Skip to main content

Latihan Soal dan Kunci Jawaban UN/UNBK Sosiologi SMA 2019

Latihan Soal dan Kunci Jawaban UN/UNBK Sosiologi SMA 2019
Kembali lagi dengan Soalprediksi.com. Menimbang pelaksanaan Ujian Nasional yang semakin dekat. Di kesempatan kali ini admin akan memberikan latihan soal UN di mapel sosiologi, untuk jurusan IPS jenjang pendidikan SMA/MA.

Latihan soal UN Sosiologi SMA terbaru 2019 ini mencakup keseluruhan materi yang pernah sobat pelajari di 3 tahun terakhir masa indah SMA itu. Tentunya sudah disesuaikan dengan kisi - kisi UN sosiologi tahun ajaran terbaru yaitu 2018/2019. 

Kabar baiknya kisi - kisi tersebut sudah resmi diluncurkan oleh pihak BSNP. Dengan ringkasan materi UN Sosiologi adalah sebagai berikut : 
  1. Konsep dan Objek kajian sosiologi
  2. Kehidupan sosial, permasalahan dan solusinya
  3. Masyarakat multikultural dan perubahan sosial
  4. Penelitian sosial
Rincian lengkapnya bisa sobat akses di laman resmi BSNP.

UNBK yang menjadi salah satu kata kunci di judul artikel latihan soal ini admin buat sedemikian rupa menimbang dari sistem terbaru UN yang sudah dipakai hampir secara menyeluruh di Indonesia. Jadi ya admin namakan itu, terdengar lebih keren saja (Ujian Nasional Berbasis Komputer). 

Mulai diberlansungkan di Indonesia sebanyak 2 sekolah saja pada tahun 2014. Di tahun kemarin pelaksanaan UNBK sudah menjaring lebih dari 70% sekolah di negeri kita. Dan untuk ke depannya pada tahun 2019, sudah dirapatkan bahwa 100% sekolah akan memberlangsungkan sistem tersebut.

Oh iya, bukan sekolah, tapi siswanya. Pasalnya sudah ada kebijakan bahwa untuk sekolah yang belum mampu menyelenggarakan sistem ini, bisa menumpang ke sekolah lain (resource sharing). 

Latihan Soal dan Kunci Jawaban UN/UNBK Sosiologi SMA 2019

Latihan Soal dan Kunci Jawaban UN/UNBK Sosiologi SMA 2019

Latihan soal UN/UNBK sosiologi ini bisa sobat gunakan untuk latihan pembelajaran yang bisa membantu meraih hasil yang maksimal. Dokumen PDF sudah tersedia, dan sobat bisa mendownloadnya secara gratis. Sedangkan untuk copy paste tidak diijinkan, terutama untuk di publikasikan kembali di blog sobat.

Berikut ini adalah Latihan Soal dan Kunci Jawaban UN Sosiologi SMA 2019. Selamat mengerjakan...

1. Keteraturan sosial menjadi kebutuhan pokok dalam masyarakat. Oleh karena itu, masyarakat membuat nilai dan norma agar anggota masyarakatnya menjadi tertib. Setiap perilaku individu dalam aktivitasnya harus selalu mempertimbangkan keberadaan orang lain di sekitarnya. 

Deskripsi tersebut menjelaskan konsep dasar sosiologi yaitu ....
A. fakta sosial
B. peranan sosial
C. tindakan sosial 
D. identitas sosial
E. kedudukan sosial 

Jawaban : C

2. Akhir-akhir ini terjadi gejala kelompok sosial yang ajarannya menyimpang dari norma umum. Masih banyak anggota masyarakat yang terkecoh dan masuk dalam kelompok tersebut. Penelitian sosial dilakukan untuk mengetahui sikap anggota masyarakat terhadap gejala tersebut dengan mewawancarai tokoh masyarakat. 
Dalam hai ini sosiologi berfungsi sebagai....
A. perencanaan sosial
B. penelitian sosial
C. pemberdayaan sosial 
D. pengevaluasi program 
E. pendidik masyarakat 
Jawaban : D

3. Perhatikan gambar berikut ini!


Pada gambar di atas menunjukkan interaksi sosial dengan menjunjung tinggi kaidah umum yang belandaskan ….
A. keagamaan 

B. keindahan 
C. kerjasama 
D. kebendaan 
E. kesopanan 
Jawaban : C

4. Setiap orang yang membeli wajib untuk membayar sesuai dengan harga kesepakatan. Begitu juga dengan pembeli yang harus memberikan barang sesuai dengan kesepakatan tentang harga, jumlah dan kualitasnya. Jika kesepakatan itu dilakukan kedua pihak maka akan terbentuk ketertiban perilaku dalam perdagangan. 

Deskripsi tersebut menunjukkan fungsi norma yaitu ....
A. memberi pedoman untuk berperilaku baik pada masyarakat

B. membatasi tindakan sosial atau perilaku anggota masyarakat 
C. menanamkan aturan dan budaya ke dalam diri individu
D. menentukan arah dinamika dalam tatanan sosial setempat
E. menjaga solidaritas sosial antaranggota kelompok penjul 

Jawaban : A

5. Ketika terjadi peristiwa peledakan bom di Jakarta, banyak pemimpin negara sahabat yang mengecam bahkan mengutuk tindakan teror kelompok radikal tersebut. Interkasi yang terjadi antara pemimpin negara sahabat dengan kelompok radikal tersebut berbentuk….
A. konflik
B. kooperasi 

C. kompetisi 
D. akulturasi
E. kontravensi 

Jawaban : E

6. Ketika mendengar penderitaan warga masyarakat yang tertimpa musibah tanah longsor, para siswa merasa kasihan sehingga secara bersama-sama mengumpulkan dana bantuan untuk diberikan kepada para korban bencana. Tindakan para siswa tersebut didorong oleh faktor .... 

A. empati
B. simpati 

C. sugesti 
D. imitasi
E. motivasi 

Jawaban : A

7. Setiap akan pergi ke mana pun orang tua selalu mengajarkan kepada anaknya agar berpamitan dan memberikan salam. Hal ini berlaku kepada seluruh anggota keluarga dan orang tua menjadi teladan dalam perilaku tersebut. Kebiasaan yang berulang seperti itu menujukkan faktor pembentuk keteraturan sosial yang berupa ....
A. order perilaku 

B. pola tindakan 
C. tertib tindakan 
D. tatanan sosial
E. keajegan perilaku 

Jawaban : E

8. Beberapa anak kecil asyik bermain bersama teman-temannya. Ada yang menjadi penjual dan ada yang menjadi pembeli seperti layaknya sebuah pasar. Pembeli menggunakan uang dari daun dan barang yang dijual berupa pecahan genting. Sesungguhnya mereka belum mengerti makna sebenarnya dari kegiatan perdagangan tersebut. Contoh tersebut menunjukkan terjadi sosialisasi pada tahap....
A. play stage 

B. game stage 
C. role play
D. generalized others
E. preparatory stage 

Jawaban : A

9. Adik enggan belajar karena merasa pekerjaan rumah terlalu banyak dan sulit. Sebenarnya itu hanya alasan karena adik sedang asyik melihat tayangan film kartun kesukaannya di TV. Mengetahui hal itu, ayah mematikan TV dan meminta adik mengerjakan PR. Jika tidak mengerjakan dan belajar maka ayah mengancam adik tidak boleh melihat tayangan TV dan tidak jadi diajak pergi liburan. Dari contoh tersebut dapat disimpulkan bahwa pola sosialisasi yang dilakukan yaitu ….
A. demokratis
B. partisipatorik
C. otokratis

D. represif 
E. inisiasif 
Jawaban : D

10. Di rumah diajarkan cara berperilaku yang baik sesuai dengan nilai dan norma masyarakat. Tetapi karena sering bergaul dengan anak yang nakal, maka kemudian ia tumbuh menjadi anak yang nakal pula. Ilustrasi tersebut menggambarkan terjadinya perilaku menyimpang karena….
A. lingkungan sosialisasi primer
B. kepribadian ganda individu 

C. kemampuan dalam adaptasi 
D. sosialisasi tidak sempurna
E. sub-budaya yang menyimpang 

Jawaban : D

11. Sejumlah siswa seringkali mencuri waktu untuk bermain telepon seluler saat belajar di kelas. Ia seolah-olah serius untuk browsing mencari informasi saat didekati oleh guru. Jika guru lengah maka ia asyik bermain game pada telepon pintarnya. Perilaku seperti itu merupakan penyimpangan yang tergolong ....
A. gaya hidup
B. sekunder 

C. kolektif 
D. primer
E. kriminal 

Jawaban : D

12. Orang tua selalu menasehati putra putrinya saat akan berangkat sekolah agar hati-hati di jalan, serius dalam belajar, dan pandai memilih teman. Mereka berharap agar putra putrinya dapat menjadi individu yang berguna dan tidak salah dalam bergaul. Hal ini merupakan sifat preventif dalam pengendalian sosial yang berarti....
A. mengatasi suatu peristiwa dengan tindakan kekerasan
B. melakukan upaya tindakan sebelum suatu peristiwa terjadi 

C. membatasi perluasan peristiwa dengan menekan individu 
D. mengurangi peristiwa dengan bertindak secara halus
E. menekan peristiwa agar tidak semakin meluas 

Jawaban : B

13. Piramida struktur sosial seperti berikut ini: Keterangan :


Kelas sosial dalam masyarakat tersebut berdasarkan faktor .... 

A. kelahiran
B. kekayaan 

C. keturunan 
D. kekuasaan 
E. pendidikan 
Jawaban : D

14. Setelah meninggal dunia, ayah Temurun mewariskan harta yang melimpah kepada anak semata wayangnya. Namun karena didikan orang tua yang baik, kini Temurun menjadi orang kaya dan dermawan sehingga ia sangat dihormati oleh masyarakat daerahnya. 

Posisi sosial yang diperoleh Temurun yaitu ....
A. achived status 

B. ascribed status 
C. assigned status 
D. status conflict 
E. status role 
Jawaban : A

15. Meskipun orang tuanya hidup dalam kemiskinan namun ananknya sangat tekun dalam belajar karena menyadari pentingnya mengubah kehidupan masa depan. Akhirnya ia mendapatkan bea siswa kuliah di perguruan tinggi ternama dan menjadi pengurus organisasi kemasyarakatan di daerahnya sehingga ia memperoleh perhormatan dari masyarakat. Deskripsi tersebut menjelaskan adanya hubungan antara status sosial dengan….
A. interaksi sosial
B. peranan sosia
C. mobilitas sosial 

D. kelompok sosial 
E. akomodasi sosial 
Jawaban : C

16. Diferensiasi sosial masyarakat Indonesia diantaranya nampak dalam beragamnya budaya kesenian tradisional. Diferensiasi sosial tersebut membentuk struktur sosial horizontal, artinya hubungan sosial antara kelompok umat yang berbeda agama didasari prinsip ....
A. keadilan sosial bagi masyarakat banyak
B. kesempatan mendapatkan penghidupan
C. kesamaan hak & kewajiban (derajat) sosial
D. kebebasan untuk menjalankan ajaran agama
E. kesesuaian dengan situasi dan kondisi masyarakat 

Jawaban : C

17. Kehidupan sosial masyarakat Indonesia diwarnai dengan beragamnya suku bangsa dan budaya. Keragaman ini menjadi salah satu potensi konflik horizontal yang mengancam disintegrasi bangsa. Penyebab terjadinya keragaman tersebut yaitu ….,
A. struktur tanah wilayah indonesia yang bervariasi 

B. kemampuan bekerja setiap suku bangsa berbeda
C. sejarah masa lalu bangsa terjadi kolonialisme
D. kontak perdagangan dengan bangsa asing
E. kondisi geografis negara berupa kepulauan 

Jawaban : E

18. Perhatikan gambar berikut ini!


Gambar di atas menunjukkan adanya mobilitas .... 

A. antargenerasi vertikal turun
B. antargenerasi vertikal naik 

C. intra generasi vertikal turun 
D. intragenerasi vertikal naik 
E. antargenerasi horizontal 
Jawaban : B

19. Setelah menyelesaikan pendidikan tinggi di luar negeri, Anti (samaran) bekerja di suatu perusahaan di ibu kota. Saat ada pemilihan pimpinan perusahaan ternyata ia kalah bersaing dengan pegawai pria karena perusahaan beralasan membutuhkan tenaga yang kuat di lapangan. 

Faktor penghambat mobilitas sosial pada contoh yaitu....
A. tingkat pendidikan 

B. pengalaman kerja 
C. etos budaya kerja 
D. perbedaan fisik
E. keterampilan individu 

Jawaban : D

20. Masis adalah anak yag pandai. Ia tekun belajar disertai motivasi yang kuat untuk meraih pendidikan tinggi mengingat keluarganya berada di bawah garis kemiskinan. Namun semua itu tidak menyurutkan niatnya untuk meraih gelar sarjana. Setelah lulus ia diterima bekerja di perusahaan sebagai seorang asisten manajer.

Ilustrasi tadi menggambarkan perolehan achieved status pada diri Masis, karena....
A. diperoleh melalui usaha keras 

B. mendorong terjadi mobilitas 
C. didasarkan pada keturunan
D. membantu memperoleh jabatan
E. diberikan sebagai penghargaan 

Jawaban : A

21. Indonesia terdiri dari berbagai suku bangsa dengan budaya dan bahasa yang beragam.
Keragaman tersebut menjadi kekayaan budaya nasional yang berakar dari budaya daerah. Terjadinya keragaman kelompok sosial tersebut karena ....
A. faktor struktur tanah dan iklim yang bervariasi
B. sejarah masa lalu dengan datangnya bangsa asing
C. tingkat keterampilan mengolah tanah berbeda
D. posisi indonesia yang strategis dalam perdagangan
E. terjadi isolasi akibat bentuk negara kepulauan 

Jawaban : E

22. Bebeberapa ciri kelompok sosial yaitu:
(1) Hubungan sosial antaranggota kelompok sosial sangat erat dan intim
(2) Pembentukan kelompok dilandasi oleh hubungan secara batiniah
(3) Kontrol sosial cenderung longgar dan bersifat non formal
Cirri-ciri di atas menunjukkan kelompok sosial yaitu ….
A. paguyuban 

B. patembayan 
C. komunitas 
D. sekunder
E. formal 

Jawaban : A

23. Dilihat dari visi dan misinya, beberapa organisasi atau partai politik peserta Pemilu (pemilihan umum) di Indonesia beraliran agama tertentu. Munculnya partai politik aliran tersebut dilatarbelakangi oleh adanya ....
A. perbedaan program kerja 

B. ikatan tradisi yang kuat 
C. kepentingan nasional
D. kebebasan berserikat
E. ideologi nonformal 

Jawaban : E

24. Konflik yang terjadi pada beberapa partai karena adanya perbedaan pendapat tentang keabsahan musyawarah nasional (MUNAS) partai tersebut. Bahkan pemerintah turut campur tangan dalam upaya untuk meredakan konflik namun justru menjadi sumber permasalahan baru.

Ilustrasi tersebut menjelaskan terjadi konflik yang berlatar belakang masalah ....
A. tradisi
B. agama
C. ekonomi
D. ideologi
E. kepentingan 

Jawaban : E

25. Setelah melalui musyawarah keluarga dan tidak memperoleh jalan perdamaian, pasangan suami istri sepakat membawa permasalahan ke pengadilan agama. Mereka sepakat apa pun keputusan hakim untuk dapat diterima kedua belah pihak. 

Penyelesaian konflik seperti itu berbentuk.....
A. mediasi
B. konsiliasi 

C. integrasi 
D. adjudikasi
E. kompromi 
Jawaban : D

26. Bebeberapa ciri kelompok sosial yaitu:
(1) Hubungan sosial antaranggota kelompok sosial sangat erat dan intim
(2) Pembentukan kelompok dilandasi oleh jenis pekerjaan yang sama
(3) Kehidupan masyarakat sangat tergantung kepada alam sekitarnya
Cirri-ciri di atas dapat ditemukan pada masyarakat ….
A. perkotaan 

B. pertanian 
C. industrial 
D. ekonomi 
E. global 
Jawaban : B

27. Beberapa gejala sosial geografis masyarakat Indonesia:
(1) Keterbatasan peralatan teknologi komunikasi dan transportasi dalam masyarakat
(2) Kesatuan dan persatuan masyarakat dapat terbentuk berdasarkan kesepakatan hukum
(3) Wilayah negara terdiri dari ribuan pulau besar dan kecil yang berjajar dari barat ke timur
(4) Masyarakat terdiri dari banyak kelompok suku dan kelompok agama yang berbeda
(5) Isolasi sosial (putus interaksi) yang disebabkan oleh bentuk wilayah kepulauan
Yang terkait dengan sebab terjadinya masyarakat majemuk adalah.... 

A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2), dan (4) 

C. (1), (3), dan (5) 
D. (2), (4), dan (5) 
E. (3), (4), dan (5) 
Jawaban : C

28. Dalam tinjauan sosiologis, masyarakat Indonesia sering mengalami kesulitan dalam membangun konsensus nasional dan memiliki potensi konflik horizontal. Berbagai kegiatan rembug nasional dilakukan yang diikuti oleh berbagai kelompok yang beragam dalam rangka mencapai integrasi nasional. Bentuk integrasi sosial yang dilakukan yaitu ....
A. demokratis
B. partisipatoris
C. struktural 

D. fungsional 
E. koersi 
Jawaban : A

29. Di sekolah terdapat dewan guru terdiri dari berbagai latar belakang suku bangsa, agama, dan daerah asal. Namun mereka secara sinergis bertujuan untuk memajukan pendidikan di sekolah dengan memberikan layanan terbaik bagi peserta didik. Hal ini terjadi karena adanya hubungan yang mengikat antarmereka yang berupa…
A. tingkat pendidikan
B. jenis pekerjaan
C. jenis kepercayaan
D. tempat tinggal
E. tingkat ekonomi 

Jawaban : B

30. Masyarakat Indonesia sangat beragam dalam agama dan kepercayaan. Perbedaan ini dapat menjadi potensi konflik jika tidak dikelola dengan bijak. Untuk mewujudkan masyarakat yang harmonis maka masyarakat melakukan ….
A. saling berkunjung saat merayakan hari besar agama bagi warga yang berbeda kepercayaan
B. pelestarian tradisi masyarakat yang masih menjunjung tinggi pemurnian budaya nenek moyang
C. pelaksanaan kegiatan ritual secara besar-besaran dalam rangka memperkuat kebuadayaan daerah
D. pembentukan kelompok tertentu untuk mempertahankan nlai-nilai luhur masyarakat tradisional
E. kegiatan monopoli perekonomian bagi kelompok masyarakat tertentu untuk memperkuat dirinya 

Jawaban : A

31. Perhatikan pernyataan berikut ini!
(1) Memperkaya identitas budaya nasional
(2) Melestarikan warisan luhur nenek moyang
(3) Menjadi landasan dalam melakukan kearifan lokal 

(4) Menimbulkan adanya penguatan sikap primordial 
(5) Mendorong terjadinya pemenuhan kebutuhan warga

Pernyataan di atas yang menunjukkan keuntungan multikultural bagi bangsa yaitu nomor .... A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2), dan (4) 

C. (1), (3), dan (5) 
D. (2), (4), dan (5) 
E. (3), (4), dan (5) 
Jawaban : A

32. Perhatikan penyebab perubahan berikut ini!
(1) Perubahan cara hidup disebabkan perubahan iklim ekstrim
(2) Pergeseran norma sosial akibat pengaruh tatanan global
(3) Seringnya terjadi demonstrasi dalam menyampaikan tuntutan
(4) Jumlah penduduk yang sangat besar sebagai bonus demografi
(5) Melakukan penelitian untuk memperoleh penemuan teknologi baru

Pernyataan di atas yang menunjukkan penyebab internal perubahan yaitu nomor .... 

A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2), dan (4) 

C. (1), (3), dan (5) 
D. (2), (4), dan (5) 
E. (3), (4), dan (5) 
Jawaban : E

33. Perhatikan bagan berikut ini!


Contoh perubahan sesuai dengan gambar tersebut yaitu….
A. Penemuan computer mempengaruhi perubahan dalam bidang pendidikan, transpotasi, dan informatika
B. Penemuan kendaraan bermotor menyebabkan ongkos yang murah sehingga kesejahteraan masyarakat meningkat
C. Penemuan teknologi hibrida pada jenis padi menyebabkan hasil panen petani meningkat sehinga harga beras murah
D. Penemuan mesin jahit modern menyebabkan produksi pakaian meningkat sehingga mudah dijangkau masyarakat
E. Penemuan pesawat terbang menjadikan mobilitas enduduk antarwilayah menjadi cepat dan murah 

Jawaban : A

34. Penemuan pupuk kimia buatan dapat menggantikan kebutuhan pupuk kandang bagi petani.
Diyakini bahwa penggunaan pupuk ini dapat meningkatkan produksi beras secara signifikans. Dampak negatif dari perubahan tersebut dalam interaksi antarwarga yaitu….
A. mengendurnya hubungan masyarakat dalam gotong royong
B. kemampuan kerja tinggi sehingga cenderung bersikap individual 

C. pemanfaatan pupuk kimia buatan menyebabkan kooperasi warga 
D. hasil panen meningkat menjadi peyebab peningkatan status sosial
E. perubahan sistem pemupukan menjadikan potensi konflik sosial 
Jawaban : A

35. Pengaruh globalisasi dalam penyaluran barang/jasa sangat kuat untuk mengubah perilaku masyarakat. Berbagai pasar modern menjamur di tengah-tengah kehidupan masyarakat dengan memberikan kenyamanan berbelanja. Pengaruh gejala globalisasi dalam bidang ekonomi tersebut nampak dalam hal….
A. menguatnya sentimen terhadap nilai mata uang asing dalam investasi 

B. kebebasan dalam berbusana dan melonggarnya etika pergaulan remaja 
C. mudahnya memperoleh barang konsumtif dari dalam dan luar negeri
D. melemahnya pasar tradisional dalam usaha menarik konsumen lokal
E. berkembangnya penggunaan bahasa asing dalam pergaulan remaja 

Jawaban : C

36. Kehidupan modern menjanjikan hidup lebih mudah, lebih praktis, dan lebih nyaman. Untuk itu masyarakat selalu berupaya untuk mengambil manfaat kelebihan di suatu negara dengan menggunakan arus globalisasi. Faktor penyebab perubahan tersebut yaitu ….
A. selalu terjadi perubahan sosial dalam masyarakat
B. menguatnya perekonomian masyarakat global
C. penemuan baru dalam ilmu pengetahuan dan teknologi
D. peningkatan kebutuhan konsumsi dari masyarakat modern
E. perkembangan Negara asing dapat dipantau secara langsung 

Jawaban : C

37. Globalisasi suka tidak suka akan terus mengubah tatanan sosial dalam masyarakat. Budaya modern cenderung mengeksploitasi alam dengan alasan demi kesejahteraan rakyat sehingga banyak hutan dan lahan yang rusak. Untuk mengantisipasi hal tersebut maka perlu direncanakan untuk….
A. membuat peraturan yang meminimalisasi penggunaan hutan industri
B. memperkuat kearifan local dengan menjunjung nilai dan norma tradisional
C. membentuk kelompok yang gencar menyuarakan perlindungan alam
D. membangun sektor pertanian dengan menggunakan mekanisasi
E. menyiapkan sumberdaya manusia yang terampil mengolah hasil hutan 

Jawaban : A

38. Lembaga memiliki aturan khusus baik tertulis maupun tidak tertulis yang harus dipatuhi oleh anggotanya. Contoh pelaksanaan aturan tersebut adalah harus saling berbagi perhatian dan kasih saying antaranggotanya. Deskripsi singkat tadi menjelaskan adanya lembaga….
A. keluarga 

B. ekonomi 
C. politik
D. agama
E. hukum 

Jawaban : A

39. Pemerintah mempunyai tugas untuk memberikan pelayanan umum kepada rakyat. Kebijakan tentang program jaminan kesehatan nasional dimaksudkan untuk melaksanakan fungsi tersebut. Deskrisi tadi menjelaskan pelaksanaan fungsi dari lembaga….
A. keluarga
B. agama 

C. politik
D. hukum
E. ekonomi 

Jawaban : C

40. Globalisasi sangat mempengaruhi kemudahan untuk memperoleh barang dan jasa kepada warga masyarakat. Salah satu bentuknya yaitu menjamurnya pasar swalayan yang modern ke wilayah pelosok untuk menyalurkan barang kebutuhan konsumen. Dalam hal ini globalisasi berpengaruh terhadap keberadaan lembaga….
A. keluarga
B. agama 

C. politik 
D. hukum
E. ekonomi 

Jawaban : E

41. Setiap lembaga sosial memiliki ciri-ciri khas diantaranya yaitu adanya lambang dari lembaga yang dimaksud. Lambing tersebut menjadi suatu keharusan bagi keberadaan lembaga sosial. Fungsi lambang dalam lembaga dimaksudkan untuk…..
A. mencapai tujuan dari lembaga 

B. menjadi identitas dari lembaga 
C. motivasi bagi anggota lembaga 
D. pedoman perilaku bagi anggota 
E. menarik minat untuk bergabung 
Jawaban : B

42. Siswa sangat terdorong dengan perilaku membuang sampah sembarangan pada teman- temannya. Ia menjadi semangat ketika melakukan penelitian tentang penyebab perilaku tersebut. Hal ini sudah sesuai denga syarat topik penelitian yang baik yaitu…
A. sangat bermanfaat
B. menarik minat 

C. mampu diteliti 
D. tersedia data
E. waktu singkat 

Jawaban : B

43. Peneliti merencanakan penelitian tentang pengaruh teman terhadap pembentukan kepribadian anak. Ia melakukan wawancara dengan beberapa anak yang dijadikan sampel penelitian. 

Rumusan masalah yang sesuai dengan deskripsi tersebut yaitu…
A. Bagaimana pengaruh teman terhadap pembentukan kepribadian anak? 

B. Apakah yang mempengaruhi proses pembentukan kepribadian anak? 
C. Adakah hubungan antara pergaulan teman dengan kepribadian anak?
D. Perlukah dilakukan penelitian tentang kepribadian anak dalam bergaul?
E. Bagaimana hubungan teman dengan pembentukan kepribadian anak? 

Jawaban : A

44. Peneliti melakukan pengumpulan data dengan cara mewawancarai beberapa pengojek online tentang pendapatan yang diperoleh setiap bulan. Kegiatan peneliti tersebut merupakan jenis penelitian dengan metode ….
A. histori
B. survai
C. kuantatatif 

D. eksperimen 
E. kualitatif 
Jawaban : E

45. Peneliti mengambil sampel dari populasi penelitian yang cukup banyak dengan jangkauan wilayah yang cukup luas. Ia sedang memperhitungkan waktu penelitian yang dimiliki peneliti cukup singkat. 

Cara pengambilan sambil seperti itu akan tepat jika menggunakan teknik….
A. area sampling
B. random sampling 

C. stratified sampling 
D. accidental sampling 
E. purposive sampling
Jawaban : B

46. Perhatikan cirri teknik pengumpulan data berikut!
(1) Mampu menjangkau populasi dalam jumlah yang banyak
(2) Tidak memerlukan kehadiran peneliti dalam pengumpulan data
(3) Mampu melakukan pengumpulan data dalam waktu yang cepat
Ciri-ciri di atas menunjukkan kekuatan kegiatan pengumpulan data dengan teknik…
A. wawancara
B. kuesioner
C. dokumentasi 

D. pengamatan 
E. survei 
Jawaban : B

47. Langkah pengolahan data dengan memberikan simbol tertentu pada data yang diperoleh.
Hal ini ditujukan agar data lebih mudah diolah oleh peneliti. Tahapan pengolahan data dalam hal ini dinamakan…..
A. coding
B. validating

C. measuring
D. tabulating
E. interpretating 

Jawaban : A

48. Data hasil jejak pendapat siswa tentang tujuan studi lapangan


Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa…
A. sebagian besar siswa ingin ke daerah Bandung
B. siswa rata-rata menyukai ke Kraton Yogyakarta
C. Kota Cirebon lebih disukai dari pada Kampung Naga
D. para siswa paling tidak menyukai Kampung Naga
E. Masyarakat Baduy paling disukai oleh para siswa
Jawaban : E

49. Bab tentang metodologi merupakan salah satu bagian pokok dalam penulisan laporan hasil penelitian. Kegunaan bagian tersebut untuk ….
A. membatasi permasalahan yang akan diteliti agar lebih terarah
B. memperoleh gambaran umum tentang prosedur penelitian 

C. memberikan gambaran hasil penelitian secara sederhana 
D. menjelaskan teori-teori yang mendukung permasalahan
E. memberikan wadah bagi peneliti untuk berpendapat 

Jawaban : B

50. Peneliti diharuskan membuat laporan hasil penelitian setelah selesai melakukan kegiatan.
Laporan penelitian digunakan untuk mengomunikasikan hasil penelitian secara ilmiah bagi seluruh stake holder. Bagi kalangan peneliti, kegunaan atau manfaat hasil penelitian yaitu .... 

A. bahan rujukan untuk penelitian berikutnya
B. alat untuk memecahkan permasalahan sosial 

C. memperoleh informasi yang bersifat ilmiah 
D. sebagai salah satu bahan bacaan populer
E. upaya untuk meredakan konflik sosial

Jawaban : A

Latihan Soal dan Kunci Jawaban UN/UNBK Sosiologi SMA 2019 PDF, DOWNLOAD

Demikian artikel tentang Latihan Soal dan Kunci Jawaban UN/UNBK Sosiologi SMA 2019. Semoga bermanfaat, dan sobat bisa menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer dengan baik.
Advertisement

Baca juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar