu.

√ 70 Latihan Soal USBN Sejarah Indonesia SMA 2019 dan Kunci Jawaban

√ 75 Latihan Soal USBN Sejarah Indonesia SMA 2019 dan Kunci Jawaban

USBN berbeda dengan UNBK yang dimana keseluruhan soalnya diproses oleh pemerintah pusat. Soal USBN terdiri dari gabungan 25% sebagai anchor soal/soal pusat, sedangkan untuk 75% sisanya dibuat oleh masing - masing dinas pendidikan kabupaten/'kota/provinsi terkait.

Di mata ujian USBN sejarah Indonesia ini juga begitu. Dan mungkin bisa sobat jadikan peringkat #1 sebagai juara pemenuhan kebutuhan latihan soal USBN di tahun mendatang.

Semoga aja sih.

Baiklah, itu saja sih pendahuluannya. Berikut ini adalah √ 75 Latihan Soal USBN Sejarah Indonesia SMA 2019 dan Kunci Jawaban. Selamat mengerjakan..

OH IYA, soal ini bisa copy paste asal tidak untuk keperluan posting ulang. Selain itu, untuk memudahkan sobat dalam pembelajaran, admin menyarankan untuk men-DOWNLOAD dile PDF di link berikut ini. 

√ 70 Latihan Soal USBN Sejarah Indonesia SMA 2019 dan Kunci Jawaban PDF, DOWNLOAD

Tapi gak masalah juga sih, jika ingin melihat "seperti apa sih contoh soal+jawaban-nya".


PILIHAN GANDA
1. Peristiwa Rengasdengklok merupakan peristiwa penculikan Soekarno dan Bung Hatta ke Rengasdengklok yang terjadi pada tanggal 16 Agustus 1945. Penculikan tersebut dilakukan oleh kalangan pemuda dalam rangka mempercepat pelaksanaan proklamasi kemerdekaan Indonesia. Peristiwa ini dilatarbelakangi adanya perbedaan sikap antara kalangan tua dan pemuda tentang kapan proklamasi dilaksanakan. Tujuan dari peristiwa teresebut adalah untuk mengamankan Soekarno-Hatta agar tidak terpengaruh oleh Jepang dan proklamasi kemerdekaan segera dilakanakan. Dari deskripsi tersebut dapat disimpulkan bahwa sejarah menunjukkan sejarah sebagai peristiwa yang telah terjadi pada lampau, karena ....
A. peristiwa sejarah ditempatkan sebagai fakta, kejadian dan kenytaan yang benar-benar terjadi pada masa lampau
B. peristiwa merupakan rekonstruksi peristiwa sejarah yang dialami bangsa Indonesia untuk bangkit dari penjajah
C. peristiwa masa lalu yang dikisahkan kembali melalui sebuah penulisan karya sejarah
D. peristiwa yang terjadi pada saat itu disebabkan karena adanya peristiwa yang terjadi sebelumnya.
E. sejarah merupakan kumpulan peristiwa masa lalu yang direkonstruksikan sesuai jamanya

Jawaban : A

2. Perhatikan gambar-gambar dibawah ini: 

Gambar tersebut adalah beberapa contoh sumber sejarah. Manakah yang merupakan sumber sejarah tertulis ?
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5 

Jawaban : D

3. Perhatikan teks berikut ini.
Dengan membaca dan mempelajari sejarah, kita merasa dibawa berpetualang menembus dimensi ruang dan waktu. Tanpa beranjak dari tempat, kita dibawa oleh sejarah untuk menyaksikan peristiwa-peristiwa yang jauh dari kita yang mungkin saja kita tidak tahu tempatnya atau kita tidak pernah ikut menyaksikan kejadian tersebut. Sejarah memberikan kepuasan dan keasyikan tersendiri dengan menyelami kisah demi kisah.

Teks tersebut menunjukkan salah satu kegunaan sejarah, yaitu kegunaan ... . 
A. edukatif (memberi pelajaran)
B. inspiratif (memberi inspirasi)
C. instruktif (membantu pengajaran) 
D. rekreatif (memberi kesenangan)
E. aspiratif (menerima aspirasi) 
Jawaban : D

4. Perhatikan data dibawah ini :
1) Zaman kolonialisme Belanda
2) Zaman perkembangan Islam
3) Zaman Hindu-Budha
4) Zaman pendudukan Jepang
5) Zaman revolusi
Urutan periodisasi sejarah indonesia yang benar adalah.... 
A. 1 – 2 – 3 – 4 – 5
B. 2 – 3 – 1 – 5 – 4
C. 3 – 2 – 1 – 4 – 5
D. 4 – 5 – 3 – 2 – 1
E. 5 – 4 – 1 – 2 – 3 

Jawaban : C

5. Ilmu sejarah merupakan suatu ilmu yang memiliki hubungan erat dengan kehidupan manusia. Setiap kehidupan manusia terdapat berbagai peristiwa. Oleh karena itu jika seorang sejarawan akan menulis kembali peristiwa tersebut terdapat beberpa konsep berfikir yang harus diterapkan. Salah satu konsep berfikir yang digunakan seorang sejarawan sinkronik, yaitu ....
A. mengutamakan urutan terjadi peristiwa-peristiwa sejarah
B. mengkaji peristiwa sejarah yang terjadi pada masa tertentu
C. mempelajari peristiwa berdasar pembabakan suatu masa
D. penulisan sejarah berdasrkan realitas suatu peristiwa
E. penulisan sejarah berdasrkan catatan-catan suatu perjalanan 

Jawaban : B

6. Perhatikan kutipan berikut ini.
Mengenai kisah hidup Presiden Soekarno, semasa kecilnya ia tidak tinggal bersama dengan orang tuanya yang berada di Blitar. Ia tinggal bersama kakeknya yang bernama Raden Hardjokromo di Tulung Agung, Jawa Timur. Soekarno bahkan sempat bersekolah disana walaupun tidak sampai selesai ikut bersama dengan orang tuanya pindah ke Mojokerto.

Di Mojokerto, Soekarno kemudian di sekolahkan di Eerste Inlandse School dimana ayahnya juga bekerja disitu sebagai guru. Namun ia dipindahkan tahun 1911 ke ELS (Europeesche Lagere School) yang setingkat sekolah dasar untuk dipersiapkan masuk di HBS (Hogere Burger School) di Surabaya.
Dari kutipan kisah tersebut, manakah yang lebih tepat dikategorikan konsep waktu dalam sejarah
A. Semasa kecil
B. Berada di Blitar
C. Tinggal bersama kakek
D. Pindah ke Mojokerto
E. Dipersiapkan masuk HBS 

Jawabam : A

7. Perhatikan paparan berikut ini.

Tengkorak Pithecanthropus erectus dari Trinil sangat pendek tetapi memanjang ke belakang. Volume otaknya sekitar 900 cc, di antara otak kera (600 cc) dan otak manusia modern (1.200-1.400 cc). Tulang kening sangat menonjol dan di bagian belakang mata, terdapat penyempitan yang sangat jelas, menandakan otak yang belum berkembang. Pada bagian belakang kepala terlihat bentuk yang meruncing yang diduga pemiliknya merupakan perempuan. Berdasarkan kaburnya sambungan perekatan antartulang kepala, ditafsirkan individu ini telah mencapai usia dewasa.

Temuan Homo erectus juga ditemukan di Ngandong, yaitu sebuah desa di tepian Bengawan Solo, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Tengkorak Homo erectus Ngandong berukuran besar dengan volume otak rata-rata 1.100 cc. Ciri-ciri ini menunjukkan Homo erectus ini lebih maju bila dibandingkan dengan Homo erectus yang ada di Sangiran. Manusia Ngandong diperkirakan berumur antara 300.000-100.000 tahun.

Berdasarkan paparan tersebut dapat diketahui bahwa perbedaan Pithecantropus Erectus dan Homo Erectus terdapat pada ... . 
A. tulang kening
B. bagian belakang mata
C. sambungan antartulang kepala
D. jenis kelamin
E. volume otak

Jawaban : A

8. Perhatikan data tentang bangsa Proto dan Deutro Melayu di bawah ini. 


Manakah dari data di atas yang menunjukan keunggulan bangsa Deutro Melayu yang tepat?
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 1 dan 4
D. 2 dan 4
E. 3 dan 4

Jawaban : C

9. Proses masuk dan berkembangnya agama Islam di Indonesia telah membawa perubahan besar di dalam struktur sosial masyarakat Indonesia yang sebelumnya berkarakteristik Hindu-Buddha. Kehadiran agama Islam dapat diterima baik oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Faktor penyebab Islam berkembang pesat di Indonesia adalah ....
A. Hindu terdapat perbedaan status seseorang dalam masyarakat
B. pengaruh Hindu-Buddha hanya terdapat di kalangan istana
C. penyebaran agama Islam di masyarakt dilakukan secara damai
D. ajaran agama Islam mudah dipelajari oleh bangsa Indonesia
E. keimanan masyarakat Indonesia telah terbentuk sebelumnya 

Jawaban : D

10. Perhatikan paparan berikut ini.
Pada masa berburu dan mengumpulkan makanan, secara fisik manusia masih terbatas usahanya dalam menghadapi kondisi alam. Tingkat berpikir manusia yang masih rendah menyebabkan hidupnya berpindah-pindah tempat dan menggantungkan hidupnya kepada alam dengan cara berburu dan mengumpulkan makanan.

Berdasarkan paparan tersebut dapat diketahui bahwa salah satu karakteristik kehidupan manusia pada masa tersebut adalah ... .
A. mulai menetap
B. tinggal di pinggir pantai
C. hidupnya nomaden
D. tidak tergantung pada alam
E. mulai bercocok tanam 

Jawaban : C

11. Salah satu perbandingan yang benar tentang kehidupan ekonomi masa praaksara adalah .... 


Jawaban : E

12. Peninggalan kebudayaan manusia pra aksara seperti gerabah dan tembikar masih ada hingga sekarang, contohnya gentong, ulekan, dan kendi. Alasan kuat yang menyebabkan benda- benda tersebut masih digunakan hingga sekarang adalah….
A. benda-benda tersebut masih dimanfaatkan oleh manusia 
B. benda-benda tersebut masih mempunyai nilai keindahan 
C. benda-benda tersebut merupakan barang antik
D. berguna untuk sarana ibadah
E. berguna untuk kesehatan 

Jawaban : A

13. Berdasarkan tulisan-tilisan yang terdapat pada prasasti diketahui bahwa raja yang pernah memerintah di Tarumanegara adalah Raja Purnawarwan. Raja Purnawarwan merupakan raja besar yang telah berhasil meningkatkan kehidupan rakyatnya. Disebutkan bahwa kehidupan ekonomi kerajaan Tarumanegara telah teratur. Bukti dari penjelasanya tersebut adalah ...

A. kehidupan masyarakatnya mengalami perubahan kearah sejahtera sehingga terwujudnya kemakmuran
B. banyak diemukan peninggalan yang berupa candi-candi dan berbagai barang purbakala
C. wilayah kekuasaan kerajaan Tarumanegara meliputi seluruh Jawa bagian barat dan pantai utara Jawa
D. Raja Purnawarwan telah menggalang kerjasama dengan kerajaan-kerajaan lain di luar Nusantara
E. dibangunya terusan sepanjang 6122 tombak sebagai sarana mencegah banjir dan pelayaran 

Jawaban : E

14. Secara geografis, Kerajaan Mataram dikelilingi oleh rangkaian pegunungan dan sungai. Berdasarkan fakta tersebut, mata pencaharian masyarakat Kerajaan Mataram adalah ….
A. nelayan
B. petani
C. pedagang
D. undagi
E. saudagar 

Jawaban : B

15. Perhatikan pernyataan-pernyataan ini.
1. Adanya kaderisasi dalam pemerintahan
2. Masuk dan berkembangnya agama Islam
3. Perdagangan diambil alih oleh pedagang Islam dan Melayu
4. Terjadinya perang saudara
5. Banyak wilayah yang setia terhadap Majapahit
Berdasarkan data, faktor politik yang menyebabkan keruntuhan Majapahit adalah nomor….
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5 

Jawaban  D

16. Pada masa pendudukan Jepang di Indonesia, mereka melakukan berbagai tindakan yang mampu memberikan dampak bagi bangsa Indonesia. Di bidang ekonomi Jepang mengeksploitasi SDA/ SDM untuk kepentingan perang dan menerapkan sistem ekonomi perang dan sistem autarki (memenuhi kebutuhan daerah sendiri dan menunjang kegiatan perang). Kebijakan Jepang saat menduduki Indonesia tidak sepenuhnya merugikan, ada beberapa kebijakan yang memberi kesan positif bagi perkembangan bangsa Indonesia. Dampak positif pendudukan Jepang di bidang ekonomi bagi bangsa Indonesia saat ini adalah ....
A. sumber daya alam Indonesia diekploitasi secara besar-besaran 
B. Indonesia menjadi negara pengolah sumber bahan baku industri 
C. sumber daya alam Indonesia dikelola oleh perusahaan asing
D. diperkenalkan line system untuk peningkatan produksi pangan
E. masuknya investor asing ke Indonesia untuk memperbaiki ekonomi 

Jawaban : D

17. Perhatikan kutipan di bawah ini.
Pada masa kerajaan Islam, kegiatan perekonomian sudah maju dengan pesat. Berdirinya bandar-bandar atau pelabuhan tempat transaksi biasanya dilakukan adalah fakta yang menguatkan hal itu. Berbagai bandar itu tidak hanya disingahi oleh pribumi, tapi juga oleh orang asing/mancanegara.

Kutipan tersebut menunjukkan bahwa kehidupan ekonomi yang berkembang adalah bidang ….
A. pertanian
B. manufaktur 
C. perdagangan 
D. arsitektur
E. home industri 

Jawaban : C

18. Perhatikan paparan berikut ini
Strategi devide et impera yang diterapkan VOC terhadap Kerajaan Banten dengan membantu Sultan Haji yang berperang dengan ayahnya yaitu Sultan Ageng Tirtayasa, dapat dikategorikan sebagai faktor penyebab kemunduran Banten bidang ....
A. ekonomi
B. sosial 
C. budaya 
D. politik
E. multi etnis 

Jawaban : D

19. Perhatikan paparan di bawah ini.
Pada tahun 1453 kota Konstantinopel dikuasai oleh kerajaan Turki, kemudian Turki melarang bangsa-bangsa Eropa untuk datang dan berdagang di Konstantinopel. Hal ini mengakibatkan bangsa Eropa mengalami kesulitan untuk mendapatkan barang-barang produk Asia dan mendorong mereka datang di bumi Nusantara. Memperhatikan hal tersebut maka dapat disimpulkan bahwa kedatangan bangsa Eropa ke Indonesia motif awalnya adalah ….
A. mencari rempah-rempah 
B. membuktikan bumi bulat 
C. mencari kekayaan
D. penyebaran agama
E. memperluas wilayah 

Jawaban : A

20. Perhatikan paparan berikut ini
Perjuangan bangsa Indonesia setelah tahun 1908 merupakan perjuangan yang sudah menunjukkan karakter yang bersifat nasional. Perjuangan nasional juga dikenal dengan istilah Pergerakan Nasional, perjuangan ini lebih mengutamakan strategi ….
A. diplomasi dan organisasi
B. fisik dan kedaerahan 
C. fisik dan organisasi 
D. diplomasi dan fisik
E. non fisik dan kedaerahan 

Jawaban : E

21. Perhatikan pernyataan berikut ini:
1. Bersifat radikal
2. Non kooperatif
3. Menuju Indonesia merdeka
4. Bersifat modern
5. Bersifat kedaerahan
6. Mengembangkan perekonomian
Berdasarkan pernyataan di atas manakah dibawah ini yang termasuk strategi pergerakan nasional Indonesia pada masa kebangkitan nasional (1908-1942)
A. 1, 2, dan 3
B. 2, 3 dan 6
C. 1, 3, dan 4
D. 2, 3 dan 4
E. 4, 5 dan 6 

Jawaban : A

22. Biografi Ir. Soekarno
Ir. Soekarno presiden pertama Republik Indonesia yang akrab dipanggil Bung Karno lahir pada 6 Juni 1901 di Surabaya, Jawa Timur. Ayahnya Raden Soekemi Sosrodihardjo dan ibunya Ida Ayu Nyoman Rai. Ketika belajar di HBS, Ir. Soekarno menggembleng jiwa nasionalismenya. Ia aktif di organisasi pemuda Tri Koro Darmo.yang merupakan bentukkan dari Boedi Oetomo. Dan seiring berjalannya waktu organisasi ini dirubah oleh Soekarno menjadi Jong Java (Pemuda Jawa) pada tahun 1918. Kemudian ia mulai merumuskan ajaran Marhaenisme dan mendirikan PNI pada 4 Juli 1927, dengan tujuan Indonesia Merdeka. Akibat dari pendirian itu Belanda memasukkannya ke penjara Sukamiskin, Bandung pada 29 Desember 1929. Dari penjara inilah Soekarno membuat Pleidoi yang tersohor, Indonesia Menggugat. Ia memaparkan kebejatan Belanda, bangsa yang mengaku lebih maju itu.
Dari paparan di atas maka dapat kita simpulkan bahwa ... . 
A. Soekarno sangat mencintai bangsanya
B. Walaupun soekarno dalam perjuangannya harus dipenjara Soekarno tetap teguh berjuang menuju Indonesia Merdeka
C. Nasionalisme Soekarno telah tergembleng sejak kecil.
D. Pledoi Soekarno yang terkenal lahir ketika di penjara Sukamiskin
E. Soekarno merubah organisasi Tri Koro Darmo menjadi Jong Java pada tahun 1918  

Jawaban : A

23. Perbedaan paham antara golongan muda dan golongan tua tentang proklamasi memicu munculnya banyaknya peristiwa, diantaranya....
1. penculikan golongan tua ke Rengasdengklok pada tanggal 16 Agustus 1945.
2. memenuhi Undangan Jendral Koiso ke Dalat Vietnam
3. informasi kekalahan Jepang yang diketahui oleh golongan muda
4. Menyiapkan teks proklamasi
5. Menyusun dasar negara dalam sidang PPKI
Dari uraian diatas manakah yang dilakukan oleh golongan tua menjelang proklamasi? 
A. 1, 2 dan 3
B. 1, 3 dan 5
C. 2, 3 dan 5
D. 2, 4 dan 5
E. 1, 3 dan 4 

Jawaban : D

24. Pada awal kemerdekaan, bangsa Indonesia belum memiliki Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Fungsi dan kedudukan DPR digantikan oleh KNIP yang berfungsi sebagai pembantu presiden sebelum MPR dan DPR terbentuk. Atas usulan KNIP pemerintah mengeluarkan maklumat tanggal 3 Nopember 1945 tentang pembentukan partai-partai politik. Berdasarkan ilustrasi tersebut dapat disimpulkan keterkaitan antara usulan KNIP dengan pembentukan partai-partai politik adalah ....
A. keinginan pemerintah membentuk partai politik
B. memberikan kesempatan rakyat mendirikan partai
C. persiapan bagi pembentukan DPR Januari 1946
D. keinginan pemerintah untuk membubarkan KNIP 
E. KNIP mempunyai tugas di bidang legislatif 
Jawaban : E

25. Proklamasi Kemerdekaan 1945 berarti bahwa bangsa Indonesia telah memutuskan ikatan dengan tatanan hukum sebelumnya. Tatanan Hindia Belanda ataupun tatanan hukum pendudukan Jepang. Dengan kata lain, bangsa Indonesia mulai saat itu telah mendirikan tatanan hukum yang baru, yaitu tatanan hukum Indonesia. Di dalamnya berisikan hukum Indonesia, yang ditentukan dan dilaksanakan sendiri oleh bangsa Indonesia. Sehari setelah proklamasi dikumandangkan, para pemimpin bekerja keras membentuk lembaga pemerintahan sebagaimana layaknya suatu negara merdeka.
Dari pernyataan diatas, makna penting yang dapat diambil dari pembentukkan pemerintahan ialah....
A. Indonesia bebas menentukan masa depan bangsanya
B. Indonesia sudah mampu berdiri tanpa bantuan negara lain
C. Indonesia sudah terlepas dari penjajahan bangsa lain
D. Indonesia dapat menyusun pemerintahan sendiri dengan tatanan hukum sendiri
E. Indonesia mampu membentuk lembaga pemerintahan sendiri 

Jawaban : D

26. Pertempuran di Surabaya yang kemudian dikenal sebagai peristiwa arek-arek Surabaya merupakan pertempuran yang sangat luar biasa. Surabaya di bombardir habis-habisan dari darat, laut dan udara. Sekutu yang kehilangan Jenderal Malaby, menjadi membabi buta menyerang warga Surabaya saat himbauannya tentang penyerahan senjata-senjata dan mengembalikan Jenderal Malaby diabaikan. Rakyat Surabaya semuanya melakukan perlawanan hingga menyebabkan banyaknya korban jiwa.

Dari ilustrasi diatas, strategi yang digunakan Bangsa Indonesia dalam pertempuran Surabaya, yaitu:
A. Perang terbuka 
B. Perang Puputan 
C. Bumi Hangus
D. Pagar Betis
E. Perang Gerilya 

Jawaban : A

27. Hasil perjuangan diplomasi Indonesia:
1. Diakuinya secara de facto atas Sumatera, Jawa dan Madura
2. Akan dibentuk negara RIS
3. Diakuinya Sumatera, Banten dan Yogyakarta
4. Akan dibentuk UNI Indonesia Belanda
5. Pemerintahan RI dikembalikan ke Jogjakarta, penghentian perang gerilya dan membebasan semua tahanan politik.
6. Indonesia dan Belanda bekerja sama dalam mengembalikan perdamaian dan menjaga ketertiban dan kemanan.
7. Masalah Irian Barat akan diselesaikan setahun setelah pengakuan kedaulatan 

Dari pernyataan di atas, manakah yang merupakan hasil perundingan Linggar Jati? 
A. 1, 2 dan 6
B. 1, 2, dan 4
C. 2, 3 dan 6
D. 2, 3 dan 5
E. 3, 4 dan 7 

Jawaban : B

28. Proklamasi kemerdekaan Indonesia, ibarat mimpi buruk bagi pemerintahan kolonial Belanda. Berbagai cara dan upaya di lakukan oleh Belanda untuk memecah belah Indonesia dan kemudian dapat dijajah kembali. Perhatikan pernyataan di bawah ini:
1. Kegagalan pada perjanjian Renville
2. Ingin merubah ideologi negara
3. Ingin bergabung dengan Belanda
4. Diberhentikannya Amir Syarifudin dari kabinet
5. Kekecewaan akan alokasi pembangunan antara pusat dan daerah
Pernyataan di atas yang merupakan latar belakang terjadinya pemberontakan PKI Madiun 1948, adalah ... . 
A. 1, 2 dan 3
B. 1, 3 dan 4
C. 2, 3 dan 4
D. 2, 3 dan 5
E. 1, 3 dan 5 

Jawaban : C

29. Perkembangan ekonomi pada masa Demokrasi Terpimpin, Presiden Soekarno menerapkan sistem ekonomi terpimpin. Dalam hal ini presiden langsung terjun dan mengatur perekonomian. Dalam rangka meningkatkan aktivitas perekonomian Presiden Soekarno menempuh beberpa langkah. Salah satu langkah tersebut adalah melaksanakan pembangunan nasional. Dalam pelaksaanaan pembangunan nasioanl diperlukan modal dan tenaga ahli. Untuk menyelesaikan masalah tersebut Presiden menyampaikan Deklarasi ekonomi ( Dekon).Tujuan dari Dekon adalah menciptakan ekonomi yang bersifat demokrasi bebas dari imperialisme. Pada pelaksanaannya Dekon tidak mengatasi kemrosotan ekonomi bahkan malah memberatkan rakyat. Program ini dianggap gagal, karena ....
A. kehidupan masyarakat pada umumnya masih di bawah taraf hidup
B. pendapatan perkapita masyarakat masih belum sesuai standar
C. semua program pemerintah pada saat itu untuk kepentingan politik
D. masih ada campr tangan pihak asing yang ingin mengusai perekonomian
E. tidak ada ukuran yang obyektif untuk menilai suatu usaha dan hasil usaha 

Jawaban : E

30. Pada masa Demokrasi Liberal terjadi jatuh bangun kabinet dimulai dari Kabinet Natsir sampai dengan Kabinet Djuanda. Kabinet Natsir merupakan kabinet pertama yang dibentuk setelah pembubaran negara Republik Indonesia Serikat, dan kembali menjadi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kabinet ini bertugas sejak 6 September 1950 hingga 20 Maret 1951. Kabinet ini tidak berlangsung lama, hal ini dikarenakan...
A. adanya mosi tidak percaya dari PNI menyangkut pencabutan peraturan pemerintah mengenai DPRD dan DPRDS
B. adanya pertukaran Nota keuangan antara Menteri Luar Negeri Indonesia Sobardjo dengan Duta Besar Amerika Serikat Merle Cochran
C. adanya kondisi krisis ekonomi yang disebabkan karena jatuhnya harga barang-barang ekspor Indonesia sementara kebutuhan import terus meningkat
D. keadaan ekonomi dan keuangan yang semakin buruk sehingga sulit dilaksanakan
E. munculnya pergolakan di daerah yang semakin menguat. 

Jawaban : E

31. Perhatikan pernyataan di bawah ini.
1. Struktur ekonomi Indonesia yang masih bercorak kolonial
2. Kegagalan sistem ekonomi Ali-Baba dan Plan Kasimo
3. Lemahnya pengusaha pribumi dalam persaingan dengan pengusaha asing
4. Dilaksanakanya program Senering oleh Syarifrudin Prawiranegara
Dari penyataan di atas, yang merupakan kondisi yang mendorong dikeluarkanya program ekonomi Gerakan Benteng oleh Sumitro Djojo Hadikusumo ditujukan dengan nomor….
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 1 dan 4
D. 2 dan 3
E. 3 dan 4 

Jawaban : B

32. Pada masa pemerintahan RIS muncul pembrontakan yang mengguncang stabilitas politik dalam negeri antara lain pembrontakan APRA di Jawa Barat tahun 1950. Tujuan APRA adalah mempertahankan bentuk negara federal Pasundan di Indonesia dan mempertahankan adanya tentara sendiri pada setiap negara bagian RIS. Usaha yang dilakukan pemerintah untuk menyelesaikan pembrontakan APRA tahun 1950 adalah ....
A. menangkap semua tentara Belanda yang terlibat dan diasingkan ke luar
B. melakukan tekanan terhadap pimpinan tentara Belanda dan operasi militer
C. melucuti senjata tentara Belanda yang dipakai pembrontak dan dimusnahkan
D. menarik semua tentara yang bertugas di setiap negara bagian RIS ke pusat
E. memusnahkan tempat-tempat persembunyian yang digunakan pembrontak 

Jawaban : B

33. Perhatikan pernyataan berikut ini.
1. Mengurangi jumlah peredaran uang dalam negeri. Kebijakan itu mengarah pada praktik devaluasi dari Rp. 1000 menjadi Rp. 100.
2. Pembekuan sebagian dari seluruh simpanan uang di bank-bank di seluruh Indonesia. Peraturan ini bertujuan untuk mengurangi banyaknya jumlah uang yang beredar di masyarakat.
3. membentuk Dewan Perancang Nasional (Depernas) dan melakukan sanering mata uang kertas yang nilai nominalnya Rp. 500 dan Rp. 1000 masing-masing nilainya diturunkan menjadi 10%
4. Menaikkan pendapatan dan menurunkan biaya ekspor serta melakukan penghematan secara drastis.
5. Melakukan pemotongan nilai mata uang yang nominalnya lebih dari 2,5 gulden dipotong
2 baik secara nilainya maupun fisiknya
6. Melindungi para penguasaha pribumi memberikan kredit impor kepada para pengusaha pribumi
Dari pernyataan di atas, manakah yang termasuk kebijakan ekonomi pada masa Demokrasi Terpimpin!
A. 1, 2, dan 3
B. 2, 3, dan 4
C. 3, 4, dan 5
D. 4, 5, dan 6
E. 5, 6, dan 1 

Jawaban : A

34. Perhatikan pernyataan berikut ini.
Keberhasilan bangsa Indonesia menjadi negara swasembada pangan diakui dengan penghargaan yang diberikan FAO satu badan PBB yang bergerak dibidang makanan dan pertanian. Keberhasilan tersebut tidak lepas dari program-program yang dijalankan pemerintah Orde Baru hingga terwujud dengan keberhasilan Indonesia sebagai Negara swasembada pangan.

Dari pernyataan dibawah ini tentukan kebijakan pemerintah yang mendukung kearah tercapainya swasembada pangan.
1. Pelaksanaan program Panca Usaha Tani
2. Menjalankan program transmigrasi penduduk jawa
3. Melaksanakan program Urbanisasi
4. Menjalankan Program Intensifikasi dan ekstensifikasi
5. Menjalankan pembalakan hutan lindung
6. Pembukaan lahan gambut sebagai lahan pertanian 
A. 1, 2, 4
B. 2, 3, 5
C. 3, 4, 5
D. 4, 5, 6 
E. 2, 5, 6 
Jawaban : A

35. Manakah di bawah ini yang bukan termasuk kehidupan politik pada masa reformasi?
A. Kebijakan pemerintah memberi ruang gerak yang lebih luas terhadap hak-hak untuk mengeluarkan pendapat dan pikiran baik lisan atau tulisan sesuai pasal 28 UUD 1945 dapat terwujud dengan dikeluarkannya UU NO. 2 / 1999 tentang partai politik yang memungkinkan multi partai.
B. ABRI memiliki peran penting dalam bidang politik, militer, dan social dengan dikeluarkannya kebijakan pemerintah tentang Dwi Fungsi ABRI yang digagas oleh Jenderal A.H. Naution.
C. Pemerintah berupaya untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih dan berwibawa serta bertanggung jawab dibuktikan dengan dikeluarkan ketetapan MPR NO. IX / MPR / 1998 yang ditindak lanjuti dengan UU NO.30/2002 tentang komisi pemberantasan tindak pidana korupsi.
D. Lembaga MPR sudah berani mengambil langkah-langkah politis melaui sidang tahunan dengan menuntut adanya laporan pertanggung jawaban tugas lembaga negara, UUD 1945 di amandemen, pimpinan MPR dan DPR dipisahkan jabatannya, berani memecat presiden dalam sidang istimewanya.
E. Masa jabatan presiden paling banyak dua kali masa jabatan, presiden dan wakil presiden dipilih langsung oleh rakyat, MPR tidak lagi lembaga tertinggi negara melainkan lembaga negara yang kedudukannya sama dengan presiden, MA, BPK, kedaulatan rakyat tidak lagi ditangan MPR melainkan menurut UUD. 

Jawaban : B

36. Perhatikan pernyataan di bawah ini.
1. Menaikkan nilai tukar rupiah terhadap dollar hingga di bawah Rp. 10.000,00
2. Mengimplementasikan reformasi ekonomi yang disyaratkan IMF
3. Mengurangi subsidi negara Indonesia dengan menaikkan harga BBM
4. Memberikan bantuan langsung tunai kepada rakyat miskin
5. Membentuk lembaga pemantau dan penyelesaian masalah utang luar negeri
6. Memperbaiki kinerja ekspor, sehingga ekspor di Indonesia dapat ditingkatkan.
Dari pernyataan di atas, manakah yang termasuk kebijakan ekonomi pada masa pemerintahan B.J. Habibie?
A. 1, 2, dan 5
B. 1, 3, dan 5
C. 2, 3, dan 4
D. 2, 4, dan 6
E. 3, 5, dan 6 

Jawaban : A

37. Pada masa pemerintahan Orde Baru (1966-1998) bertekad mengabdi pada kepentingan rakyat dan nasional dilandasi semangat dan jiwa Pancasila serta UUD 1945. Salah satu kebijakan politik pemerintah Orde Baru adalah penerapan dwifungsi ABRI. Dwi fungsi ABRI merupakan konsep dasar militer dalam menjalankan peran sosial-politik di Indonesia. Dampak dikeluarkannya kebijakan tersebut adalah ….

A. kewenangan ABRI semakin luas karena campur tangan dalam ranah sipil 
B. memberi tugas kepada ABRI untuk membantu tugas dari lembaga DPR 
C. jalannya pemerintahan Indonesia menjadi kewenangan kepada ABRI
D. separo jajaran pemerintahan sipil diisi oleh perwakilan dari ABRI 
E. fraksi ABRI ditarik dari perwakilan keanggotaan MPR/DPR 
Jawaban : A

38. Perhatikan deskripsi berikut ini.
Setelah berakhirnya masa pemerintahan orde baru yang ditandai dengan lengsernya kepemimpinan presiden Soeharto pada tahun 1998, bangsa Indonesia kemudian memasuki masa Reformasi (mulai 1998 hingga saat ini). Proses demokrasi di masa Reformasi terdiri dari tiga tahapan yaitu :
1. Tahap pertama, yakni peralihan dari kepemimpinan
2. Tahap kedua, yakni pembentukan lembaga-lembaga dan tertib politik demokrasi
3. Tahap ketiga, yakni Konsolidasi demokrasi
4. Tahap keempat, yakni praktik demokrasi sebagai budaya politik berbangsa dan bernegara.
Dari deskripsi di atas, tahapan pertama perubahan demokrasi Indonesia dapat dievaluasi dari kondisi….
A. perkembangan demokrasi sejak 1998 hingga proses diselenggarakannya Pemilu 2004 telah memberikan sebuah kesempatan untuk mengakhiri sebuah masa transisi demokrasi menuju proses konsolidasi demokrasi.
B. adanya pemilihan umum secara langsung, yakni pemilihan presiden dan wakilnya, pemilihan anggota DPR, PDP, DPRD, dan juga pemilihan kepala daerah. Hal tersebut merupakan modal awal yang teramat penting dalam meningkatkan proses perkembangan demokrasi dimasa mendatang.
C. dengan terciptanya sebuah hubungan baru antara pemerintah pusat dan daerah melalui program Desentralisasi dan Otonomi Daerah di Indonesia.
D. perkembangan demokrasi terlihat dari hubungan antara sipil-militer, yang menjunjung tinggi supremasi sipil dan hubungan TNI sebagai militer dengan Kepolisian NKRI (POLRI) terkait dengan hubungan dalam sebuah kewenangan dalam melaksanakan fungsi pertahanan dan juga kemanan kedulatan bangsa.
E. demokrasi pada masa reformasi terlihat dari telah berkembangnya kesadaran masyarakat mengenai partisipasinya dalam kehidupan perpolitikan nasionl. Yang juga menjadi jalan untuk terbukanya kesempatan untuk ikut dalam meningkatkan kehidupan politik dimasyarakat. 

Jawaban : B

39. Perhatikan kutipan di bawah ini.
“Masa reformasi yang terjadi mulai tahun 1998 merupakan masa-masa perubahan Indonesia dari segala sisi, politik, sosial dan ekonomi. Perubahan itu merata di semua lapisan masyarakat. Dari kalangan atas hingga masyarakat kelas bawah, membawa perubahan- perubahan yang mendasar dalam sistem pemerintahan dan ketatanegaraan kita sebagaimana nampak pada perubahan yang hampir menyeluruh atas Undang Undang Dasar 1945. Perubahan diberbagai bidang ini tidak lepas dari tokoh-tokoh reformasi yang muncul karena mereka gusar akan keadaan bangsa dan negara. Tokoh-tokoh yang berperan dalam munculnya era reformasi di Indonesia diantaranya adalah Abdurrahman Wahid, Sri Sultan Hamengkubuwana X, Megawati Soekarno Putri, Amien Rais”.
Dari kutipan di atas, manakah yang termasuk peran Amin Rais dalam perubahan politik dan ketatanegaraan Indonesia?
A. Mencentuskan pertemuan Ciganjur untuk membahas agenda reformasi
B. Negarawan yang memiliki wawasan tentang pentingnya pluralisme bangsa
C. Sebagai pengendali massa supaya demonstran tidak bertindak anarkis
D. Merancang kembali nilai-nilai nasionalisme dan demokrasi
E. Menawarkan perubahan demokrasi Indonesia yang lebih modern 

Jawaban : A

40. ASEAN adalah organisasi regional bangsa-bangsa Asia Tenggara yang bergerak di bidang ekonomi, geopolitik dan budaya. Dalam kegiatan ASEAN tersebut Indonesia mampu memainkan peran sebagai pemimpin Asia Tenggara, terutama pada masa pemerintahan Presiden Soeharto. Indonesia memiliki peranan yang cukup penting di dalam perkembangan ASEAN, di mana Indonesia merupakan salah satu penentu arah perkembangan organisasi tersebut. Contoh peran Indonesia dalam ASEAN menjadi penengah saat terjadinya konflik antara Kamboja dan Vietnam tahun 1987. Konflik ini dapat diselesaikan melalui Konferensi Paris tahun 1991 di mana kedua negara menyepakati adanya perjanjian damai. Dari deskripsi tersebut dapat disimpulkan bahwa Indonesia ....
A. dapat menyelesaikan konflik yang terjadi di berbagai dunia 
B. mampu menciptakan perdamaian di kawasan Asia Tenggara 
C. dapat menyelesaikan permasalahan ASEAN tanpa bantuan
D. bekerjasama dengan negara lain dalam mewujudkan kesejahteran
E. mampu mewujudkan suatu stabilatas nasional melalui keadilan

Jawaban : B

41. Perhatikan gambar-gambar berikut ini. 

Termasuk ke dalam jenis sumber sejarah apakah peninggalan-peninggalan tersebut ? 
A. Sumber lisan
B. Sumber benda 
C. Sumber tertulis 
D. Sumber rekaman
E. Sumber sekunder 

Jawaban : C

42. Perhatikan teks berikut ini.
Dalam pidatonya, Ir. Soekarno antara lain menyerukan kepada seluruh rakyat Indonesia agar merenungkan kembali masa-masa Perang Kemerdekaan dahulu. Dalam Perang Kemerdekaan itu rakyat Indonesia bersatu padu sehingga berhasil mengusir penjajah dari bumi Indonesia. Ia berharap agar bangsa Indonesia selalu memelihara persatuan dan kesatuan, menghentikan segala permusuhan dan pertikaian antarsesama. Niscaya bangsa Indonesia akan semakin jaya
Teks tersebut menunjukkan salah satu kegunaan sejarah, yaitu kegunaan ... . 
A. inspiratif (memberi inspirasi)
B. instruktif (membantu pengajaran) 
C. rekreatif (memberi kesenangan) 
D. edukatif (memberi pelajaran)
E. aspiratif (menerima aspirasi) 

Jawaban : A

43. Perhatikan peristiwa-peristiwa sejarah berikut ini.
1. Ribuan mahasiswa menduduki gedung MPR/DPR RI
2. Presiden Soeharto menyatakan mundur dari jabatan presiden
3. B.J. Habibie disumpah menjadi Presiden RI ketiga
4. Terjadinya kerusuhan dan penjarahan di Jakarta
5. Presiden Soeharto mempercepat kunjungannya di Kairo 
Rangkaian kronologis peristiwa-peristiwa tersebut adalah ... . 
A. 1, 2, 3, 4, 5
B. 2, 1, 4, 5, 3
C. 3, 4, 5, 1, 2
D. 4, 5, 1, 2, 3
E. 5, 4, 1, 2, 3 

Jawaban : E

44. Perhatikan kutipan berikut ini. 

Habibie yang punya kegemaran menunggang kuda dan membaca, ini dikenal sangat cerdas ketika masih menduduki sekolah dasar, namun ia harus kehilangan bapaknya yang meninggal dunia pada 3 September 1950 karena terkena serangan jantung saat ia sedang shalat Isya. Tak lama setelah ayahnya meninggal, Ibunya kemudian menjual rumah dan kendaraannya dan pindah ke Bandung bersama Habibie, sepeninggal ayahnya, ibunya membanting tulang membiayai kehidupan anak-anaknya terutama Habibie. Karena kemauan untuk belajar Habibie kemudian menuntut ilmu di Gouvernments Middlebare School. Di SMA, beliau mulai tampak menonjol prestasinya, terutama dalam pelajaran-pelajaran eksakta.

Dari kutipan kisah tersebut, manakah yang lebih tepat dikategorikan konsep waktu dalam sejarah ?
A. Ketika masih menduduki sekolah dasar
B. Kehilangan bapaknya yang meninggal dunia
C. Membanting tulang membiayai kehidupan anak-ananya
D. Karena kemauan untuk belajar, Habibie belajar di GMS
E. Tampak menonjol prestasinya, terutama pelajaran eksakta 

Jawaban : A

45. Perhatikan paparan berikut ini
Rangka Homo sapiens kurang kekar posturnya dibandingkan Homo erectus. Salah satu alasannya karena tulang belulangnya tidak setebal dan sekompak Homo erectus. Hal ini mengindikasikan bahwa secara fisik Homo sapiens jauh lebih lemah dibanding sang pendahulunya tersebut. Di lain pihak, ciri-ciri morfologis maupun biometriks Homo sapiens menunjukkan karakter yang lebih berevolusi dan lebih modern dibandingkan dengan Homo erectus. Sebagai misal, karakter evolutif yang paling signifikan adalah bertambahnya kapasitas otak. Homo wajakensis yang termasuk Homo sapiens mempunyai kapasitas otak yang jauh lebih besar (rata-rata 1.630 cc), dengan atap tengkorak yang jauh lebih bundar dan lebih tinggi dibandingkan dengan Homo erectus yang mempunyai tengkorak panjang dan rendah, dengan kapasitas otak 1.000 cc. Segi-segi morfologis dan tingkatan kepurbaannya menunjukkan ada perbedaan yang sangat nyata antara kedua spesies dalam genus Homo tersebut.
Berdasarkan paparan tersebut dapat diketahui bahwa perbedaan Homo Erectus dan Homo Wajakensis terdapat pada ... . 
A. tulang kening
B. bagian rangka kepala
C. bagian sambungan antartulang
D. jenis kelamin 
E. volume otak 
Jawaban : E

46. Perhatikan tabel berikut ini. 

Salah satu kesimpulan yang dapat diambil dari tabel tersebut adalah bahwa Bangsa Deutero Melayu memiliki kebudayaan yang lebih maju dibandingkan dengan bangsa Proto Melayu karena ... .
A. telah mengembangkan kebudayaan Neolitikum
B. telah dapat membuat barang-barang dari perunggu
C. hampir semua peralatan mereka terbuat dari batu
D. masuk ke wilayah Indonesia lebih awal dari bangsa lain
E. kebudayaannya didukung suku bangsa Batak dan Minang

Jawaban : B

47. Perhatikan paparan berikut ini
Pada masa bercocok tanam, kemampuan berpikir manusia mulai berkembang, sehingga timbul upaya menyiapkan persediaan bahan makanan yang cukup dalam suatu masa tertentu. Dalam upaya tersebut maka manusia bercocok tanam dan tidak lagi tergantung kepada alam. Berdasarkan paparan tersebut dapat diketahui bahwa salah satu karakteristik kehidupan manusia pada masa tersebut adalah ... .
A. kemampuan berpikir rendah
B. hidup berpindah-pindah 
C. mulai bercocok tanam 
D. tergantung pada alam
E. tinggal di gua-gua

Jawaban : C

48. Salah satu perbandingan yang benar tentang kehidupan ekonomi masa praaksara adalah ... . 


Jawaban : E

49. Perhatikan gambar di bawah ini. 

Dua gambar ini merupakan peninggalan masa praaksara yang telah disempurnakan dan perkakas tersebut masih dimanfaatkan oleh sebagian masyarakat kita terutama untuk keperluan di dapur, hal ini disebabkan .... 
A. melestarikan hasil budaya bangsa
B. mempunyai bentuk yang antik
C. memberi tekstur pada bumbu masak
D. mudah dibuat oleh siapa saja
E. merupakan alat yang wajib ada 

Jawaban : C

50. Perhatikan pernyataan berikut ini.
1. Banyak daerah yang melepaskan diri dari Sriwijaya
2. Berkurangnya kapal dagang yang singgah di pelabuhan Sriwijaya
3. Terjadinya serangan atas Sriwijaya dari kerajaan lain
4. Letak Kota Palembang semakin jauh dari laut
Pernyataan tersebut yang merupakan faktor politik penyebab mundurnya kerajaan Sriwijaya adalah ….
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 3 dan 4
D. 1 dan 3
E. 2 dan 4 

Jawaban : D

51. Perhatikan kutipan di bawah ini.
Di bawah pemerintahan Sultan Ageng Tirtayasa Kerajaan Banten mengalami kemajuan, selain karena Banten mempunyai komoditas penting yaitu lada juga banyaknya muncul perkampungan-perkampungan orang asing dari Arab, Gujarat, Persia, Turki, Cina dan sebagainya.
Hal tersebut disebabkan karena kerajaan Banten menjadi pusat kegiatan ….
A. pertanian
B. manufaktur
C. perdagangan
D. arsitektur
E. home industri 

Jawaban : C

52. Perhatikan paparan berikut ini
Kemunduran Kerajaan Samudera Pasai diantaranya disebabkan oleh ekspedisi Gajah Mada dalam rangka mewujudkan persatuan nusantara, dan juga disebabkan oleh tidak adanya kaderisasi kepemimpinan yang baik. Pernyataan tersebut dapat dikategorikan sebagai penyebab kemunduran di bidang ….
A. ekonomi
B. sosial 
C. budaya 
D. politik 
E. militer 
Jawaban : D

53. Perhatikan pernyataan berikut ini:
1. Dibentuknya Dokuritsu Junbi Cosakai
2. Non kooperatif
3. Penculikan Bung Karno ke Rengasdengklok
4. Pengeboman Hirosima
5. Janji kemerdekaan dari Jepang untuk Indonesia
Berdasarkan pernyataan di atas manakah yang termasuk strategi perjuangan Indonesia pada masa menjelang Proklamasi
A. 1, 2, dan 3
B. 2, 3, dan 4
C. 1, 3, dan 5
D. 3, 4, dan 5
E. 1, 2, dan 4 .

Jawaban : A

54. Biografi Ahmad Soebarjo
Soebarjo adalah tokoh pejuang kemerdekaan Indonesia, diplomat, dan Pahlawan Nasional Indonesia. Ia juga Menteri Luar Negeri Indonesia yang pertama. Semasa remaja Subarjo sekolah di Hogere Burger School, Jakarta (Setara SMA) pada tahun 1917. Ia kemudian melanjutkan pendidikannya di Universitas Leiden, Belanda dan memperoleh ijazah Meester de Rechten (saat ini setara Sarjana Hukum) di bidang undang-undang pada tahun 1933.

Ketika menjadi mahasiswa, Soebarjo aktif dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia melalui organisasi kepemudaan seperti Jong Java dan Persatuan Mahasiswa Indonesia di Belanda. Karir Ahmad Soebarjo terus naik ketika dilantik menjadi Menteri Luar Negeri tanggal 17 Agustus 1945, sekaligus menteri luar negeri pertama. Kabinet saat itu bernama Kabinet Presidential, kemudian menajbat Menteri Luar Negeri sekali lagi pada tahun 1951 - 1952. Selain itu, ia juga menjadi Duta Besar Republik Indonesia di Switzerland antara tahun 1957 - 1961
Dari paparan di atas maka dapat kita simpulkan bahwa ... .
A. walaupun Ahmad Soebarjo lulusan dari negeri Belanda tapi Nasionalismenya tetap tinggi
B. Ahmad Soebarjo adalah Menteri Luar Negeri pertama Republik Indonesia
C. Ahmad Soebarjo bersama Moh. Hatta adalah aktivis Persatuan Mahasiswa Indonesia di Belanda
D. Ahmad Soebarjo aktif memperjuangkan kemerdekaan Indonesia sejak kuliah di Belanda hingga menjadi Duta Besar di Swiss
E. Ahmad Soebarjo seorang tokoh politik yang ternama di awal kemerdekaan Indonesia

Jawaban : D

55. Kedatangan Jepang ke Indonesia dimanfaatkan dengan baik oleh golongan tua. Diantaranya adalah:
1. Penyampaian ide dasar negara di Sidang PPKI
2. Penculikan Soekarno ke Rengasdengklok
3. Penyusunan perangkat pemerintahan
4. Penyebar luasan berita proklamasi kemerdekaan
5. Pembentukkan partai politik tunggal
Dari uraian di atas manakah yang termasuk peristiwa sebelum proklamasi terjadi? 
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 4
D. 3 dan 4
E. 4 dan 5

Jawaban : A

56. Negara Republik Indonesia yang dilahirkan pada tanggal 17 Agustus 1945 pada kenyataannya belum sempurna sebagai suatu negara. Oleh karena itu, para pemimpin bangsa ini segera menyusun konstitusi negara dan membentuk kelengkapan negara. Untuk kemudian PPKI mengadakan sidang pada tanggal 18 Agustus 1945, 19 Agustus 1945 dan 22 Agustus 1945. Dari pernyataan di atas, makna penting yang dapat diambil dari pembentukkan pemerintahan ialah ... .
A. Indonesia tidak boleh lagi tergantung pada bangsa lain
B. Indonesia harus secepatnya mengisi kemerdekaan dengan baik
C. Indonesia harus memiliki tatanan hukum dan pemerintahan sendiri
D. Indonesia mampu mengolah kekayaan bangsana sendiri
E. Indonesia mampu menentukan masa depannya sendiri 

Jawaban : C

57. Ultimatum Sekutu pada tanggal 21 Maret 1946 meminta rakyat Indonesia untuk menyerahkan seluruh senjata yang direbut dari serdadu Jepang, menyulut amarah masyarakat Indonesia. Ultimatum itu diulang pada tanggal 24 Maret 1946, dan Tentara Republik Indonesia (TRI) tidak menginginkan kota Bandung dijadikan markas strategis Tentara NICA dan Sekutu.
Dari ilustrasi di atas strategi yang digunakan Bangsa Indonesia dalam mempertahankan kota Bandung adalah
A. Perang Puputan 
B. Perang Paregreg 
C. Bumi Hangus
D. Perang Gerilya
E. Pagas Betis 

Jawaban : C

58. Hasil perjuangan diplomasi Indonesia:
1. Ditariknya Tentara Republik Indonesia dari daerah-daerah yang diduduki Belanda
2. Dibentuk negara RIS dan Belanda akan menyerahkan kedaulatan kepada RIS pada akhir Desember 1949.
3. RIS dan Belanda akan tergabung dalam Uni Indonesia–Belanda.
4. Diakuinya Sumatera, Banten dan Yogyakarta
5. Pemerintahan RI dikembalikan ke Jogjakarta, penghentian perang gerilya dan pembebasan semua tahanan politik.
6. Indonesia dan Belanda bekerja sama dalam mengembalikan perdamaian dan menjaga ketertiban dan keamanan.
7. Masalah Irian Barat akan diselesaikan setahun setelah pengakuan kedaulatan
Dari pernyataan di atas, manakah yang merupakan hasil perundingan Konferensi Meja Bundar (KMB)! 
A. 1, 2 dan 3
B. 1, 2, dan 4
C. 2, 3 dan 5
D. 2, 3 dan 7
E. 3, 4 dan 7 

Jawaban : D

59. Proklamasi kemerdekaan Indonesia, ibarat mimpi buruk bagi pemerintahan kolonial Belanda. Berbagai cara dan upaya di lakukan oleh Belanda untuk memecah belah Indonesia dan kemudian dapat dijajah kembali. Perhatikan pernyataan di bawah ini
1. Kegagalan pada perjanjian Renville
2. Mempertahankan berdirinya Negara Pasundan
3. Ingin mengganti ideologi negara
4. tidak mau hijrah ke Yogyakarta
5. Kekecewaan akan alokasi pembangunan antara pusat dan daerah
Pernyataan di atas yang merupakan latar belakang terjadinya pemberontakan DI/TII Jawa Barat adalah ... .
A. 1, 2 dan 3
B. 1, 3 dan 4
C. 2, 3 dan 4
D. 2, 3 dan 5
E. 1, 3 dan 5 

Jawaban : A

60. Ketika perang dingin berlangsung bangsa Indonesia memutuskan untuk tidak terlibat diantara keduanya dengan merintis membentuk Gerakan Non Blok sebagai program kongkrit politik bebas aktif Indonesia, namun pada masa Demokrasi Liberal khususnya pada masa Kabinet Sukiman komitmen bangsa Indonesia terkesan tidak sesuai dengan politik bebas aktif hal ini dikarenakan Kabinet Sukiman melakukan...
A. Gerakan Benteng
B. Ekonomi Ali Baba
C. Nota Kesepakatan Mutual Act 
D. Nasionalisasi De Javasche Bank 
E. Pemotongan Nilai Mata Uang 
Jawaban : D

61. Perhatikan pernyataan berikut ini.
1. Defisit yang harus ditanggung oleh pemerintah pada waktu itu sebesar 5,1 miliar
2. Indonesia hanya mengandalkan satu jenis ekspor terutama hasil bumi yaitu pertanian dan perkebunan sehingga apabila permintaan ekspor dari sektor itu berkurang akan memukul perekonomian Indonesia.
3. Belum memiliki pengalaman untuk menata ekonomi secara baik, belum memiliki tenaga ahli dan dana yang diperlukan secara memadai
Berdasarkan pernyataan di atas,kebijakan ekonomi pada masa Demokrasi Liberal yang
dikeluarkan pemerintah untuk mengatasi kondisi tersebut dengan mengeluarkan kebijakan….
A. Gunting Syafruddin
B. Sistem ekonomi Ali-Baba
C. Sistem ekonomi Gerakan Benteng
D. Sistem ekonomi Gotong Royong
E. Nasionalisasi De Javasche Bank 

Jawaban : A

62. Perhatikan pernyataan berikut ini.
1. Melindungi para penguasaha pribumi memberikan kredit impor kepada para pengusaha pribumi
2. Menaikkan pendapatan dan menurunkan biaya ekspor serta melakukan penghematan secara drastis.
3. Mengurangi jumlah peredaran uang dalam negeri. Kebijakan itu mengarah pada praktik devaluasi dari Rp. 1000 menjadi Rp. 100.
4. Pembekuan sebagian dari seluruh simpanan uang di bank-bank di seluruh Indonesia. Peraturan ini bertujuan untuk mengurangi banyaknya jumlah uang yang beredar di masyarakat.
5. Membentuk Dewan Perancang Nasional (Depernas) dan melakukan sanering mata uang kertas yang nilai nominalnya Rp. 500 dan Rp. 1000 masing-masing nilainya diturunkan menjadi 10%
6. Melakukan pemotongan nilai mata uang yang nominalnya lebih dari 2,5 gulden dipotong 2 baik secara nilainya maupun fisiknya
Dari pernyataan di atas, manakah yang termasuk kebijakan ekonomi pada masa Demokrasi Terpimpin!
A. 1, 2, dan 3
B. 2, 3, dan 4
C. 3, 4, dan 5
D. 4, 5, dan 6
E. 5, 6, dan 1 

Jawaban : C

63. Perhatikan deskripsi berikut ini.
Pada permulaan Orde Baru program pemerintah dalam bidang ekonomi lebih berorientasi pada usaha penyelamatan ekonomi nasional terutama pada usaha mengendalikan tingkat inflasi, penyelamatan keuangan negara dan pengamanan kebutuhan pokok rakyat. Tindakan pemerintah ini dilakukan karena adanya kenaikan harga pada awal tahun 1966 yang menunjukkan tingkat inflasi kurang lebih 650 % setahun. Hal itu menjadi penyebab kurang lancarnya program pembangunan yang telah direncanakan pemerintah.
Dari deskripsi di atas, cara pemerintah yang paling tepat untuk mengatasi kondisi di tersebut adalah…
A. stabilisasi dan Rehabilitasi Ekonomi
B. kerja Sama Luar Negeri
C. pembangunan Nasional
D. penyederhanaan Lembaga BUMN 
E. penurunan Nilai Mata Uang 
Jawaban : E

64. Manakah pernyataan di bawah ini yang tidak termasuk kehidupan politik pada masa reformasi!
A. Adanya jaminan kebebasan pendirian partai politik atau ormas. 
B. Pembebasan sejumlah tahanan politik semasa orde baru.
C. Melaksanakan pemilu 1999 yang diikuti banyak partai.
D. Pemerintahan yang bersifat sentralisasi atau terpusat
E. Kebebasan pers yang luas dan tidak ada pencabutan SIUPP. 

Jawaban : B

65. Perhatikan pernyataan di bawah ini.
1. Mengimplementasikan reformasi ekonomi yang disyaratkan IMF
2. Membentuk lembaga pemantau dan penyelesaian masalah utang luar negeri
3. Mengurangi subsidi negara Indonesia dengan menaikkan harga BBM
4. Untuk mengatasi korupsi, dibentuk Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).
5. Memberikan bantuan langsung tunai kepada rakyat miskin
6. Menyalurkan bantuan dana BOS kepada sarana pendidikan
Dari pernyataan di atas, manakah yang termasuk kebijakan ekonomi pada masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono?
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 3, dan 5
C. 2, 3, dan 4
D. 2, 4, dan 6
E. 3, 5, dan 6 

Jawaban : E

SOAL URAIAN

66. Kamu akan meneliti tentang masa balitamu dan asal usul nama jalan di sekitar rumahmu. Buatlah rumusan rancangan langkah-langkah penelitian sejarah dengan cara membuat tabel seperti berikut ini 


67. Kebudayaan Islam yang berkembang di Indonesia telah memberikan pengaruh dalam berbagai bidang, diantaranya di bidang adat istiadat
Jelaskan pengaruh kebudayaan Islam di bidang adat istiadat terutama dalam bentuk upacara adat di daerah Priangan !

68. KMB merupakan lanjutan dari Perundingan Roem-Royen. KMB berlangsung di Deen Hag Belanda pada tanggal 23 Agustus-2 November 1949. Delegasi Indonesia dipimpin Moh.Hatta, delegasi BFO dipimpin Sultan Hamid II, delegasi Belanda dipimpin Mr. Van Maarseveen, sedangkan UNCI dipimpin oleh Chritchley. Perjanjian KMB memiliki dampak bagi perjuangan bangsa Indonesia. Jelaskan 4 dampak negatifnya dan berikan alasan bahwa perjanjian KMB tidak sesuai dengan cita-cita kemerdekaan Indonesia!

69. Kebijakan-kebijakan Presiden Soekarno pada masa Demokrasi Terpimpin banyak menimbulkan kekisruhan politik yang kemudian berimbas pada kondisi ekonomi dan sosial masyarakat Indonesia pada masa itu.

Dari uraian diatas, identifikasikanlah bagaimana kodisi Politik Ekonomi dan sosial pada masa Demokrasi Terpimpin

70. Perhatikan tabel di bawah ini. 


a. Dari tabel di atas buatlah perbandingan pelaksanaan demokrasi di Indonesia pada masa awal reformasi pemerintahan Megawati Soekarno putri dalam aspek system/azas, dasar hukum, peserta, dan hasil suara yang diperoleh?
b. Dari tabel di atas buatlah perbandingan pelaksanaan demokrasi di Indonesia pada masa Orde Baru dalam aspek system/azas, dasar hukum, peserta, dan hasil suara yang diperoleh!


Demikian artikel tentang √ 70 Latihan Soal USBN Sejarah Indonesia SMA 2019 dan Kunci Jawaban. Semoga bermanfaat, dan sobat bisa mengerjakan naskah asli USBN 2019 mendatang dengan baik.
Advertisement

Baca juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar