Latihan Soal dan Kunci Jawaban USBN Bahasa Indonesia SMA 2019

Latihan Soal dan Kunci Jawaban USBN Bahasa Indonesia SMA 2019

Hai sobat, kembali lagi dengan soalprediksi.com. Di kesempatan kali ini admin akan membagikan latihan soal USBN bahasa indonesia SMA dan kunci jawaban terbaru 2019

Sebagaimana yang sobat ketahui bahwa mata ujian USBN bahasa indonesia ini digunakan secara umum/mata pelajaran wajib yang diujikan untuk keseluruhan jurusan IPA/IPS/Bahasa. Materinya mencakup keseluruhan bab yang pernah sobat pelajari di 3 tahun terakhir saat di SMA.

Untuk spesifiknya tentang ringkasan materi USBN bahasa Indonesia SMA terdiri dari : 
  • membaca teks non sastra dan sastra terdiri dari materi menentukan isi tersurat teks non sastra/sastra, menentukan makna/istilah
  • Menulis teks non sastra dan sastra terdiri dari materi melengkapi teks non sastra/sastra dengan kata/ungkapan , dan dengan kata kohesi
  • Ciri dan struktur teks yang terdiri dari materi mengidentifikasi ciri umum berbagai teks, mengidentifikasi bagian struktur teks, menentukan jenis teks berdasarkan strukturnya
  • Kebahasaan teks terdiri dari materi mengidentifikasi kata dari teks (sinonim, kata khusus, bermajas) dsb
Hampir keseluruhan mengacu pada teks - teks. Wajar bila keseluruhan butir soal banyak cerita/teks nya yang membuat sobat bisa kehilangan waktu yang banyak untuk mengerjakan 1 soal saja.

Oleh karena itulah latihan ini dibuat. Untuk mengasah kemampuan sobat dalam mempelajari keseluruhan materi tersebut.

Yapp, 50 soal yang terdiri dari soal pilihan ganda dan uraian USBN bahasa indonesia SMA ini sudah disesuaikan dengan kisi - kisi terbaru. Intinya bisa sobat bilang prediksi soal  dan kunci jawaban USBN bahasa indonesia SMA.

Latihan Soal dan Kunci Jawaban USBN Bahasa Indonesia SMA 2019

Latihan Soal dan Kunci Jawaban USBN Bahasa Indonesia SMA 2019

Selain memberikan latihan soal online. Di artikel ini sudah admin samakan dengan keseluruhan artikel soalprediksi.com lainnya, yaitu memberikan file PDF yang bisa sobat download dengan gratis. Akan tetapi untuk di copy paste buat kepentingan publish ulang admin melarangnya.

Mohon maaf untuk soal uraian tidak admin sertakan kunci jawabannya, karena mengacu pada jawaban dari pendapat sobat masing - masing. Sedangkan yang pilihan ganda sudah lengkap terdiri dari kunci jawaban per masing - masing soalnya.

Itu saja sih. Langsung saja, berikut ini adalah Latihan Soal dan Kunci Jawaban USBN Bahasa Indonesia SMA 2019. Selamat mengerjakan...

Bacalah teks berikut ini untuk menjawab soal nomor 1 s.d. 3!
(1) Penerapan kantong berbayar selama uji coba 22 Februari hingga 31 Mei 2016 berdampak positif. (2) Penggunaan kantong plastik mengalami penurunan sebesar 25-30 persen. (3) Berdasarkan evaluasi dari kementerian atas penurunan sebesar itu, sebanyak 87,2 persen masyarakat menyatakan dukungan dan 91,6 persen bersedia membawa kantong plastik dari rumah. (4) Pada masa uji coba yang berakhir 31 Mei 2016, masyarakat luas memberikan respons hangat. (5) Dukungan atas program ramah lingkungan tersebut menguat. (6) Tidak hanya di pasar modern, pedagang di pasar tradisional pun menerapkan program pengurangan penggunaan kantong plastik.

1. Ide pokok teks tersebut adalah… 

A. Penerapan kantong berbayar. 
B. Penggunaan kantong plastik. 
C. Uji coba program pemerintah.
D. Pengurangan penggunaan kantong plastik.
E. Program pemerintah penggunaan kantong plastik. 

Jawaban : A

2. Tujuan penulis dalam teks adalah…
A. Menjelaskan uji coba penerapan kantong plastik berbayar yang dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat.
B. Menjelaskan bahaya penggunaan kantong plastik berlebihan bagi kesehatan dan lingkungan sekitar.
C. Menginformasikan dampak positif program penerapan kantong berbayar dan pengurangan penggunaan kantong plastik.
D. Mengajak masyarakat untuk membeli kantong plastik apabila sedang berbelanja di pasar baik modern maupun tradisional.
E. Menginformasikan adanya peraturan yang dibuat khusus untuk pasar modern dan tradisional tentang penggunaan kantong berbayar. 

Jawaban : C

3. Kalimat yang menggunakan kata tidak baku adalah…
A. (2) 

B. (3) 
C. (4) 
D. (5) 
E. (6) 
Jawaban : C

Bacalah teks berikut ini untuk menjawab soal nomor 4 s.d. 6 !
(1) Jamur bisa menjadi makanan diet rendah energi yang ideal bagi penderita diabetes karena jamur mengandung zat tanpa lemak, tanpa kolesterol, karbohidrat yang sangat rendah, protein tinggi, vitamin, mineral, dan serat. (2) Selain itu, jamur mengandung insulin alami dan enzim yang membantu mengurangi gula atau pati makanan. (3) Jamur diketahui mengandung senyawa tertentu yang akan membantu fungsi hati, pankreas, dan kelenjar endokrinal lainnya sehingga meningkatkan pembentukan insulin dengan jumlah yang tepat. (4) Selain itu, sayuran termasuk kafe, selada, dan brokoli baik bagi penderita diabetes. (5) Antibiotik alami dalam jamur dapat membantu melindungi penderita diabetes dari infeksi yang ditakutkan.

4. Kalimat utama teks tersebut adalah nomor…
A. (1) 

B. (2) 
C. (3)
D. (4) 
E. (5) 
Jawaban : A

5. Kalimat yang tidak padu dalam teks tersebut adalah nomor…
A. (1) 

B. (2) 
C. (3) 
D. (4) 
E. (5) 
Jawaban : D

6. Makna insulin dalam teks tersebut adalah…
A. cairan 

B. enzim 
C. protein 
D. hormon 
E. vitamin 
Jawaban : D

Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 7dan 8!
(1) Kepala Pusdatin dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan kondisi geologi dan topografi di Desa Clapar, Kecamatan Madukara, Banjarnegara, secara alamiah memang mudah longsor. (2) Menurutnya, tipe longsoran yang terjadi adalah longsoran merayap (soil creep) yang bergerak secara perlahan-lahan sehingga masyarakat dapat mengantisipasi dengan melakukan evakuasi. (3) Pada Jumat pagi terhitung sembilan rumah rusak berat, tiga rumah rusak sedang, dua rumah rusak ringan, dan 29 rumah terancam longsor susulan. (4) Sebanyak 158 jiwa warga RT 3-5 di RW 1 mengungsi ke SD 2 Clapar, Madukara. (5) Sutopo mengatakan, menurut kondisi terkini tanah terus bergerak karena dipicu oleh hujan yang turun seharian.(6) Listrik dimatikan dan akses jalan utama Kabupaten Banjarnegara-Pagentan melalui Madukara terputus total.

7. Mengapa kondisi tanah Desa Clapar, Kecamatan Madukara, Banjarnegara terus bergerak?
A. karena Desa Clapar, Kecamatan Madukara, Banjarnegara hujan turun seharian.
B. karenabanyak warga yang mengungsi ke SD 2 Clapar, Madukara melakukan evakuasi. C. karena akses jalan utama Kabupaten Banjarnegara-Pagentan melalui Madukara terputus total.
D. karena kondisi Desa Clapar, Kecamatan Madukara, Banjarnegara, secara alamiah mudah longsor.
E. karena tipe longsoran yang terjadi adalah longsoran merayap (soil creep) yang bergerak secara perlahan-lahan. 

Jawaban : A

8. Kalimat yang berisi fakta dalam paragraf tersebut adalah…
A. (1) dan (2) 

B. (2) dan (3) 
C. (3) dan (4) 
D. (3) dan (5) 
E. (4) dan (5) 
Jawaban : C

Bacalah kutipan biografi berikut!

Y.B. Mangunwijaya, dilahirkan di Ambarawa (Jawa Tengah), 6 Mei 1929. Setelah menamatkan pendidikan Seminarium di Yogyakarta, ia lalu melanjutkan pendidikan ke Jerman Barat dan lulus sebagai insinyur jurusan teknik tahun 1966. Selain menjabat sebagai pastur, juga menjadi dosen sejarah kebudayaan di Universitas Gajah Mada.

Dengan demikian, dia dikatakan sastrawan komplit.Y.B. Mangunwijaya dikenal juga sebagai kolumnis pada harian Kompas.Kumpulan tulisannya dalam harian tersebut telah terbit dengan judul Puntung-Puntung Roro Mendut.

9. Hal yang dapat diteladani dari Taufik Ismail dalah…
A. pernah bersekolah di luar negeri. 

B. menjadi dosen sejarah universitas. 
C. dilahirkan pada zaman penjajahan. 
D. seorang insinyur teknik dan pastur. 
E. seorang sastrawan yang serba bisa. 
Jawaban : E

Bacalah kutipan tajuk rencana berikut untuk menjawab soal nomor 10 dan 11!

Usaha yang keras dari Pemprov DKI untuk mengurangi kemacetan dan memberi layanan terbaik bagi warganya terus dilakukan. Masih terkait dengan rekayasa peraturan untuk mengurangi kemacetan, akan dikeluarkan aturan pembatasan kendaraan roda dua atau motor melintas di jalan- jalan utama seperti Jalan Thamrin dan Jalan Sudirman, pada jam-jam tertentu. Untuk uji coba, Pemprov memilih jalan yang sejajar dengan jalur koridor 1 busway (Blok M-Kota) Selain dapat mengurangi kemacetan, pembatasan sepeda motor di ruas jalan tertentu diharapkan dapat mengurangi volume sepeda motor yang pertumbuhannya semakin pesat dibandingkan jenis kendararaan lainnya. Hal itu juga diharapkan mampu mengurangi tingkat kecelakaan yang disebabkab pengguna sepeda motor. 


Namun, kita juga mengingatkan agar berbagai kebijakan yang akan diterapkan mesti dikaji ulang lebih cermat dan mendalam agar tidak menimbulkan ekses-ekses yang justru dapat membuka persoalan baru. 

10. Opini penulis dalam kutipan tajuk rencana tersebut adalah…
A. Berbagai kebijakan yang diharapkan mesti dikaji lebih cermat dan mendalam. 

B. Uji coba pembatasan kendaraan roda dua dilakukan di jalur koridor I busway. 
C. Pembatasan sepeda motor diharapkan dapat mengurangi volume sepeda motor.
D. Usaha Pemprov DKI untuk mengurani kemacetan lalu lintas harus terus dilakukan.
E. Pemprov DKI harys mengeluarkan aturan pembatas kendaraan roda-roda dua di jalan- jalan utama. 

Jawaban : A

11. Keberpihakan penulis dalam kutipan tajuk rencana tersebut adalah…
A. Pejalan kaki
B. Pemprov DKI
C. Pemerintah pusat 

D. Pengendara motor 
E. Pengguna busway 
Jawaban : B

12. Bacalah teks berikut!
Facebook, sebuah situs web jejaring sosial populer yang diluncurkan pada 4 Februari 2004 ini, kerap dijadikan media pengekspresian imajinasi bagi banyak orang.Sebagai media sosial terbuka, Facebook telah mampu mendapat tempat bagi pelaku sastra.Siapa saja bebas menyiarkan karya-karyanya lewat media ini, dan setiap orang pun bebas memberikan komentar atau sekadar mengacungkan jempol sebagai bentuk apresiasi terhadap karya tersebut.Melalui jejaring sosial yang didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang mahasiswa Harvard kelahiran 14 Mei 1984 ini, siapa saja memiliki keleluasaan mengembangkan ide dan gagasan secara bebas.Pemunculan ide kreatif yang terkait erat dengan kemampuan mentransformasikan serangkaian gagasan abstrak, dapat diubah menjadi sebuah realitas melalui wahana ini.

Kata “ini” pada kalimat ketiga merujuk pada kata …
A. situs web
B. facebook
C. media sosial
D. wahana sosial
E. web jejaring sosial 

Jawaban : B

13. Bacalah kutipan novel berikut!
Mendengar ucapan saya itu mukanya kembali tenang dan ia berkata, “Saya akan menerangkan kepada Tuan sebab-sebab saya bersedih hati, akan saya paparkan satu per satu, sebagaimana berkata-kata dengan hati saya sendiri. Memang saya harap Tuan simpan cerita perasaan saya ini selama saya hidup.”

Ia termenung kira-kira dua atau tiga menit; di antara gemuruh suara manusia yang hampir sunyi di dalam Masjidil Haram itu, di antara doa beribu-ribu makhluk yang sedang berangkat ke langit ke hadirat Tuhan, sahabatku itu mengumpulkan ingatannya. Awan gelap yang menutup keningnya hilanglah dari sedikit ke sedikit; setelah itu ia menarik napas panjang, seakan-akan mengumpulkan ingatan yang tercerai-berai dan ia pun memulai perkataannya.

Hamka. Di Bawah Lindungan Ka’bah. Jakarta, Bulan Bintang, 2001

Makna lambang/simbol awan gelap pada kutipan novel tersebut adalah …
A. kesedihan
B. kebingungan 

C. kemurungan 
D. kepanikan 
E. kegundahan 
Jawaban : A

Bacalah kutipan cerpen berikut untuk menjawab soal nomor 14 s.d 15!
(1) Merah padam muka Azrial mendengar nama itu. (2) Siapa lagi anak gadis Mangkudun kalau bukan Renggogeni, perempuan masa lalunya. (3) Masih segar dalam ingatan Azrial, waktu itu Renggogeni hampir tamat dari akademi perawat di kota. (4) Tidak banyak orang Lareh Panjang yang bisa bersekolah tinggi seperti Renggogeni. (5) Perempuan kuning langsat pujaan Azrial itu benar-benar akan menjadi seorang juru rawat. (6) Sementara Azrial bukan siapa-siapa, hanya tamatan madrasah aliyah yang sehari-hari bekerja honorer sebagai sekretaris di kantor kepala desa, ibarat emas dan loyang perbedaan mereka. 

(7) “Bahkan bila ia jadi kepala desa pun, tak sudi saya punya menantu anak juru masak!” bentak Mangkudun. (8) Dan tak lama berselang, kabar ini berdengung juga di telinga Azrial. (9) “Dia laki-laki taat, jujur, bertanggung jawab. Renggo yakin kami berjodoh.” 
(10)“Apa kau bilang? Jodoh? Saya tidak rela kau berjodoh dengan Azrial. Akan saya carikan kau jodoh yang lebih bermartabat!”
(11)“Apa dia salah kalau ayahnya hanya juru masak?”
(12)“Jatuh martabat keluarga kita bila laki-laki itu jadi suamimu. Paham kau?”

(Juru Masak. Damhuri Muhammad)

14. Di bawah ini yang termasuk majas retorik dari cerpen tersebut adalah kalimat nomor… .
A. (3) 

B. (5) 
C. (6) 
D. (11) 
E. (12) 
Jawaban : D

15. Pembuktian watak Azrial sebagai seorang yang tidak dapat melupakan gadis pujaannya adalah pada kalimat nomor … .
A. (1), (3),dan (5) 

B. (1), (3), dan (6) 
C. (1), (4), dan (5) 
D. (2), (3),dan (6) 
E. (2),(4), dan (5) 
Jawaban : A

16. Cermatilah teks gurindam berikut!
Hendaklah memegang amanat, buanglah khianat.
Amanat yang terkandung dalam gurindam tersebut adalah…
A. Orang yang suka berkhianat adalah tidak amanah
B. Hendaklah selalu memegang amanat yang diberikan
C. Jadilah orang yang terpercaya dan tak’kan berkhianat
D. Jangan suka berkhianat karena tidak akan dipercaya lagi
E. Tak perlu memercayai orang yang berkhianat dan tak amanah 

Jawaban : C

17. Cermatilah teks negosiasi berikut!
Penjual : Good morning, Mam. Selamat pagi. Pembeli : Selamat pagi.
Penjual : Mari, mau beli apa?
Pembeli : Ada patung Garuda Wisnu Kencana yang dibuat dari kayu? Penjual : Ya, ada. Di sebelah sana, yang besar atau yang kecil? Pembeli : Yang sedang saja.
Penjual : Ya, ini, tidak terlalu besar. Pembeli : Harganya berapa?
Penjual : Tiga ratus ribu.
Pembeli : Wah, mahal. Dua ratus lima puluh ribu ya? Penjual : Belum boleh. Naik sedikit, Mam.
Pembeli : Dua ratus tujuh puluh lima ribu.
Penjual : Ya, sebenarnya ini belum boleh. Tapi, untuk Nyonya bolehlah.
(Penjual memasukkan patung itu ke dalam tas plastik yang bertuliskan nama kiosnya. Pembeli memberikan uang pas).
Penjual : Ya, terima kasih. Pembeli : Terima kasih. Bye, bye. (Pembeli pergi meninggalkan kios itu)

Hal yang disepakati dalam paragraf tersebut adalah…
A. Membeli Patung Garuda Wisnu Kencana
B. Harga Patung Garuda Wisnu Kencana 

C. Bahan Patung Garuda Wisnu Kencana 
D. Ukuran Patung Garuda Wisnu Kencana 
E. Letak Patung Garuda Wisnu Kencana 
Jawaban : B

18. Bacalah pantun berikut!


Cari guru tempat belajar
Supaya jangan sesal kemudian

Larik sampiran yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah….
A. Selamat pagi selamat belajar
Selamat malam selamat tidur
B. Ke hulu membuat pagar
Jangan terpotong batang durian
C. Kita ini sudah bersahabat
Janganlah lupa dengan kenangan
D. Tidak ada sahabat yang jahat
Hanya saja ada yang khilaf
E. Marilah makan acar
Agar gorengan terasa nikmat 

Jawaban : B

19. Bacalah kutipan cerpen berikut! 

Teks 1
Bila ada yang bertanya, siapa makhluk paling kikir di kampung itu, tidak akan ada yang menyanggah bahwa perempuan ringkih yang punggungnya telah melengkung serupa sabut kelapa itulah jawabannya. Semula ia hanya dipanggil Banun. Namun, lantaran sifat kikirnya dari tahun ke tahun semakin mengakar, pada sebuah pergunjingan yang penuh dengan kedengkian, seseorang menambahkan kata “kikir” di belakang nama ringkas itu, hingga ia ternobat sebagai Banun Kikir. Konon, hingga riwayat ini disiarkan, belum ada yang sanggup menumbangkan rekor kekikiran Banun.

(Banun, Damhuri Muhammad) 


Teks 2
Kemilau emas memancar saat Zhu membentangkan benang emas di sudut kain pelepai. Sinar perak jarum di tangannya menyulam satu kehidupan tajam yang menusuk. Udara Danau Menjukut berbau bunga kopi, bertiup perlahan memasuki rongga hati, dan menghempas dada Zhu pada barisan awan di langit menuju ke arah laut, ke arah pantai, ke arah teluk Tanjung Cina. Di sanalah Sulaiman, lelaki yang telah menebas separuh umurnya, telah terkubur dan pergi. “Sulaiman. Sulaiman. Itulah Zhu, dan aku bicara padamu!” 
(Sulaiman Pergi ke Tanjung Cina, Hanna Fransisca) 

Persamaan unsur intrinsik kedua cerpen tersebut adalah… A. mengawali cerita melalui pendeskkripsian tokoh utama
B. memperkenalkan tokoh melalui sudut pandang orang ketiga
C. penokohan keduanya berasal dari latar/setting yang sama 

D. kedua tokoh memiliki latar belakang yang menyedihkan 
E. latar/setting keduanya adalah menunjukkan latar suasana 
Jawaban : B

20. Cematilah kutipan berikut!
“Mak tak hanya kikir pada orang lain, tapi juga kikir pada perut sendiri,” gerutu Nami, anak kedua Banun.
“Tak usah hiraukan gunjingan orang! Kalau benar apa yang mereka tuduhkan, kalian tak
bakal mengenyam bangku sekolah, dan seumur-umur akan jadi orang tani,” bentak Banun. “Sebagai anak yang lahir dari rahim orang tani, semestinya kalian paham bagaimana tabiat petani sejati.”
Sejak itulah Banun menyingkapkan rahasia hidupnya pada anak-anaknya, termasuk pada Rimah, anak bungsunya itu. Ia menjelaskan kata “tani” sebagai penyempitan dari “tahani”, yang bila diterjemahkan ke dalam bahasa orang kini berarti: “menahan diri”. Menahan diri untuk tidak membeli segala sesuatu yang dapat diperoleh dengan cara bercocok tanam. Sebutlah misalnya, sayur-mayur, cabai, bawang, seledri, kunyit, lengkuas, jahe. Di sepanjang riwayatnya dalam menyelenggarakan hidup, orang tani hanya akan membeli garam. Minyak goreng sekalipun, sedapat-dapatnya dibikin sendiri. Begitu ajaran mendiang suami Banun, yang meninggalkan perempuan itu ketika anak-anaknya belum bisa mengelap ingus sendiri. Semakin banyak yang dapat “ditahani” Banun, semakin kokoh ia berdiri sebagai orang tani.

(Banun, Damhuri Muhammad) 

Hal dalam kutipan yang terkait dengan kehidupan bermasyarakat sekarang adalah…
A. anak petani harus selalu mengencangkan perut agar berhasil.
B. penuh dengan perhitungan dalam hidup akan membuat sukses. 

C. menahan diri dari segala godaan konsumtif akan berhasil kelak. 
D. hidup harus selalu prihatin agar kelak mendapatkan kesuksesan.
E. bersikap kikir tidak hanya untuk diri sendiri juga untuk orang lain. 

Jawaban : B

21. Bacalah dua pantun berikut!
Pantun 1
Orang naik menjerat rusa
Rusadigulai diberi sambal
Orang baik ingat usia
Usia dipakai mencari bekal


Pantun 2 
Daun terap di atas dulang
Anak udang mati di tuba
Dalam kitab ada terlarang
Yang haram jangan dicoba-coba

Persamaan isi pantun tersebut adalah…
A. Terdapat pesan moral
B. Termasuk pantun duka cita
C. Menceritakan kehidupan manusia
D. Merupakan di dalamnya sebuah nasihat
E. Mengingatkan orang yang menjelang ajal 

Jawaban : D

22. Bacalah teks berikut!

Kutipan 1
Banjir adalah fenomena alam yang bersumber dari curah hujan dengan intensitas tinggi dan durasi lama pada daerah aliran sungai (DAS). Banjir terjadi karena sebab alam dan tindakan manusia. Penyebab alami banjir adalah erosi dan sedimentasi, curah hujan, pengaruh fisiografi/geofisik sungai, kapasitas sungai, drainase lahan, dan pengaruh air pasang.Penyebab banjir karena tindakan manusia adalah perubahan tata guna lahan, pembuangan sampah, kawasan padat penduduk di sepanjang sungai, dan kerusakan bangunan pengendali banjir.

Kutipan 2
Kekeringan merupakan fenomena hidrologi yang paling kompleks, perwujudan dan penambahan isu-isu berkaitan dengan iklim, tata guna lahan, dan norma pemakaian air. Kompleksitas bertambah karena diketahui kekeringan merupakan bencana dengan prosesnya berjalan lambat sehingga dikatakan sebagai bencana merangkak.Kekeringan datang tidak tiba-tiba seperti banjir atau gempa bumi, tetapi timbul perlahan-lahan sehingga sangat mudah diabaikan.Tidak bisa diketahui secara pasti awal dan kapan bencana ini berakhir, tetapi semua baru sadar setelah berada di periode tengahnya.

Persamaan kedua teks tersebut adalah…
A. menguraikan sebab akibat terjadinya fenomena alam.
B. membicarakan gejala alam yang terjadi di muka bumi ini.
C. memperkirakan timbulnya bencana akibat tindakan manusia. 

D. menjelaskan gejala alam yang muncul pada musim tertentu.
E. membahas tentang gambaran awal terjadinya fenomena alam. 

Jawaban : E

23. Bacalah teks berikut!
Sisa kejadian tiga tahun lalu boleh jadi masih terserak di mata Karang. Boleh jadi masih berserak-serak di sudut kenangannya. Tapi kabar baik itu pasti akhirnya tiba, membawa janji perubahan yang menyenangkan, lihatlah, semenyakitkan apa pun kejadian itu dia terlihat tetap tidak berubah, […].

Moga Bunda Disayang Allah, Tere Liye 
Pribahasa yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah…
A. Maksud hati memeluk gunung, apa daya tangan tak sampai.
B. Seperti ayam, kais pagi makan pagi, kais petang makan petang. 

C. Tak lekang oleh panas, tidak lapuk oleh hujan.
D. Yang dikejar tiada dapat, yang dikandung berceceran.
E. Sebodoh-bodoh keledai, tidak akan dua kali terantuk pada satu batu. 

Jawaban : C

24. Bacalah dialog berikut!
(1) Guru : Mengapa kamu terlambat?
(2) Peserta didik : Maaf, bu, saya semalam mengerjakan tugas sampai jam 12.00 malam, akhirnya saya telat bangun pagi.
(3) Guru : Mengapa kamu mengerjakan tugas sampai malam sekali, memangnya tugas itu baru kamu terima?
(4) Peserta didik : (menunduk) tidak! saya yang salah bu, tugas itu sudah diberikan seminggu yang lalu. Hari ini harus dikumpulkan, akhirnya saya harus begadang mengerjakannya.
(5) Guru : Akankah kamu ulangi! Kamu tidak jera? (6) Peserta didik : (menunduk)
(7) Guru : Semua pilihan ada pada diri kamu. Kamu yang tentukan semuanya!
(8) Peserta didik : iya, bu.
(9) Guru : Sekarang, sebelum kamu masuk kelas, sirami tanaman-tanaman dalam pot itu terlebih dahulu, sebagai sanksi untuk kamu!

kalimat imperatif yang terdapat dalam dialog tersebut terdapat pada nomor…
A. (1) 

B. (4) 
C. (5) 
D. (7) 
E. (9) 
Jawaban : E

25. Cermatilah paragraf berikut!
Gunung Semeru adalah salah satu wisata alam yang menyuguhkan pemandangan [ … ]. Gunung setinggi 3.367 m dpl ini [ … ] untuk tempat menyaksikan sunrise dan sunset. Salah satu tempat di lereng Gurung Semeru yang digemari para pendaki yaitu Danau Ranu Kumbolo. Danau Ranu Kumbolo berada di ketinggian 2.400 m dpl. Danau ini menjadi tepat peristirahatan dan berkemah [ … ] bagi para pendaki sebelum menuju puncak Mahameru.

Disadur dari: //uniqspot.com/, 7 Oktober 2016 
Frasa adjektif yang tepat untuk mengganti frasa bercetak miring adalah…
A. lebih indah, lebih cocok, kurang favorit
B. kurang indah, kurang cocok, lebih favorit

C. begitu indah, sangat cocok, paling favorit 
D. begitu indah, paling cocok, kurang favorit 
E. paling indah, kurang cocok, paling favorit 
Jawaban : C

26. Cermatilah kutipan berikut!
Tokoh-tokoh novel karya Pramoedya Ananta Toer adalah ”model karakter” tertindas tetapi penuh semangat dalam menegakkan kebenaran sejarah perjuangan rakyat Indonesia zaman kolonial Belanda dan era Orde Baru. Lawatannya ke Bali mencerminkan watak Pram yang senantiasa melakukan perlawanan terhadap kekuasaan yang memasungnya. Ini tergambar dalam novel-novelnya.

Kalimat tanggapan (esai) yang sesuai dengan kutipan tersebut adalah…
A. Pram dan sosoknya menjadi teks tertutup yang aneh kalau diterjemahkan sebagai tokoh kontroversial seperti dalam tokoh-tokohnya dalam novel.
B. Novel-novelnya hasil riset historis dan sikap yang tegas atas ketidakadilan, penindasan, atau impian atas bangsa, dan nasionalisme yang paripurna.
C. Dia menulis dari sejarah dan untuk sejarah. Dia tidak mau menulis tanpa dasar data dan pengamatan yang kuat serta semua melalui proses perenungan.
D. Kebangkitan sejarah dan perjuangan rakyat Indonesia selama dan sesudah era kolonialismeBelanda menjadi hiasan dalam novel-novelnya.
E. Dalam rangka memahami proses pembentukan jati diri Pram sebagai seorang penulis nasionalisyang antifeodalisme dan antikolonialisme 

Jawaban : B

27. Cermatilah kutipan berikut!
Dalam buku antologi berjudul Nostalgi = Transendensi karya Toeti HeratyNoerhadi sepintas lalu terkesan puisi yang mudah dipahami, bahasanya enak, dan setiapkata dalam urutan larik disusun enteng seperti mengalir begitu saja. Tetapi, apa yangkita dapati pada puisi Wanita, Dua Wanita, Jogging di Jakarta, dan Balada SetengahBaya. Berisi protes atau bahkan gugatan keras terhadap citra wanita yang dalamkacamata laki-laki selalu ditempatkan sebagai interior. Yang menarik, penyair terkesansekadar merekam atau memotret tanpa pretensi apa- apa, hanya menyampaikan fakta,pemandangan kita sehari-hari, padahal ia merupakan bagian dari kehidupan kesehariankaum wanita.

Kalimat kritik yang sesuai dengan kutipan tersebut adalah…
A. Kadangkala, sebuah puisi berbaik hati membukakan jalan yang agak berkelok-kelok dan memberi pencerahan menuju kepada pemahaman makna.
B. Membaca dan mencoba mencermati antologi ini kita seolah-olah dibawa arus besar yaitu kegelisahan seorang pencari yang berjumpa dengan yang dicari.
C. Pembahasan ringkas puisi-puisi Toeti Heraty Noerhadi ini tentu saja sangat memadai dan bukankan memang demikian seharusnya dalam proses kreativitas.
D. Pada saat tertentu penyair menempatkan dirinya selaku subjek dan pada saat yang lain sekaligusjuga sebagai objek, meski yang diamati kepedihan dirinya.
E. Hampir semua puisinya enak dibaca tetapi kita akan terkejut betapa derasnya pertanyaan menerjang manakala kita berusaha memahami pesan dan maknanya. 

Jawaban : E

28. Bacalah kalimat berikut!
Dunia artis di Indonesia akhir-akhir ini sering disoroti
Kalimat argumentasi yang mendukung pendapat tersebut adalah ...
A. Para artis berusaha semaksimal mungkin mempertahankan prestasi hingga sempurna
B. Artis di Indonesia, ada yang frustasi karena terlalu banyak mendapat sorotan negatif dalam kehidupannya
C. Para artis lebih menutamakan meraih prestasi cemerlang di panggung daripada melanjutkan pendidikan
D. Tampil glamor adalah biasa dalam kehidupan keartisan sehingga berbagai cara mereka lakukan untuk mendapatkannya.
E. Beragam hal menarik muncul, seperti terjun ke politik, anak artis yang mengikuti jejak orang tuanya, dan munculnya penyanyi baru yang berprestasi 

Jawaban : E

29. Bacalah teks berikut!
Sepanjang tahun 2011 bank-bank nasional mampu menikmati kenaikan laba. Jika, bank-bank asing yang beroperasi di Indonesia malah bernasib berbeda. Sejumlah bank harus rela memperoleh laba pada tahun 2011 lebih kecil dibandingkan tahun 2010.

Mengutip laporan keuangan publikasi bank di situs Bank Indonesia (BI), tiga perusahaan mencatat penurunan laba. Laba Chaty Bank menurun sehingga melambatnya bisnis pascasanksi di divisi konsumen. Pendapatan pun turun setidaknya beban usaha meningkat.

Konjungsi (kata penghubung) yang tepat untuk mengganti kata bercetak miring adalah…
A. namun, bahwa, karena 

B. bahkan, agar, sementara 
C. namun, karena, walaupun
D. namun, karena, sementara
E. karena, walaupun, padahal 

Jawaban : D

30. Cermatilah paragraf berikut!
Seorang balita perempuan di Bekasi, Jawa Barat, meninggal dunia. Balita ini meninggal diduga akibat [ … ] di salah satu rumah sakit swasta. Balita perempuan bernama Falya Raafan Blegur meninggal dunia setelah sempat kritis selama 3 hari. Balita berusian 1 tahun 3 bulan ini meninggal usai mendapat suntikan [ … ] oleh seorang perawat atas perintah dokter. Falya disuntik sesaat akan pulang setelah menjalani rawat inap akibat menderita sakit [ … ] ringan.

Disadur dari :http://tv.liputan6.com/ 7 Oktober 2016

Kata serapan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah…
A. malpraktik, antibotik, dehidrasi 

B. malapraktik, antibiotik, dehidrasi 
C. malapraktik, antibiotics, dehidrasi
D. malpraktek, antibiotics, dehidration
E. malapraktek, antibiotics, dehidration 

Jawaban : B

31. Bacalah paragraf berikut!
Pulang sekolah Ade menemukan kucing kecil di jalan. Kelihatannya kucing itu […] tidak makan. Suaranya sangat lemah. Ade merasa iba melihat kucing itu. Dibawanya kucing itu ke rumah. Ia menaruh kucing itu di dalam gudang. Dengan […] ia memberi makan kucing itu karena takut ketahuan ayahnya. Setelah beberapa hari, Ade melihat kucing itu […] sangat lincah.

Kata ulang yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah…
A. sehari-hari, sembunyi-sembunyi, lari-lari
B. sehari-hari, sembunyi-sembunyi, lari-larian 

C. hari-hari, sembunyi-sembunyi, berlari-larian 
D. berhari-hari, tersembynyi-sembunyi, lari-lari 
E. berhari-hari, sembunyi-sembunyi, berlari-lari 
Jawaban : E

32. Bacalah teks berikut!
Gunung Arjuno merupakan salah satu tujuan pendakian di Jawa Timur. Di puncak Gunung Arjuno anginnya sangat kencang dan suhunya antara 5-10 derajat celcius. Di puncak itu kita dapat menikmati suatu panorama yang sangat indah [ … ] malam tiba. Kita dapat melihat lampu-lampu yang menghiasi Kota Surabaya, Malang Batu, dan Pasuruan. Kita juga dapat menikmati kerlip lampu-lampu kapal yang sedang berada di laut utara. Kita dapat menikmati pemandangan [ … ] mendirikan tenda untuk bermalam.

Disadur dari: http://www.catatanhariankeong.com/, 6 Oktober 2016

Konjungsi (kata penghubung) yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah…
A. sejak, tiba 

B. ketika, bila 
C. ketika, kalau
D. sejak, sambil
E. ketika, sambil 

Jawaban : E

33. Bacalah paragraf berikut!
Daeng terkenal sebagai anak yang bersikap sesuka hati dan semaunya sendiri. Ia selalu meminta apa pun yang dipunyai temannya. Daeng selalu meminjam peralatan sekolah teman sekelasnya. Teman-teman daeng kesal terhadap sikapnya. Ia memang [ … ]. Ia tidak mempunyai rasa malu sedikit pun terhadap teman-temannya.

Ungkapan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah…
A. bermuka licin
B. bermuka keruh
C. bermuka dinding
D. bermuka sabak
E. bermuka manis 

Jawaban : C

34. Bacalah paragraf berikut!
Becak mesin adalah istilah untuk becak yang [ … ] mesin. Becak mesin termasuk alat transportasi yang [ … ] di Sumatra Utara untuk perjalanan dari pintu ke pintu. Kerangka becak mesin tetap [ … ] kerangka becak biasa, hanya saja dipasang mesin di bawahnya. Pedal yang ada tetap bisa berfungsi ketika mesin yang terpasang tidak menyala atau tidak digunakan.

Disadur dari : http:// www.berkuliah.com/, 7 Oktober 2016

Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi paragraf rumpangtersebut adalah…
A. digerakkan, beroperasi, digunakan
B. menggerakkan, dioperasi, digunakan 

C. menggerakkan, beroperasi, digunakan 
D. digerakkan, beroperasi, menggunakan 
E. menggerakan, dioperasi, menggunakan 
Jawaban : D

35. Bacalah paragraf berikut!
Pada bulan Nopember guru mata pelajaran bahasa Indonesia. Memberikan tugas kepada siswa kelas X IPA-3. Tugas tersebut dilaksanakan secara team. Adapun tugas yang diberikan, yaitu siswa diwajibkan membuat iktisar dalam bentuk diskripsi pengalaman menempuh pendidikan di sekolah yang baru.

Ejaan yang tepat untuk mengganti kata yang bercetak miring adalah…
A. Nopember, tim, iktisar, deskripsi 

B. November, tim, iktisar, deskripsi 
C. November, tim, ikhtisar, diskripsi 
D. November, team, iktisar, diskripsi 
E. November, tim, ikhtisar, deskripsi 
Jawaban : E

36. Bacalah paragraf berikut!
Pencemaran lingkungan tampaknya semakin parah di negeri ini. Berbagai kasus pencemaran mencuat di beberapa wilayah. Penderitaan manusia dan kerugian materiil pun mulai disadari sebagai akibat terkontaminisasi alam lingkungan oleh racun dan limbah.

Istilah yang tepat untuk mengganti kata yang bercetak miring adalah…
A. materi, dikontaminasi 

B. materil, terkontaminasi 
C. material, terkontaminasi
D. material, terkontaminasis
E. materialis, terkontamidasi 

Jawaban : C

37. Bacalah kutipan cerpen berikut!

Novel Ayahku (Bukan) Pembohong mengisahkan seorang Ayah Dam yang menceritakan cerita hebat kepada anak Dam. Dam adalah seorang anak yang dibesarkan dengan cerita kesederhanaan hidup. Cerita-cerita itulah yang mendidik dan membangun karakternya sejak kecil. Beranjak dewasa, ia mulai berhenti percaya pada cerita-cerita ayahnya. Ia merasa ayahnya telah berbohong padanya sejak kecil dan ia tidak akan pernah bisa memaafkan ayahnya. Akhirnya, Dam terus membenci ayahnya bahkan sampai ia sukses. Akhirnya, Dam terlambat menyadari kesalahannya. Saat ayah Dam meninggal, ia baru menyadari betapa berartinya ayah dalam kehidupannya.

Novel ini menggunakan sudut orang pertama. Alur yang digunakan adalah alur campuran. Walau menggunakan alur campuran, novel ini tidak membuat pembaca bingung. Pembaca dapat menikmati setiap masa ketika Dam kecil dan kembali ke kehidupan dam dewasa. Novel ini menggunakan bahasa sederhana mudah dimengerti. Novel ini sangat inspirtif dan kaya akan nilai-nilai moral. Novel ini menyadarkan kita betapa pentingnya keluarga, terutama ayah. Namun, novel ini menceritakan tempat-tempat yang hanya ada dalam imajinasi manusia, seperti Lembah Bukhara dan Akademi Gajah.
Dikuti dari:http://timetoshareguys.blogspot.co.id/ 5 Oktober 2016 

Kalimat resensi (penilaian yang menyatakan keunggulan) dalam kutipan tersebut adalah….
A. Novel Ayahku (Bukan) Pembohong menggunakan bahasa sederhana dan mudah dimengerti seluruh penikmat novel, sangat inspiratif, dan kaya akan nilai-nilai moral.
B. Novel Ayahku (Bukan) Pembohong menceritakan seorang anak yang membenci dan tidak mau memaafkan ayahnya sehingga timbul penyesalan saat ayahnya sudah meninggal.
C. Novel Ayahku (Bukan) Pembohongmerupakan cerita fiksi karena pengarang menceritakan kisah kehidupan seorang ayah yang sering berbagi cerita kepada anaknya.
D. Novel Ayahku (Bukan) Pembohong menceritakan tempat-tempat yang hanya ada dalam imajinasi manusia sehingga pembaca sulit menggambarkan keadaan tempat yang dimaksud.
E. Novel Ayahku (Bukan) Pembohong memiliki amanat mengajak pembaca, terutama generasi muda untuk menghormati dan menjaga perasaan orang tua serta menyadarkan akan hakikat kebahagiaan sejati yang selama ini disalahartikan orang. 

Jawaban : A

38. Bacalah bacaan berikut ini!
Dalam rangka meningkatkan dunia pariwisata di Bali, disarankan untuk membeli buku pariwisata dan pembangunan ekonomi bali sebagai kasus.

Penulisan judul buku yang tepat dari bacaan tersebut adalah…. 
A. Pariwisata Dan Pembangunan Ekonomi Bali Sebagai Kasus 
B. Pariwisata dan Pembangunan Ekonomi Bali Sebagai Kasus 
C. Pariwisata dan Pembangunan ekonomi Bali sebagai Kasus 
D. Pariwisata dan Pembangunan Ekonomi Bali sebagai Kasus 
E. Pariwisata Dan Pembangunan Ekonomi Bali sebagai kasus 
Jawaban : D

39. Cermatilah beberapa kalimat berikut!
(1) Dodi, mengucapkan terima kasih atas bantuan Tarno.
(2) Peserta yang tidak membawa kartu, harus melaporkan diri kepada panitia. 

(3) A.T. Sugiyanto tinggal di Jalan Mawar 5, Pati, Jawa-Tengah.
(4) Ia harus pulang sekarang, karena sakit.
(5) Sahabat saya, Gunarto tinggal di Manokwari.
Tanda baca yang tepat adalah kalimat nomor….
A. (1) 

B. (2) 
C. (3) 
D. (4) 
E. (5) 
Jawaban : E

40. Cermati kalimat berikut dengan saksama!
Indonesia adalah surga sekaligus kisah nyata, bukan isapan jempol belaka atau romantisme dari masa lalu…
Inti kalimat pada kalimat tersebut adalah … 

A. Indonesia adalah surga
B. Indonesia adalah kisah nyata
C. Indonesia bukan isapan jempol belaka
D. Indonesia bukan romantisme masa lalu
E. Indonesia adalah surga sekaligus kisah nyata 

Jawaban : E

SOAL URAIAN

Bacalah teks cerpen berikut untuk menjawab soal nomor 41 s.d. 45!




Perihal Orang Miskin yang Bahagia 
Cerpen Agus Noor
“AKU sudah resmi jadi orang miskin,” katanya, sambil memperlihatkan Kartu Tanda Miskin, yang baru diperolehnya dari kelurahan. “Lega rasanya, karena setelah bertahun-tahun hidup miskin, akhirnya mendapat pengakuan juga.”
Kartu Tanda Miskin itu masih bersih, licin, dan mengkilat karena dilaminating. Dengan perasaan bahagia ia menyimpan kartu itu di dompetnya yang lecek dan kosong.
“Nanti, bila aku pingin berbelanja, aku tinggal menggeseknya.”
Diam-diam aku suka mengintip rumah orang miskin itu.Ia sering duduk melamun, sementara anak- anaknya yang dekil bermain riang menahan lapar. “Kelak, mereka pasti akan menjadi orang miskin yang baik dan sukses,” gumamnya.

Suatu sore, aku melihat orang miskin itu menikmati teh pahit bersama istrinya. Kudengar orang miskin itu berkata mesra, “Ceritakan kisah paling lucu dalam hidup kita….”
“Ialah ketika aku dan anak-anak begitu kelaparan, lalu menyembelihmu,” jawab istrinya. Mereka pun tertawa.Aku selalu iri menyaksikan kebahagiaan mereka.

Orang miskin itu dikenal ulet.Ia mau bekerja serabutan apa saja. Jadi tukang becak, kuli angkut, buruh bangunan, pemulung, tukang parkir. Pendeknya, siang malam ia membanting tulang, tapi alhamdulillah tetap miskin juga. “Barangkali aku memang turun-temurun dikutuk jadi orang miskin,”ujarnya, tiap kali ingat ayahnya yang miskin, kakeknya yang miskin, juga si mbah buyutnya yang miskin.Ia pernah mendatangi dukun, berharap bisa mengubah garis buruk tangannya. “Kamu memang punya bakat jadi orang miskin,” kata dukun itu.“Mestinya kamu bersyukur, karena tidak setiap orang punya bakat miskin seperti kamu.”Kudengar, sejak itulah, orang miskin itu berusaha konsisten miskin.

Pernah, dengan malu-malu, ia berbisik padaku. “Kadang bosan juga aku jadi orang miskin.Aku pernah berniat memelihara tuyul atau babi ngepet.Aku pernah juga hendak jadi pelawak, agar sukses dan kaya,” katanya. “Kamu tahu kan, tak perlu lucu jadi pelawak. Cukup bermodal tampang bego dan mau dihina-hina.”

“Lalu kenapa kau tak jadi pelawak saja?”

Ia mendadak terlihat sedih, lalu bercerita, “Aku kenal orang miskin yang jadi pelawak. Bertahun- tahun ia jadi pelawak, tapi tak pernah ada yang tersenyum menyaksikannnya di panggung. Baru ketika ia mati, semua orang tertawa.”

Orang miskin itu pernah kerja jadi badut.Kostumnya rombeng, dan menyedihkan. Setiap menghiburdi acara ulang tahun, anak-anak yang menyaksikan atraksinya selalu menangis ketakutan.

“Barangkali kemiskinan memang bukan hiburan yang menyenangkan buat anak-anak,” ujarnya membela diri, ketika akhirnya ia dipecat jadi badut. Kadang-kadang, ketika merasa sedih dan lapar, orang miskin itu suka mengibur diri di depan kaca dengan gerakan-gerakan badut paling lucu yang tak pernahbisa membuatnya tertawa.

Pertanyaan :
41. Jelaskan konflik pada teks cerpen tersebut!
42. Bagaimana watak para tokohnya, jelaskan!
43. Sebutkan dan jelaskan nilai-nilai yang terdapat pada teks cerpen tersebut!
44. Tuliskan amanat pada teks tersebut!
45. Ringkaslah teks cerpen tersebut dengan baik!

Bacalah teks cerpen berikut untuk menjawab soal nomor 46 s.d. 50!

“Ya, right! Okey!” telepon diletakkan.
“Paing, kamu ganti pakaian dulu lalu ke bank ngambil uang. Tuan akan ke AbuDhabi nanti sore. Sebentar lagi mobilnya dari kantor akan datang mengantarmu.Ingat, haruskamu sendiri yang ngambil.Bawa KTP-mu. jangan sekali-kalimenyerahkannya pada sopir. Dia tidak bisa dipercaya.Kaset-kaset dan kacamatadi mobil suka ilang.”Peragawati minta diambilkan tas berisi buku dan beberaparol film.
“Sebelumke bank kamu ke Kemang dulu memfotokopibuku dan cuci-cetak film ini. Tinggalsaja di sana. Setelah dapat uang dari bank kembalilah membayar fotokopidan foto.Lalu ke laundry ngambil pakaian tuan sekalian membayar tagihan minggu lalu.Suruh sopir cepat ke kantor menjemput tuan. Bilang, jangan mampir-mampir.Kamu sendiri kembali ke sini naik taksi.Paham?!”
Ia tenggelam di dalam mobil kelas satu. Di tangannya segepok uang dari bank,jumlahnya berlipat-lipat gajinya sendiri.
“Alangkah kecil diriku, gajiku cuma sekalibiaya ke laundry pun belum cukup!” hati kecilnya teraduk-aduk.
Sementara itudi sebelahnya sopir dibakar cemburu dan marah.Mulutnya ngocol terus. Diaakan melawan siapa saja yang mencurigai dan memfitnahnya sebagai pencuri.Dia siapkan golok di bawah bagasi mobil.

Ketika akhir bulan semua dikumpulkan, dari pembantu sampai sopir.Satupersatu dipanggil untuk menerima gaji.Tiba pada giliran dia segalanya terasahambar.Ia yakin isi amplop itu jumlahnya pas seperti didengar istrinya di teleponrumah tante.Ia serahkan amplop itu pada istrinya. Anak-anaknya menghambur penuhkerinduan.Suka-cita membayang di wajah mereka.

Pertanyaan :
46. Jelaskan konflik pada teks cerpen tersebut!
47. Bagaimana watak para tokohnya, jelaskan!
48. Sebutkan dan jelaskan nilai-nilai yang terdapat pada teks cerpen tersebut!
49. Tuliskan amanat pada teks tersebut!
50. Ringkaslah teks cerpen tersebut dengan baik! 


Latihan Soal dan Kunci Jawaban USBN Bahasa Indonesia SMA 2019 PDF, DOWNLOAD

Demikiarn artikel tentang Latihan Soal dan Kunci Jawaban USBN Bahasa Indonesia SMA 2019. Semoga bermanfaat, dan sobat bisa mengerjakan naskah asli USBN mendatang dengan baik.
Advertisement

Baca juga:

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments