Skip to main content

Latihan Soal USBN Bahasa Indonesia SMP 2019 KTSP dan Jawabannya

Latihan Soal USBN Bahasa Indonesia SMP 2019 KTSP dan Jawabannya
Latihan Soal USBN Bahasa Indonesia SMP 2019 KTSP dan Jawabannya. Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa kebutuhan akan latihan soal USBN semakin meningkat. Sedangkan soal - soal yang dibagikan di internet tidak mencukupi kebutuhan tersebut

Bagaimana tidak, USBN SMP baru diadakan 2 tahun terakhir di negara Indonesia. Walau diselenggarakan sebagai pengganti UAS, akan tetapi materi dari jenis Ujian tersebut pastinya mengalami perbedaan.

Latihan Soal USBN Bahasa Indonesia SMP 2019 KTSP dan Jawabannya

Latihan Soal USBN Bahasa Indonesia SMP 2019 KTSP dan Jawabannya

Di latihan soal USBN Bahasa Indonesia SMP 2019 yang Soal Prediksi bagikan kali ini, kurikulum dari kisi - kisi terkait yang dijadikan acuan adalah KTSP/kurikulum 2006. Materinya pun disesuaikan, jadi bagi sobat yang sekolahnya sudah menggunakan K13, bisa mengunjungi artikel kami yang satu ini.


Rincian soal yang bisa sobat kerjakan di artikel ini admin jadikan sama dengan apa yang akan sobat kerjakan di USBN SMP/MTs tahun 2019 kelak. 40 soal pilihan ganda, dan tambahan 5 soal uraian. Penilaian dari hasil usbn kelak di lakukan oleh guru mata pelajaran bahasa indonesia terkait di sekolah sobat. Hasil tersebut akan jadi pertimbangan guru dalam menentukan lulus tidaknya sobat.

Dan untuk para kalangan yang ingin mendapatkan soal ini dalam bentuk dokumen, admin juga sudah menyediakan link download dengan format berbentuk PDF yang bisa sobat unduh secara gratis disini.
Latihan Soal USBN Bahasa Indonesia SMP 2019 KTSP dan Jawabannya Pdf, DOWNLOAD


Soal Pilihan Ganda

1. Bacalah kutipan teks berikut!
Yowis Ben merupakan sebuah film drama komedi terbaru 2018 yang berasal dari Indonesia. Film ini disutradrai oleh Fajar Nugros dan Bayu Skak sebagai co-sutradara. Tidak hanya sebagai sutradara, Bayu Skak juga merangkap sebagai penulis naskah film. Yowis Ben terinspirasi dari film Uang Panai yang rilis di Makassar dengan menggunakan bahasa setempat. Dari situlah Bayu Skak mengambil ide untuk menggunakan full bahasa Jawa dalam dialog film ini. Film Yowes Ben mengambil latar kota Malang yang tepatnya berada di Museum Angkut, Alun-Alun kota Malang, Gereja Hati Kudus dan Kampung Warna-Warni.

(Sumber:https://www.sinopsisfilm.co.id/yowis-ben.html)
Makna kata terinspirasi pada teks di atas adalah...
A. mendapat harapan
B. telah diilhami
C. meniru model
D. mendapatkan respon

Jawaban : B

2. Bacalah kutipan teks berita berikut!
Inspektur Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Daryanto, meminta masyarakat tidak membebankan pendidikan karakter hanya ke sekolah. Menurut dia keluarga dan masyarakat juga punya tanggung jawab yang sama. 
"Harus bergerak serentak, bersama-sama dan berimbang dari tri sentra pendidikan, yakni keluarga, sekolah, dan masyarakat," ujar dia di Jakarta, Minggu (18 Februari 2018), seperti dilansir Antara.
Dengan demikian, kata Daryanto, tanggung jawab pendidikan bukan dibebankan kepada sekolah semata. Pergerakan awal justru dimulai dari lingkungan keluarga.
"Interaksi kasih sayang murid dengan orang tua, sanak saudara, dan kakek nenek itu juga menentukan. Setelah itu, baru kondisi lingkungan masyarakat pun harus menunjang," katanya.Ia menyebut tentang prinsip saling asah, asih, dan asuh dalam dunia pendidikan yang harus dapat terlaksana dengan baik.... (Sumber: http://news.liputan6.com)

Informasi tersurat kutipan teks berita tersebut adalah...
A. Pendidikan karakter merupakan tanggung-jawab praktisi pendidikan.
B. Pendidikan karakter merupakan tanggung-jawab sekolah sebagai lembaga pendidikan.
C. Pendidikan karakter merupakan tanggung-jawab keluarga, sekolah, dan masyarakat.
D. Pendidikan karakter merupakan tanggung-jawab orang tua, saudara, dan kakek neneknya.
Jawaban : C


3. Cermatilah paragraf berikut! 
(1) Senyawa radikal bebas dapat diproduksi di dalam tubuh sebagai hasil dari proses metabolisme berbagai jenis makanan. (2) Semakin buruk kualitas makanan tersebut maka radikal bebasnya pun juga semakin tinggi. (3) Radikal bebas juga dapat masuk ke dalam tubuh dari polusi yang semakin tinggi di lingkungan. (4) Untuk mengatasi hal tersebut, mengkonsumsi beras merah yang mengandung zinc adalah cara termudah yang dapat dilakukan. (Sumber: https://www.google.co.id )
Kalimat utama paragraf di atas ditunjukkan nomor...
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

Jawaban : A

4. Bacalah teks berikut!
(1) Penelitian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) terhadap Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) yang diproduksi oleh 21 perusahaan menemukan AMDK gelas yang tidak layak minum. (2) Selain itu, ada yang layak minum, tetapi dengan catatan habis dicermati lagi proses produksinya. (3) Jika tidak, ia bisa menjadi tak layak minum. (4) Penelitian YLKI ini dilatarbelakangi oleh ditemukannya AMDK gelas yang tercemar karena bocor dan ditemukannya nomor register yang berbeda-beda dalam satu dus. (5) Bahkan, ada AMDK yang kandungan koloninya jauh melebihi SNI sementara tanggal kedaluwarsa AMDK tersebut masih satu tahun lebih. (Sumber: https://pelajaranformalsdsmpsma.blogspot.co.id )


Makna AMDK gelas yang tidak layak minum pada kalimat nomor satu paragraf di atas adalah ...
A. Standar SNI untuk AMDK gelas boleh melebihi asal batas waktu kedaluwarsanya masih lama.
B. Penelitian YLKI ini dilatarbelakangi oleh ditemukannya AMDK gelas yang tercemar.
C. Kandungan koloni pada AMDK gelas tidak akan berubah sejak dari pabrik hingga konsumen.
D. AMDK gelas yang bila diminum akan berbahaya karena kemasannya rusak atau sudah kadaluarsa.

Jawaban : D

5.Cermati kutipan teks berikut!
Mengkudu (Morinda Citrifolia) pada umumnya memiliki ciri-ciri yang khas. Tinggi pohonnya berkisar antara 4-6 meter dengan batang bengkok-bengkok. Daunnya tebal mengkilap dengan ukuran besar-besar, tebal, dan tunggal. Bunganya tersusun majemuk serta tumbuh diketiak daun penumpu yang berhadapan. Permukaan buahnya berbintik-bintik dan berkutil dengan bentuk seperti terbagi-bagi dalam sekat-sekat segi banyak (poligonal). ( Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Mengkudu )
Gagasan utama paragraf di atas adalah...
A. Ciri-ciri umum mengkudu.
B. Bentuk buah mengkudu berbintik-bintik.
C. Daun mengkudu tebal, berukuran besar-besar, dan mengkilap.
D. Tinggi pohon mengkudu antara 4-6 meter dengan batang bengkok-bengkok.
Jawaban : A

6. Bacalah kutipan teks berikut!
Kasus wabah difteri yang terjadi di penghujung tahun 2017 disebut sebagai kejadian luar biasa (KLB). Difteri yang terjadi tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Salah satunya karena pengidap difteri tidak hanya terjadi pada anak-anak saja, tetapi juga orang dewasa. Dalam catatan, korban difteri paling muda berumur 3,5 tahun dan usia paling tua 45 tahun. Difteri bukanlah penyakit baru. Difteri sudah ada sejak ratusan tahun lalu dan telah mewabah di banyak negara. Penyakit masa lalu ini muncul pada tahun 1920-an dan 1930-an.
Simpulan isi kutipan teks tersebut adalah ...
A. Wabah difteri menyerang usia anak-anak dan dewasa secara merata.
B. Difteri disebut juga penyakit masa lalu yang mewabah di banyak negara.
C. Difteri muncul jauh sebelum tahun 1920-an dan 1930-an.
D. Wabah difteri menyerang orang-orang usia lanjut.
Jawaban : A

7. Bacalah kutipan teks berikut!
Aesop terkenal di seluruh dunia karena cerita yang ditulisnya. Cerita tersebut biasanya mengisahkan binatang-binatang dengan nasihat. Cerita seperti ini biasa disebut fabel. Siapa sebenarnya Aesop, tidak ada yang tahu secara pasti. Menurut cerita, ia adalah seorang budak yang hidup pada zaman Yunani Kuno, sekitar tahun 620-560M.
Informasi yang sesuai dengan isi kutipan tersebut adalah ...
A. Aesop dikenal sebagai penulis cerita fabel yang produktif.
B. Aesop seorang budak yang hidup pada zaman Yunani Kuno.
C. Ceritanya berkisah tentang binatang dan tumbuhan.
D. Aesop terkenal di seluruh dunia karena ia hidup pada zaman Yunani Kuno.
Jawaban : B



8. Cermatilah teks berikut!
Kacang hijau merupakan salah satu komoditas pertanian yang penting. Dilihat dari pemanfaatannya, kacang hijau dapat dijadikan obat untuk mengurangi resiko kanker, anemia, menurunkan berat badan, menurunkan kolesterol, mengatasi diabetes, menjaga kesehatan jantung, menguatakan tulang, mengurangi keluhan pasca menopouse, dan sangat berguna bagi ibu hamil.
Selain itu, banyak produk kecantikan yang menggunakan kacang hijau untuk bahan lulur, masker wajah, dan lain sebagainya. 

Ringkasan isi teks di atas adalah...
A. kacang hijau memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan
B. kacang hijau dapat dijadikan obat untuk mengurangi resiko kanker, anemia
C. kacang hijau dapat digunakan untuk bahan lulur dan masker wajah
D. kacang hijau merupakan salah satu komoditas pertanian yang penting
Jawaban : A

9. Proses penemuan foto copy bukan kerena ditunjang oleh fasilitas yang memadai, melainkan karena ketekunan.

Alasan kesalahan penggunaan ejaan yang tepat pada kata bercetak miring kalimat di atas adalah...
A. kata foto copy masih menggunakan bahasa asing, seharusnya diganti foto kopi
B. kata foto copy masih menggunakan bahasa asing, seharusnya diganti photo copy
C. kata foto copy masih menggunakan bahasa asing, seharusnya diganti fotokopi
D. kata foto copy masih menggunakan bahasa asing, seharusnya diganti photocopy
Jawaban : A

10. Bacalah kutipan teks berikut!
Novel Laskar Pelangi ini memiliki gaya bahasa yang cukup menarik untuk dibaca. Selain itu, memberikan kenyamanan para pembaca saat menyimak setiap alur ceritanya. Kisahnya memberikan pelajaran yang patut diteladani, terutama dalam aspek moral dan sosial. Novel ini di dalam ceritanya juga menanamkan sikap selalu bersyukur atas apa yang ada dan diberikan oleh-Nya. Meski beberapa kata menggunakan bahasa daerah yang tidak semua orang mengerti, novel ini tetap memberikan wawasan bagi pembaca.


Keunggulan kutipan teks tersebut adalah ...
A. Rangkaian kalimat yang digunakan dalam resensi novel Laskar Pelangi terkesan menggurui pembaca.
B. Penggunaan bahasa santun dan kata-katanya bermakna lugas tidak membingungkan pembaca.
C. Pemilihan kata yang digunakan kurang menarik sehingga membuat pembaca menjadi bingung.
D. Kelebihan dan kekurangan resensi novel Laskar Pelangi, disampaikan dengan cara tidak konsisten.
Jawaban : B


11. Bacalah penggalan cerpen berikut! 
Dulam Akhmad, salah seorang pekerja yang haus akan berita aktual. Ia pun semakin canggih dalam berkarya. Semua ia kerjakan atas perintah bos atau memang kebetulan ia mendapatkan berita lebih dulu dan disetujui dalam rapat. 
Ia rajin memasuki pelosok-pelosok tempat yang bobrok. Didekatinya para fakir miskin, dibujukinya agar mau menceritakan kisah suka duka kehidupan mereka. Dulam selalu menjadi topik di antara koleganya. “ Pakar kemiskinan” julukannya. Ia mendapat berita yang baru dengan segar. Tulisannya enak dibaca karena ia pintar memberi bumbu yang lezat. Bos kantor senang korannya maju, iklan bertambah, semua orang ingin punya koran mereka. (Dikutip dari: Rayni Massardi, Pembunuh, Kompas, Jakarta, 2005)
Makna kata ‘haus’ pada kalimat pertama teks cerpen tersebut adalah....
A. berasa kering kerongkongan dan ingin minum
B. semua pekerjaan ingin dikuasainya sendiri
C. selalu rindu serta ingin mencari berita yang baru dan hangat
D. merasa tidak pernah bosan bekerja keras
Jawaban : C


12. Cermatilah kutipan teks cerita anak berikut!
Kisah Seorang Penjaja Koran
Menjelang pukul lima pagi, Seorang anak penjual koran bernama Ipin mengayuh sepedanya di tengah jalan yang masih lengang. ia telah sampai di tempat agen koran dari beberapa penerbit.
Ketika Ipin sedang mengacu sepedanya, tiba-tiba ia dikejutkan dengan sebuah benda. Benda tersebut adalah sebuah bungkusan plastik berwarna hitam. Ipin jadi gemetaran. Benda apakah itu? Ia ragu-ragu dan merasa ketakutan karena akhir-akhir ini sering terjadi peledakan bom di mana-mana. Ipin khawatir benda itu adalah bungkusan bom. Namun pada akhirnya, ia mencoba membuka bungkusan tersebut. Tampak di dalam bungkusan itu terdapat sebuah kardus.
“Wah, apa isinya ini?’’tanyanya dalam hati. Ipin segera membuka bungkusan dengan hati-hati. Alangkah terkejutnya ia, karena di dalamnya terdapat kalung emas dan perhiasan lainnya. “Wah apa ini?”tanyanya dalam hati. “Milik siapa, ya?” Ipin membolak-balik cincin dan kalung yang ada di dalam kardus. Ia makin terperanjat lagi karena ada kartu kredit di dalamnya atas nama Edison. Kasihan sekali Pak Edison , rupanya ia telah kecurian.”gumamnya dalam hati.
Apa yang diperkirakan Ipin itu memamg benar. Rumah Pak Edison telah kemasukan maling tadi malam. Karena pencuri tersebut terburu-buru, bungkusan perhiasan yang telah dikumpulkannya terjatuh. Ipin dengan segera memberitahukan Pak Edison. Ia menceritakan apa yang terjadi dan ia temukan. Betapa senangnya Pak Edison karena perhiasan milik istrinya telah kembali. Ia sangat bersyukur, perhiasan itu jatuh ke tangan orang yang jujur.
Sebagai ucapan terima kasihnya, Pak Edison memberikan modal kepada Ipin untuk membuka kios di rumahnya. Kini Ipin tidak lagi harus mengayuh sepedanya untuk menjajakan koran. Ia cukup menunggu pembeli datang untuk berbelanja. Sedangkan untuk mengirim koran dan majalah kepada pelanggannya, Ipin digantikan oleh saudaranya yang kebetulan belum mempunyai pekerjaan. Itulah akhir dari sebuah kejujuran yang akan mendatangkan kebahagiaan di kehidupan kelak. 
( Diambil dari http://syahrularrizal.blogspot.co.id dengan sedikit pengubahan)
Informasi tersurat dari teks cerita di atas adalah...
A. Keluarga Edison memberikan modal kepada Ipin untuk membuka kios di rumahnya sebagai ucapan terima kasih.
B. Kehidupan Ipin berganti dari penjaja koran menjadi bos koran dan mempekerjakan banyak orang.
C. Betapa sedihnya Pak Edison karena perhiasan milik istrinya telah dicuri maling.
D. Ipin memang anak yang rajin dan memiliki sifat jujur serta terpuji.
Jawaban : A

13. Bacalah penggalan cerpen berikut!

Pagi ini ibu menyuruhku berbelanja sedikit lebih banyak. Ada warga asing yang datang. Home stay. Orang Jepang. Sebetulnya dari mana pun itu, aku tak peduli. Ada atau tidaknya orang baru di sekitarku, aku tak pernah menghiraukan. Toh mereka pun tak akan merasakan keberadaanku. Hari-hariku selain membantu ibu kuhabiskan di dalam kamar, menatap lambaian pepohonan kelapa dari balik jendela. 
( Senyum untuk Dewi oleh Enola)
Penggalan cerpen di atas merupakan bagian alur....
A. perkenalan
B. konflik
C. penurunan konflik
D. penyelesaian
Jawaban : A


14. Cermati penggalan novel berikut!
....
Melihat orang ramai di sawah Midun, Kacak sangat iri hati. Bencinya kepada Midun semakin berkobar. Apalagi mendengan sorak sendau gurau orang di sawah Midun. Amat sakit hati Kacak. Hatinya sangat panas, hingga menimbulkan maksud jahat.
....
( Dikutip dari: Novel Sengsara Membawa Nikmat, Tulis Sutan Sati)
Latar penggalan novel di atas adalah....
A. sawah, ramai 
B. panas, ramai
C. panas, dengki
D. sawah, panas
Jawaban : A

15. Cermati teks puisi berikut! 
(1) Pergi ke pasar membeli kardus
(2) Jangan lupa jua membeli ketan
(3) Menuntut ilmu jangan sampai putus
(4) karena ilmu bekal masa depan

Bagian isi pada puisi di atas ditunjukkan oleh larik nomor....
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (3)
C. (3) dan (4)
D. (1), (2), (3), dan (4)
Jawaban : C

16. Cermatilah pengggalan cerita pendek berikut!
Aku berlari secepat yang kubisa, berusaha tak menghiraukan tanda biru kehitaman yang ada di kakiku. Samar-samar kudengar seseorang meneriakkan namaku dari belakang. Suara orang itu seakan memotivasiku untuk berlari lebih cepat. Hari ini, materi olahraga yang diujikan adalah lari jarak 100 meter. Untuk membuktikan bahwa aku baik-baik saja, aku harus bisa berlari dengan kecepatan yang baik, rata-rata 17 detik kurasa.
(sumber: https://.ilmubindo.com)
Makna simbol tanda biru kehitaman pada teks cerita tersebut adalah....
A. tahi lalat
B. luka gores 

C. gambar tato
D. luka memar
Jawaban : D

17. Bacalah kutipan cerita berikut!
“Boleh kami tahu nama Bapak siapa?” Tanya Laila sopan. “Apakah artinya sebuah nama?” Bapak itu menantangnya. “Mungkin... sebab tak ada yang abadi, Pak. Kemarin lahir, hari ini tumbuh dan esok punah. Satu-satunya yang bisa dikekalkan dan dikenangkan, hanyalah nama,” lanjutnya.
Bapak itu tersenyum sebelum akhirnya berlalu. Sayup terdengar ia berbisik sehalus desir angin.
Amanat kutipan cerita tersebut adalah ...
A. Kenangan pahit dan manis teringat selamanya.
B. Perbuatan yang baik, hasilnya juga baik.
C. Jangan pernah takut untuk berbuat kebaikan.
D. Jika ditanya oleh seseorang sebaiknya menjawab.
Jawaban : D

18. Perhatikan teks cerita berikut!
Raden Abimanyu terkepung prajurit Korawa. Kesatria Pandawa itu bertempur tanpa bala bantuan. Raden Abimanyu terdesak dan gugur di medan Kurusetra. Di badannya tertancap puluhan anak panah dari para prajurit Kurawa. Dewi Subadra terdiam dengan tatap mata sendu saat mendengar kabar anak semata wayangnya itu.
( Sumber: https://zuhriindonesia.blogspot.co.id: dengan sedikit pengubahan )
Maksud kalimat bercetak miring adalah ....
A. Dewi Subadra bergembira karena kematian bala tentara Kurawa.
B. Dewi Subadra hendak maju berperang melawan Kurawa.
C. Dewi Subadra bersedih karena kematian anak tunggalnya.
D. Dewi Subadra menatap prajurit Korawa yang berjumlah ribuan.
Jawaban : C

19. Cermati kalimat berikut!
Sumber daya ekonomi terkini bukan lagi kekayaan alam letak geografis jumlah penduduk dan tenaga kerja murah melainkan pengetahuan katanya.

Penggunaan tanda baca untuk kalimat tersebut adalah ...
A. “Sumber daya ekonomi terkini bukan lagi kekayaan alam, letak geografis, jumlah penduduk, dan tenaga kerja murah, melainkan pengetahuan,” katanya.
B. “Sumber daya ekonomi, terkini bukan lagi, kekayaan alam, letak geografis, jumlah penduduk, dan tenaga kerja murah, melainkan pengetahuan,” katanya.
C. “Sumber daya ekonomi terkini, bukan lagi, kekayaan alam, letak geografis, jumlah penduduk, dan tenaga kerja murah, melainkan pengetahuan?” katanya.
D. “Sumber daya ekonomi terkini bukan lagi, kekayaan alam, letak geografis, jumlah penduduk, dan tenaga kerja murah melainkan pengetahuan!” katanya.
Jawaban : A

20. Cermatilah penggalan cerita pendek berikut!
Takdir memang selalu punya cara yang tak terduga agar selalu tampak mengejutkan. Tanpa firasat apa-apa, orang miskin itu mendadak mati. Anak-anaknya hanya bengong memandangi mayatnya yang terbujur menyedihkan di ranjang. Sementara istrinya terus menangis, bukan karena sedih, tapi karena bingung mesti beli kain kafan, nisan, sampai harus bayar lunas kuburan. Seharian perempuan itu pontang-panting cari utangan, tetapi tetap saja uangnya tak cukup buat biaya pemakaman.
”Bagaimana, mau dikubur tidak?”
Para pelayat yang sudah lama menunggu mulai menggerutu. Karena merasa hanya bikin susah dan merepotkan, maka orang miskin itu pun memutuskan untuk hidup kembali.
(diakses: www.zuhriindonesia.blokspot.co.id)
Akibat konflik pada teks cerita pendek tersebut adalah...
A. orang miskin itu mendadak mati
B. uangnya tak cukup untuk biaya pemakaman
C. orang miskin itu memutuskan hidup kembali
D. istri orang miskin pontang-panting cari utangan
Jawaban : C

21. Cermatilah kutipan cerita berikut!
Cerita 1
“ Kau harus membawanya kembali!” Erza berteriak kalang kabut.
Aku gugup. Bingung. Tak tahu apa yang harus kuperbuat, sedangkan manusia dengan wajah setengah kera itu memandang sekeliling. Manusia purba itu menemukanku ketika aku menelitinya dan tanpa kusadari ia mengikutiku. Manusia purba itu akan mati jika tidak kembali dalam waktu 12 jam.

(Sumber: Titik Harsiati, dkk. Buku Bahasa Indonesia Kelas VII) 
Cerita 2
Setelah Dani dan kedua temannya menyebutkan semua perilaku baik yang pernah mereka lakukan, tiba-tiba pintunya terbuka.
“ Buuuummm...!”
Seakan ada asap tebal yang mengangkat mereka kembali ke dunia nyata. Dan tanpa diduga, mereka bertiga telah berada di area Candi Trowulan, Mojokerto. ....

(Sumber: Titik Harsiati, dkk. Buku Bahasa Indonesia Kelas VII) 
Pola pengembangan kedua kutipan cerita anak di atas yang tepat adalah...
A. Cerita 1 bagian orientasi dikembangkan dengan pengenalan konflik.
Cerita 2 bagian komplikasi dikembangkan dengan melompat pada zaman yang berbeda.
B. Cerita 1 bagian orientasi dikembangkan dengan pengenalan konflik.
Cerita 2 bagian resolusi dikembangkan dengan sebab-akibat yang unik.
C. Cerita 1 bagian komplikasi dikembangkan dengan mengubah latar cerita.
Cerita 2 bagian resolusi dikembangkan dengan sebab-akibat yang unik.
D. Cerita 1 bagian orientasi dikembangkan dengan pengenalan latar cerita.
Cerita 2 bagian resolusi dikembangkan dengan lompatan waktu.
Jawaban : B

22. Cerita 1
Ia tertinggal sendirian. Ibu, ayah, serta kakaknya sudah pergi. Ia tidak mengikuti nasihat-nasihat mereka. Ia menangis matanya basah. Nasihat yang hanya didengar tanpa diindahkan. Tak henti-henti ia merutuk pada diri sendiri. Inikah akibatnya. Lamunannya terhenti kala seorang polisi menyuruhnya berteduh di pos jaga.
....

Cerita 2 ....
Kemudian, sang semut berterima kasih pada kupu-kupu karena telah menyelamatkan nyawanya. Ia memuji kupu-kupu sebagai binatang yang hebat dan terpuji. Mendengar pujian itu kupu-kupu berkata kepada semut.
“Aku adalah kepompong yang dulu kau ejek,” kata si kupu-kupu.
Ternyata kepompong yang dulu ia ejek sudah menyelamatkan dirinya.
Perbedaan penggunaan bahasa kedua cerita di atas adalah ....
A. Teks 1: bentuk narasi, dipengaruhi bahasa daerah
Teks 2: bentuk narasi, tidak dipengaruhi bahasa daerah
B. Teks 1: bentuk narasi, menggunakan bahasa sehari-hari
Teks 2: bentuk narasi, menggunakan bahasa kias
C. Teks 1: bentuk narasi, terdapat kata sandang
Teks 2: bentuk narasi, terdapat majas
D. Teks 1: bentuk narasi tanpa dialog
Teks 2: bentuk narasi dengan dialog, terdapat kata sandang
 
Jawaban : D

23. Cermati kutipan teks berikut!
(1) “Tentu saja, Nona. Semua mobil keluaran terbaru memiliki fitur itu.” Jawaban yang sama. (2) “Bagus. Sekarang kamu terbang, aku memerintahkanmu!” (3) “Nona, aku harus memperingatkanmu. Memaksa mobil taksi untuk terbang adalah tindakan pelanggaran protokoler keselamatan penumpang. (4) “Baiklah, kalau begitu aku ikuti kemauanmu,” jawab Nona. (5) Nona pun tak jadi memaksa taksi untuk terbang.
Bukti watak tokoh Nona penurut pada kutipan cerita tersebut ditandai dengan nomor ....
A. (1) dan (2) 
B. (2) dan (3)
C. (3) dan (4)
D. (4) dan (5)
Jawaban : D

24. Bacalah kutipan cerpen berikut!
"Ini uang upah menyapu yang kamu berikan padaku tempo hari," jelas Yusa dengan tersenyum di bibirnya. Dipandangnya Sam dengan pandangan berpijar.
"Aku tahu sekarang, mengapa kamu pelit jajan. Aku pun merasa amat sayang bila harus jajan dengan uang ini. Karena ...."
"Itu uang ajaib!" potong Sam.
"Ya. Uang ini mengandung nilai perjuangan!" cetus Yusa pasti.
Sam mengangkat alisnya tinggi. Lantas tersenyum sendiri.
"Uang ini akan kujadikan modal," lanjut Sam mengagetkan Yusa.
"Modal?"
"Tentu kutambahi dengan uang tabungan dari dalam celengan. Akan kubelikan ayam. Aku ingin beternak. Agar sering-sering memiliki uang ajaib." tegas Sam sambil tertawa. Yusa juga.
Matahari semakin terik. Namun, rasa haus terlupakan begitu saja. Mereka berjalan ke luar kelas.

Komentar yang tepat tentang cerpen di atas adalah...
A. Tokohnya memiliki karakter yang menarik dan penuh semangat.
B. Latar cerita mengambil tempat di sebuah desa yang damai.
C. Temanya terlalu sederhana dan tidak masuk akal.
D. Dilihat dari urutan peristiwanya, cerita tidak memiliki alur
Jawaban : A


25. Bacalah kutipan teks berikut! 
Dari penelitian medis, memang terdapat beberapa kandungan antioksidan yang tinggi dalam daun sirsak yang dapat diandalkan untuk membasmi kanker. Penelitian lebih lanjut mengenai daun sirsak masih terus dikembangkan dan menjadi salah satu yang paling ditunggu dalam dunia medis. [...] Namun harus diperhatikan cara yang benar untuk menggunakan daun sirsak ini sebagai obat agar memberikan manfaat yang maksimal untuk tubuh manusia.


Kalimat yang tepat untuk melengkapi kutipan tersebut adalah ...
A. Manfaat daun sirsak untuk kanker masih dalam perdebatan yang sangat panjang.
B. Belum ada yang membuktikan daun sirsak bermanfaat mengobati kanker.
C. Secara garis besar, penyakit kanker sampai saat ini sulit disembuhkan.
D. Beberapa pasien mencoba daun sirsak untuk mengobati penyakit kanker.
Jawaban : D

26. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
(1) Dari mulai memasuki Lembah Harau, pengunjung sudah menikmati tebing-tebing granit ini.
(2) Di Harau ini banyak keindahan yang memukau.
(3) Tebing-tebing granit menjulang tinggi dengan bentuknya yang unik mengelilingi lembah
(4) Lembah Harau, di Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatra Barat merupakan jurang yang besar dengan diameter mencapai 400 meter.
(5) Tinggi tebing-tebing tersebut mencapai 500 meter lebih.
Urutan kalimat-kalimat di atas agar menjadi teks laporan yang padu adalah....
A. (1), (2), (3), (4), (5)
B. (2), (3), (5), (1), (4)
C. (3), (5), (1), (4), (2)
D. (4), (2), (3), (5), (1)
Jawaban : D

27.Perhatikan petunjuk berikut!
Menghilangkan Rasa Sakit karena Tertusuk Duri
(1) Ambillah sebatang sereh kemudian memarkan sedikit!
(2) […]
(3) Lalu bakarlah di atas api sampai cukup panas!
(4) […]
(5) Ulangi beberapa kali hingga rasa sakit hilang dan duri tersebut akan keluar dengan sendirinya!
Bagian nomor (2) dan (4) pada petunjuk tersebut dapat dilengkapi dengan kalimat ...
A. (2) Sereh yang sudah cukup panas, ditempelkan pada kaki yang sakit!
(4) Celupkan batang sereh ke dalam minyak kelapa!
B. (2) Celupkan batang sereh ke dalam minyak kelapa!
(4) Tempelkan sereh yang cukup panas tadi, pada bagian kaki Anda yang tertusuk duri!
C. (2) Tempelkan batang sereh yang sudah dipanaskan tadi! 
(4) Ulangi beberapa kali hingga rasa sakit hilang!
D. (2) Ulangi beberapa kali hingga rasa sakit di kaki hilang dengan sendirinya!
(4) Batang sereh dicelupkan ke dalam minyak kelapa sebelum dibakar!
Jawaban : D

28. Cermatilah kutipan puisi berikut!
Kemarau
Kemarau menjulurkan lidahnya
[....] bercabang-cabang
Menjilati bumi, terbelah
Menjilati alang-alang, meranggas
Menjilati ranting, kering
Menjilati sawah, petani [...]
Kemarau memutar lidah
Porak-porandakan semua

(Sumber: https://brainly.co.id
Kata yang tepat untuk melengkapi puisi di atas adalah....
A. (1) lurus, (2) susah
B. (1) kasar, (2) menangis
C. (1) panas, (2) nestapa
D. (1) panjang, (2) merintih
Jawaban : D

29. Cermatilah kutipan puisi berikut!
Pedagang asongan itu sedang menjajakan koran di terminal bus. 
Variasi yang tepat untuk menggantikan kata menjajakan pada kalimat di atas adalah …
A. menjual
B. membagi
C. membawa
D. memberikan
Jawaban : A

30. Cermatilah kutipan puisi berikut! 
Adik berenang dengan gembira. 
 Kalimat yang memiliki pola sama dengan kalimat di atas adalah...
A. Ayah membeli sepatu baru.
B. Paman mengayuh sepedanya.
C. Lionel berjalan dengan santai.
D. Palupi berbicara dengan adiknya
Jawaban : C

31. Cermati kalimat berikut!
Para pemimpin pada hari Jum’at (8/12) terus melakukan konsultasi intensip untuk mencari bentuk reaksi kolektif. 

Perbaikan kesalahan ejaan pada kalimat tersebut adalah ....
Jawaban : C

32. Bacalah kutipan wawancara berikut!
Pewawancara : “Gigi berlubang, gusi berdarah, dan plak pada gigi apa penyebabnya, Dok?
Narasumber : “Ketiga masalah kesehatan gigi tersebut intinya berawal dari kebiasaan yang tidak sehat, mungkin kita tidak gosok gigi atau menyikat secara asal-asalan.”
Pewawancara : “Untuk menggosok gigi yang baik itu, waktunya kapan aja, Dok?
Narasumber : “Waktu yang baik menggosok gigi yaitu pada saat malam dan pagi hari.”
Pewawancara : “Terus bagaimana cara menggosok gigi yang baik dan benar?”
Narasumber : “Cara menyikat yang baik dan benar yaitu, pertama mulailah dengan menyikat gigi yang digunakan untuk mengunyah, selanjutnya sikat gigi dimiringkan, gigi disikat secara memutar dengan sudut 45 derajat.”

Narasi yang sesuai dengan kutipan wawancara tersebut adalah ...
A. Masalah kesehatan gigi berawal dari kebiasaan yang tidak sehat, mungkin tidak gosok gigi atau mengikat gigi asal-asalan. Waktu yang baik mengosok gigi yaitu pada malam hari dan pagi hari. Cara menyikat yang baik dan benar yaitu, pertama mulailah dengan menyikat gigi yang digunakan untuk mengunyah, selanjutnya sikat gigi dimiringkan, gigi disikat secara memutar dengan sudut 45 derajat.
B. Masalah kesehatan gigi berawal dari kebiasaan yang tidak sehat, mungkin kita tidak gosok gigi. Cara menyikat yang baik dan benar yaitu, pertama mulailah dengan menyikat gigi yang digunakan untuk mengunyah, menghilangkan sisa-sisa makanan, selanjutnya sikat gigi dimiringkan, gigi disikat secara memutar dengan sudut 45 derajat. Dengan demikian gigi akan tetap bersih dan terawat.
C. Waktu yang baik menggosok gigi yaitu pada saat malam dan pagi hari. Cara menyikat yang baik dan benar yaitu, pertama mulailah dengan menyikat gigi yang digunakan untuk mengunyah, menghilangkan sisa-sisa makanan, selanjutnya sikat gigi dimiringkan, gigi disikat secara memutar dengan sudut 45 derajat. Jika hal tersebut dilakukan maka kita akan terhindar dari sakit gigi.
D. Masalah kesehatan gigi berawal dari kebiasaan yang tidak sehat, mungkin kita tidak gosok gigi. Bisa juga kita cuma menyikat asal-asalan. Waktu yang baik menggosok gigi yaitu pada saat malam dan pagi hari. Oleh sebab itu, mari kita jaga kesehatan gigi kita dengan menjaga kebersihan gigi, tidak lupa menyikat gigi sehari dua kali, dan bila ada gangguan pada gigi segeralah pergi ke dokter gigi.
Jawaban : A

33. Cermatilah kalimat berikut!
Puluhan ribu para tenaga kerja Indonesia yang mengais rezeki ke berbagai negara berbeda-beda nasibnya.
Kesalahan penggunaan kata dalam kalimat di atas adalah...
A. penggunaan kata ulang “berbeda-beda” tidak diperlukan
B. penggunaan kata “ para” yang mubazir
C. kata “puluhan ribu” seharusnya dihilangkan
D. kata “tetapi” seharusnya diganti “namun”
Jawaban : B

34. Cermati Paragraf Berikut!
(1) Pemerintah telah meluncurkan enam paket kebijakan ekonomi. 2) Paket kebijakan ekonomi tersebut bertujuan untuk merespon perlambatan ekonomi akibat tekanan global dan rendahnya penyerapan APBN. 3) Namun, membuat desa semakin terpinggirkan. 4) Kondisi tersebut disebabkan keenam paket kebijakan, pemerintah terlihat fokus dengan sektor industri, properti, infrastruktur atau konektivitas, kehutanan dan pertanian, pariwisata, alat transportasi, dan sumber daya air

Penggunaan kalimat yang tidak tepat pada paragraf di atas ditunjukkan nomor....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
Jawaban : C

35. Jenis penyakit pasien itu dapat diketahui setelah membaca hasil ..... laboratorium kesehatan.
Istilah yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah . . . .
A. diagnosis
B. analisa
C. evaluasi
D. autopsi
Jawaban : A

36. Obat mujarab ini memiliki berbagai khasiat seperti .... peredaran darah, menambah nafsu makan, dan meningkatkan stamina.
Kata berimbuhan yang tepat untuk mengisi kalimat rumpang di atas ialah …
A. melancarkan
B. diperlancar
C. lancarkan
D. pelancaran
Jawaban : A

37. (1) Perum Perhutani, Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kedu Utara, menutup pendakian Gunung Prau, Jawa Tengah di awal 2018. (2) Langkah tersebut sebagai tindakan rutin yang dilakukan setiap tahun. (3) Ribuan pendaki berada di puncak Gunung Prau, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. (4) Selama itu, akan dilakukan perbaikan jalur-jalur pendakian hingga kegiatan penghijauan/konservasi.
Perbaikan kalimat (3) pada kutipan teks tersebut adalah ...
A. Penutupan tersebut mulai 5 Januari 2018 hingga 4 April 2018.
B. Pendaki yang tetap naik saat masa penutupan dikenakan sanksi.
C. Pendaki yang tetap ingin mendaki harus izin terlebih dahulu.
D. Pendaki bisa menghubungi pos Gunung Prau terdekat.
Jawaban : B

38. Fifian tidak masuk sekolah, karena kakeknya meninggal dunia. 
Alasan kesalahan penggunaan tanda baca koma pada kalimat di atas yang tepat adalah...
A. tanda koma tersebut perlu dihilangkan karena membuat kalimat tidak efektif
B. tanda koma perlu dihilangkan karena membuat kalimat tidak baku
C. tanda koma perlu dihilangkan karena membuat maksud kalimat menjadi rancu
D. tanda koma perlu dihilangkan karena induk kalimat mendahului anak kalimat
Jawaban : D

39. Cermatilah kalimat-kalimat berikut!
(1) Kakak mengambil obat di apotek.
(2) Ibu menyimpan seluruh mainan adik dalam almari.
(3) Kualitas kertas majalah terbaru itu sangat baik.
(4) Mereka mendengarkan nasihat nenek dengan baik.
Kesalahan penggunaan ejaan terdapat pada kalimat nomor....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
Jawaban : B

40. Cermatilah kalimat-kalimat berikut!
(1) “ Ayahmu sudah berangkat ke Bali sore tadi, Dit,” ucap ibu.
(2) Ibu ke pasar membeli sayuran: kangkung, bayam, sawi, dan bunga kol.
(3) Dewi tidak masuk sekolah, karena kepalanya terasa pusing.
(4) Apakah yang menyebabkan nenek murung beberapa hari ini?
Kesalahan penggunaan tanda baca terdapat pada kalimat nomor....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
Jawaban : C

Soal Uraian

41. Teks 1
Rita : Apa-apaan sih? Kok puisiku dicorat-coret?
(menahan marah)
Bayu : Maafin aku Rita. Habis Aku suka sih baca karya-karyamu. Aku ingin
menambahkan hiasan pada bagian tepi kertas yang kosong biar terlihat lebih
indah. Tidak ada maksud lain.
Rita : Tapi mestinya kamu minta izin padaku dulu, kan? Kau tak bisa berlaku
seenaknya terhadap karya orang lain. Meskipun kau pandai melukis.
Bayu : Iya,deh. Aku minta maaf ( sambal nyengir menyesali diri)

Teks 2
Pembuatan Nata de Coco
1) Saring air kelapa menggunakan saringan halus. Ini untuk menghilangkan, pecahan tempurung, serat sabut, atau kotoran lainnya.
2) Panaskan air kelapa tadi selama 30 menit.
3) Selama pemanasan berlangsung masukkan bahan tambahan lainnya.
4) Sebelum pemanasan selesai tambahkan asam cuka hingga mencapai pH tertentu.
5) Pemanasan harus berhenti jika sudah mencapai pH yang dimaksud.
Bandingkan pola penyajian dan penggunaan bahasa dari kedua teks tersebut!
a. Pola penyajian
Teks 1 : .......................................................................................................
Teks 2 : .......................................................................................................
b. Penggunaan bahasa
Teks 1 : .......................................................................................................
Teks 2 : ......................................................................................................

Jawaban :
a. Pola Penyajian
Teks 1: teks disajikan dalam bentuk percakapan tokoh/ dialog
tokoh yang dilengkapi dengan petunjuk lakuan
Teks 2: teks disajikan dalam bentuk kalimat petunjuk melakukan
sesuatu yang disusun secara urut/ sistematis.
b. Penggunaan Bahasa
Teks 1: menggunakan kalimat langsung dan tak langsung
Teks 2: menggunakan kalimat perintah imperatif, terdapat
kalimat saran, mengandung ukuran yang jelas, dan memiliki batasan.


42. Cermatilah cerpen berikut! ...
Di bawah pohon waru, Saidah sedang menggelar dagangannya nasi pecel. Jakun Karyamin turun naik, ususnya terasa pedih.
“ Masih pagi kok pulang, Min?” tanya Saidah. “Sakit?”
Karyamin menggeleng dan tersenyum. Saidah memperhatikan bibirnya yang membiru dan kedua telapak tangannya yang pucat. Setelah dekat, Saidah mendengar suara kuruyuk dari perut Karyamin.
“Makan, Min?”
“Tidak, beri aku minum saja. Lenganmu sudah ciut seperti itu, aku tak ingin menambah utang,”
“Iya, Min, iya. Tetapi kamu lapar, kan?”
Karyamin tak menyahut.....
(Sumber: Cerpen Senyum Karyamin, Ahmad Tohari)

Galilah dua informasi tersirat dalam teks cerpen di atas!
1. ..........................................................................................................
2. ..........................................................................................................

Jawaban :
1. Karyamin kuli batu yang miskin, tetapi tidak suka menyusahkan orang lain.
2. Saidah gambaran pedagang kecil yang baik dan punya keiklasan serta kepedulian terhadap orang lain

43. Cermati kutipan latar belakang karya tulis berikut! Banyaknya penggunaan kendaraan bermotor yang mengesampingkan perhatian terhadap dampaknya bagi lingkungan secara perlahan namun pasti pada akhirnya akan merugikan lingkungan tempat tinggal manusia dan kehidupannya. “Para ahli lingkungan telah menemukan indikasi adanya dampak yang besar bagi lingkungan dan dunia secara global akibat polusi dari asap kendaraan bermotor yang telah berkembang pesat ini.” (Bapedal, 1998).

Kendaraan bermotor kini merupakan hal yang sangat lazim kita saksikan di sepanjang jalan raya. Mulai dari kendaraan roda dua sampai roda empat, mulai dari kendaraan umum sampai kendaraan pribadi. Tentunya kendaraan bermotor ini mengeluarkan asap yang mengandung CO2, yaitu hasil pembakaran yang tidak sempurna sehingga dapat mengganggu proses pernapasan. Di samping itu, asap kendaraan bermotor juga dapat menyebabkan polusi udara yang sangat mencemari dan merusak lingkungan. Karena itulah kami tertarik menjadikan topik ini sebagai bahasan karya ilmiah sederhana yang akan kami tulis.

Tulislah :

 a) Judul yang sesuai jika ditulis menjadi karya ilmiah!
b) Perumusan masalah!

Jawaban :
A. Judul : Cara Mengatasi Dampak Asap Kendaraan terhadap Lingkungan
b. Rumusan Masalah : Bagaimanakah cara mengatasi dampak asap kendaraan terhadap lingkungan?


44. Bacalah pararaf berikut!
Kebakaran hutan pada lereng Lawu Utara merupakan ancaman bagi ekosistem di wilayah itu. Ribuan hektar hutan yang masih menutupi sebagian lereng utara terancam rusak jika terjadi kebakaran. Lereng utara termasuk wilayah Karanganyar, terdapat lebih daripada 6.000 hektar hutan berbagai jenis.

Perbaikilah kesalahan penggunaan kata tercetak miring pada teks di atas!
Jawaban :
Kebakaran hutan di lereng Lawu Utara merupakan ancaman bagi ekosistem di wilayah itu. Ribuan hektar hutan yang masih menutupi sebagian lereng utara terancam rusak jika terjadi kebakaran. Lereng utara termasuk wilayah Karanganyar, terdapat lebih dari 6.000 hektar hutan berbagai jenis.

45. (1) Hai apa yang sedang kamu lakukan di sini
(2) Karin berpesan nanti sepulang sekolah tunggu Kakak dulu ya Dik
Tulislah kembali kalimat-kalimat di atas dengan memberikan tanda baca yang tepat!
Jawaban :
(1) Hai, apa yang sedang kamu lakukan di sini?
(2) Karin berpesan,” Nanti sepulang sekolah, tunggu Kakak dulu ya, Dik!”


Gimana?? Memang latihan soal bahasa Indonesia di KTSP membutuhkan waktu yang tidak sedikit mengingat soal per soal selalu disajikan teks yang membutuhkan kemampuan membaca cepat. Jika tidak, sobat tidak bisa mengerjakan soal yang tersisa dengan maksimal karena terbatasnya waktu.

Advertisement

Baca juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar